Kebiasaan penyebab gagal berbisnis
Kebiasaan penyebab gagal berbisnis (Ilustrasi/pixabay)

9 Kebiasaan yang Menyebabkan Gagal Berbisnis

80 views

Kebiasaan merupakan cerminan masa depan yang menanti Anda. Jika Anda gigih, rajin, dan melakukan hal positif lainnya, sudah bisa dikatakan masa depan Anda pasti cerah. Jika Anda gagal itu berarti Anda hanya belum menemukan cara yang benar untuk menjadi sukses. Jangan pernah berhenti mencoba. Namun kebanyakan dari orang lebih senang untuk bermain aman. Mereka terlalu senang berada di zona aman. Zona aman tidak akan memberikan Anda perkembangan menjadi orang yang lebih sukses. Banyak dari orang yang gagal berbisnis, kemudian berhenti dan menganggap seluruh usahanya sia–sia. Padahal tidak ada yang namanya sia–sia. Anda hanya menemui jalan yang belum benar saja untuk meraih kesuksesan. Pada dasarnya hal yang perlu untuk disadari ialah semua orang mempunyai ketakutan akan kegagalan. Bedanya ialah orang sukses berhasil menaklukan ketakutan tersebut dan orang gagal ialah orang yang tidak berani melawan rasa takut tersebut dan menerima kekalahan dengan begitu saja. Jika Anda ingin sukses ada beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari.

  1. Kegagalan Perencanaan

Jika ingin sukses dalam berbisnis harus ada rencana yang matang. Rencana yang dibuat tidak harus selalu sempurna. Di dunia nyata terlalu sempurna itu tidak realistis, karena akan ada banyak masalah yang menunggu untuk diselesaikan. Dalam perencanaan sebaiknya dibuat seperti beberapa poin beserta dengan jangka waktunya. Berusahalah untuk memenuhi target tersebut, jika bisa lebih dari target yang seharusnya itu lebih baik. Perencanaan harus jelas, penuh perhitungan, dan disesuaikan dengan waktu. Semakin tinggi impian yang ingin dicapai tentunya pertimbangan yang dibutuhkan harus semakin matang. Jangan buat rencana yang tidak jelas pertimbangannya. Nasib bisnis Anda juga bisa jadi tidak jelas, jika pertimbangan kurang matang. Perencanaan yang matang memudahkan untuk pengambilan keputusan juga dan sudah tentu akan sangat membantu menghindari kegagalan.

Kebiasaan penyebab gagal berbisnis
Kebiasaan penyebab gagal berbisnis (Ilustrasi/pixabay)

2. Tidak Ingin Mengambil Resiko

Semua pekerjaan pasti memiliki risiko. Saat sesuatu berisiko kecil, biasanya hasil yang didapat juga hanya sedikit. Memang sebagian besar orang senang berada di zona aman, karena mereka tidak harus repot–repot menanggung risiko besar. Mereka tidak ingin bersusah payah mempertimbangkan risiko atau mereka sebetulnya takut untuk mengemban risiko tersebut. Padahal orang–orang yang sukses hanyalah orang yang berani untuk menanggung risiko besar setiap harinya. Tidak berani mengambil risiko itu menunjukkan mental yang belum siap untuk menjadi sukses. Takut jika gagal maka orang lain akan bergunjing mengenai kegagalan tersebut. Takut jika gagal maka reputasi akan hancur atau takut jika gagal akan menyebabkan Anda jatuh semakin miskin karena tidak dapat membayar cicilan modal. Sadarilah ketakutan hanya akan membuat seseorang tersebut untuk selalu bersembunyi di belakang ketidakinginan untuk mengambil risiko.

3. Takut Mencoba

Anda tahu kalau Anda bisa sukses berbisnis saat Anda berani untuk mencobanya. Jika Anda mencoba, berusaha, dan berdoa sudah pasti kesempatan Anda untuk berhasil sudah di atas 0%. Tetapi jika Anda sama sekali tidak mau mencoba sudah pasti 100% Anda tidak mungkin berhasil. Anda akan membuat suatu kemajuan ketika Anda berani melangkah. Cobalah dan terus mencoba. Setiap langkah akan menjadikan Anda semakin dekat dengan kesuksesan. Lawanlah ketakutan Anda untuk mencoba. Ingatlah betapa besar dan istimewa mimpi Anda itu. Tidak ada kata terlambat selama kita masih hidup. Cobalah dan tangkap setiap peluang yang ada.

4. Terlalu Mudah Menyerah

Saat Anda memulai berbisnis bukankah sukses menjadi cita–cita Anda. Tentunya dibutuhkan kegigihan untuk mewujudkannya. Inilah rahasia yang paling penting agar dapat sukses berbisnis. Banyak dari orang yang tidak dapat mempertahankan kegigihannya untuk meraih kesuksesan. Setiap orang sukses yang pernah Anda dengar kabarnya, pasti mereka akan menceritakan perjuangan dan ketekunan yang mereka lakukan. Salah satu cerita mengenai kesuksesan ialah mengenai Abraham Lincoln. Abraham Lincoln mengalami kegagalan berbisnis saat usia 21, kalah dalam pemilihan legislatif saat usia 22, gagal dalam bisnis lagi saat usia 24 tahun, dan kalah dalam pemilihan kongres saat usia 34 tahun. Sedangkan pada saat usianya menginjak 52 tahun, barulah ia terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. Sebenarnya Abraham Lincoln bisa saja memilih untuk menyerah beberapa kali, namun ia tetap berusaha untuk mengejar ambisinya menjadi orang sukses. Salah satu resep untuk sukses berbisnis ialah mental yang kuat saat gempuran kegagalan berdatangan. Maka dari itu, penting untuk menjaga agar hati dan otak tetap sejalan dalam pemikiran maupun tindakan.

5. Tidak Sabaran

Segala hal baik akan datang saat Anda bersabar. Jangan salah mengartikan bahwa sabar itu lemah. Mengapa saya bilang orang yang sabar itu kuat. Kuat dalam arti menahan keinginan untuk menyerah, tetap berusaha walaupun hasil yang diperoleh belum baik. Bersabarlah untuk mendapatkan hasil yang lebih besar. Bersabarlah untuk memfokuskan energi merancang langkah berikutnya.

6. Tidak Percaya Diri Bisa Sukses

Percayalah pada tindakan yang Anda lakukan akan membawa Anda pada kesuksesan saat berbisnis. Jika Anda susah untuk percaya pada diri sendiri, Anda akan menjadi mudah menyerah. Tentu saja Anda pasti tidak ingin bisnis Anda gagal. Untuk dapat percaya diri tidak dibutuhkan suatu alasan tertentu. Percayalah bahwa Anda bisa sukses meraih mimpi. Segala daya dan upaya yang Anda berikan tidak akan sia–sia. Saat Anda percaya diri, secara tidak sadar alam bawah Anda akan turut mendukung setiap tindakan yang dilakukan. Sadarilah keputusan untuk percaya pada diri sendiri adalah keputusan Anda bukan orang lain.

7. Kurangnya Ketrampilan Mental

Ketrampilan mental meliputi kedisiplinan, kepercayaan diri, ambisi, produktivitas, dan pikiran positif. Semua hal tersebut akan berpengaruh pada perhatian Anda, memori, pemahaman, ketrampilan proses, logika, dan penalaran Anda. Kembangkan ketrampilan mental ini agar dapat mengatasi berbagai situasi tanpa merasa itu semua suatu kegagalan.

8. Mudah Merasa Menyesal

Selalu ada saja alasan sesuatu itu tidak dapat dilakukan. Orang akan dengan mudahnya menjelaskan mengapa sesuatu itu tidak dapat dan tidak akan pernah bisa untuk dilakukan. Orang seperti itu akan selalu membuat keputusan “saya tidak mampu berhasil, karena saya tidak dapat mengendalikan segala sesuatunya”. Hal itu terjadi begitu saja. Manusia memang memiliki keterbatasan.

Saat Anda sudah membuat suatu keputusan dan ternyata keputusan Anda kurang tepat, jangan pernah menyesal. Belajarlah dari keputusan yang kurang tepat itu, karena hanya menyesal saja tidak akan menyelesaikan masalah. Ingatlah saat Anda salah lakukan introspeksi jangan hanya menyesal saja. Perbaiki jika masih bisa dan jika sudah tidak bisa jadikan pelajaran dan wariskan cerita kegagalan Anda kepada generasi penerus bisnis Anda.

9. Kurangnya Motivasi

Motivasi awal yang kuat bisa menjadi semakin terkikis saat masalah berat berdatangan. Kebanyakan dari orang memilih untuk tidak menjaga motivasinya tersebut. Itu dilakukan karena memang lebih mudah untuk tidak menjaga motivasi diri. Begitu juga berpikir negatif memang lebih mudah, maka dari itu lebih banyak orang yang berpikir secara negatif. Namun pada dasarnya pikiran yang negatif akan berpengaruh pada tindakan yang dilakukan menjadi negatif juga. Berpikirlah untuk selalu positif. Jagalah motivasi Anda untuk sukses di dalam hati Anda. Hubungan antara otak dan hati sangat penting agar segala tindakan akan positif dan mendekatkan Anda menuju ke kesuksesan.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- ilustrasi yang mnyebabkan keputusan gagal - kebiasaan membuat gagal masa depan

Novia Nur FS
Kontributor Info Ide Bisnis Yogyakarta