Kelebihan kartu kredit
Kelebihan kartu kredit (Ilustrasi/pixabay)

9 Kelebihan Menggunakan Kartu Kredit Sebagai Alat Transaksi

79 views

Kelebihan Kartu Kredit Sebagai Alat Transaksi – Beberapa pihak menganggap kartu kredit itu sebagai alat mendukung pemborosan, hanya membuang-buang penghasilan saja. Bahkan banyak orang memilih tidak memanfaatkan kartu kredit untuk menjaga pendapatan setiap bulannya. Memang bukan tanpa alasan mereka bertindak seperti itu, pasalnya karena kemudahan serta potongan harga dalam berbelanja membuat seseorang bisa lupa diri dalam menggunakan kartu kredit. Walau sebenarnya baik atau tidaknya kartu kredit itu tergantung pada diri sendiri, asalkan kita mampu menjaga hati dari kebutuhan yang kurang penting, pasti aman saja digunakan.

Selain banyak yang beranggapan negatif tentang kartu kredit, ternyata tidak sedikit pula yang mengakui kelebihan kartu kredit. Sebab, kartu kredit merupakan pilihan alat transaksi yang tepat baik dalam belanja online maupun offline. Dengan mempunyai kartu kredit seseorang tak khawatir apabila dirinya lupa membawa uang cash. Hanya tinggal gesek saja semuanya akan selesai dan barang belanjaan dapat dibawa pulang.

Agar anda dapat menggunakan kartu kredit dengan benar, anda perlu mengukur kemampuan finansial sebelum melakukan pengajuan kartu kredit. Hal itu dilakukan agar anda terhindar dari jeratan hutang atau takut tidak dapat membayar biaya tagihan setiap bulannya. Pikirkan dulu secara matang sebelum mengajukan kartu kredit supaya anda tak menyesal di kemudian hari. Bagi anda yang tertarik mempunyai kartu kredit, tetapi masih bingung atas manfaat atau kerugiannya, berikut ini beberapa kelebihan kartu kredit, yaitu :

9 Kelebihan Kartu Kredit Sebagai Alat Transaksi

Kelebihan kartu kredit
Kelebihan kartu kredit (Ilustrasi/pixabay)
  1. Transaksi terasa aman dan nyaman

Terkadang anda lupa menaruh kembali kartu kredit ke dalam dompet, sehingga membuatnya hilang atau susah ditemukan. Jika hal ini terjadi, janganlah khawatir, segera hubungi pihak bank penerbit kartu kredit anda. Katakan padanya untuk segera memblokir kartu, dengan begitu tagihan anda aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, kartu kredit memberikan kenyamanan anda ketika berbelanja banyak, tidak perlu repot membawa banyak uang yang membuat dompet tebal dan sulit menaruhnya di saku. Mungkin juga anda khawatir akan mengundang pencopet. Tetapi jika memiliki kartu kredit dompet tipis, belanja dapat maksimal sesuai dengan kebutuhan.

2. Transaksi sampai seluruh dunia

Anda sedang pergi ke luar negeri, lupa menukar uang tunai? Nah, gunakan saja kartu kredit ke manapun tujuan kota anda di seluruh dunia tentu bisa menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi yang sah. Jadi tak bingung harus mencari tempat penukaran uang di negara yang anda kunjungi. Walau lupa menukar uang, asal kartu kredit terbawa semua masalah belanja mampu diselesaikan dengan mudah. Karena Kartu Kredit di Indonesia pada umumnya bekerja sama dengan Visa dan MasterCard mampu bertransaksi ke seluruh dunia.

3. Penyelamat ketika keadaan darurat

Penyelamat hanyalah Tuhan, namun lain halnya saat anda pergi ke luar kota atau luar negeri, kadang-kadang mengalami kehabisan uang dan saldo ATM pun tidak bisa ditarik tunai, maka kartu kreditlah penyelamat anda saat keadaan itu terjadi. Kartu kredit dapat mencukupi semua keperluan anda selama di sana, seperti makan, biaya penginapan, hingga belanja. Kartu kreditpun bisa anda manfaatkan untuk membeli tiket pesawat. Cukup banyak dan bisa mengubah keadaan anda yang seharusnya sedikit buruk menjadi lebih baik.

4. Adanya perlindungan terhadap konsumen

Saat anda melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, tentu ada perlindungan hak konsumen. Apabila barang maupun jasa yang anda beli mengalami kerusakan, cacat, atau jumlahnya tidak sesuai pesanan, maka pihak bank penerbit kartu kredit akan melakukan intervensi terhadap pihak merchant atas nama anda. Anda dapat menanyakan semua informasi mengenai keadaan barang atau jasa yang anda beli serta apa solusi terbaik yang mampu diberikan pihak bank apabila ada perselisihan dengan pihak merchant. Perlindungan konsumen seperti ini tidak anda dapatkan jika membeli secara tunai. Apabila ada komplain biasanya pihak merchant sedikit mengelak dan membenahinya sesuai kebijakan mereka saja.

5. Mempermudah belanja secara online

Kartu kredit memudahkan anda saat belanja secara online, apalagi yang sifatnya darurat atau mendesak seperti, pemesanan penginapan untuk sekedar liburan atau perjalanan dinas maupun pembelian tiket pesawat. Selain untuk hal tersebut, banyak e-commerce yang memberikan kemudahan kepada konsumennya apabila membayar dengan kartu kredit.

6. Mempermudah belanja perabotan rumah tangga

Rumah baru, tentu perlu perabotan baru juga untuk mengisi ruangan-ruangannya. Mulai dari lemari, kulkas, televisi, tempat tidur hingga perabot dapur, apabila anda membelinya secara tunai pasti membuat tabungan kosong. Maka, gunakanlah kartu kredit untuk membeli semua itu, dapatkan promo menarik dan diskon di setiap pembelian barang-barang tersebut. Pastikan pembayaran memakai kartu kredit yang mempunyai promo khusus atau pembayannya dapat dicicil. Lebih ringan dan tidak menghabiskan tabungan masa depan bukan?

7. Dapat menikmati momen promosi

Untuk menyenangkan nasabahnya kartu kredit seringkali memberikan promo menarik melalui kerjasama dengan merchant yang ditunjuk. Promosinya bermacam-macam, entah itu buy 1 get 1, cicilan 0% maupun diskon barang hingga 50% apabila membeli produk tertentu. Jangan lewatkan promosi tersebut, manfaatkan secara bijak kartu kredit yang anda punya. Terlebih lagi biasanya kuantitas barang yang dipromokan terbatas, jadi siapa cepat dia dapat. Anda pun tidak perlu membayar lunas tagihannya, bisa bulan depan asal bayar tagihan minimum bulan ini.

8. Manfaat tambahan

Ketika menggunakan kartu kredit biasanya anda memperoleh cicilan ringan, yaitu cicilan 0% atau program cash back. Anda takkan mendapatkannya saat membayar tunai. Sebab, kebanyakan bank penerbit kartu kredit telah menjalin kerja sama dengan merchant di seluruh Indonesia. Sehingga nasabah kartu kredit memperoleh tawaran promo menarik setiap pembelian barang atau jasa dari merchant tersebut.

9. Tagihan tercatat rapi

Tagihan kartu kredit biasanya tercatat secara rapi, sehingga anda mudah mengecek semua transaksi yang terjadi selama sebulan. Dengan begitu, membuat anda dapat membedakan mana kebutuhan prioritas yang didahulukan pemenuhannya daripada membeli barang berdasarkan keinginan saja. Lalu ke depannya anda lebih cermat lagi memakai kartu kredit agar tagihannya tetap stabil. Tentu tagihan kartu kredit membantu anda dalam langkah pengelolaan keuangan setiap bulan.

Demikianlah 9 Kelebihan Kartu Kredit untuk digunakan Sebagai Alat Transaksi, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015