Tips ampuh memulai bisnis travel online
Tips ampuh memulai bisnis travel online

8 Tips Ampuh Dalam Memulai Bisnis Travel Online yang Sukses

47 views

Jalan-jalan ataupun berpetualang memang hal yang sangat menyenangkan. Banyak pengalaman serta pelajaran yang didapatkan setelah melakukannya. Selain itu pikiran pun menjadi fresh terhindar dari stres dan hati juga menjadi lebih tenang bahagia. Dalam traveling anda dapat mengekpresikan diri dengan berfoto pada tempat yang menurut anda bagus dijadikan background. Sekarang ini traveling menjadi kebutuhan pokok setiap orang terutama bagi para pekerja dengan rutinitas padat.

Karena besarnya kebutuhan akan traveling, bisnis travel dirasa cukup menjanjikan. Apalagi saat ini kita tak perlu membuka toko dengan perlengkapan banyak mengeluarkan uang, hanya dengan berjualan online bisnispun sudah bisa berjalan. Yang mesti anda sediakan cukup komputer, jaringan internet dan printer saja. Asalkan anda ulet memasarkan dan mau berjuang dalam mengembangkan bisnis pasti dapat sukses menjalankan bisnis travel online.

Tips ampuh memulai bisnis travel online
Tips ampuh memulai bisnis travel online

Agar anda lebih percaya diri ketika berbisnis travel online di bawah ini terdapat cara-cara ampuh yang bisa anda terapkan supaya keuntungan maksimal dan mencapai kesuksesan :

  1. Menyiapkan perlengkapan software dan hardware dengan baik

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiap perlengkapan dengan baik dan sempurna. Salah satu yang sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis travel online yaitu software dan hardware. Hardware merupakan komputer serta perangkatnya yang telah terhubung dengan internet. Sedangkan software merupakan program dan sistem operasi yang dapat menjalankan pesanan tiket secara online. Software tersebut juga website yang di dalamnya terdapat shop chart dan program billing transaksi.

Biasanya software seperti itu didapatkan dari master agen tiket online, setelah menandatangani MOU. Pastikan komputer anda mempunyai kinerja yang baik dengan spesifikasi yang memadai untuk menjalankan bisnis travel online. Sehingga, tidak mengecewakan pelanggan dan anda pun senang.

2. Jadilah pecinta dunia traveling

Kebanyakan bisnis mampu meraih kesuksesan karena didasari rasa kesenangan atau passion. Sebab, rasa senang dan cinta pada sebuah bidang, membuat para pelakunya bersemangat dalam menjalankan usaha dengan sepenuh jiwa dan maksimal. Karena yang akan anda jalankan merupakan bisnis travel jadi anda sendiri mesti mencintai dan tahu benar tentang dunia traveling. Maka kecintaan anda sama dengan para konsumen, dengan begitu dapat berbagi cerita pasti membuat konsumen lebih senang datang kepada anda. berbeda apabila anda tidak suka dunia traveling, tampak tidak ada kecocokan dan saat berbisnis rasanya kurang menyenangkan, peluang sukses semakin kecil.

3. Buatlah brand yang menarik

Bisnis membutuhkan sebuah nama atau brand agar bisa menarik minat konsumen untuk membeli tiket pada anda. Selain menarik minat konsumen, brand bisnis juga bermanfaat untuk memudahkan para konsumen mencari alamat website anda maupun keagenan anda. Sehingga pastikan jika anda membuka bisnis travel online, mempunyai nama atau brand yang bagus. Pastikan mudah dalam pelafalannya, karena semakin mudah nama usaha anda dilafalkan, semakin besar kesempatan anda menarik minat banyak konsumen.

4. Berikan tawaran yang menarik bagi konsumen

Harga dan tujuan wisata menjadi perbandingan utama konsumen dalam memilih agen travel. Apalagi saat ini persaingan bisnis travel agent begitu ketat, sebagai pemula anda harus pandai memberikan penawaran dan strategi khusus dalam merebut hati konsumen. Berikanlah harga promo pada hari besar, valentine atau moment lainnya, sehingga menarik hati konsumen. Selain harga promo, anda juga bisa memberikan potongan harga atau bonus khusus tentu akan menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen untuk memilih anda sebagai travel agent mereka. Konsumen sangat senang dimanjakan terlebih lagi diberikan suatu yang khusus saat mereka membeli suatu barang atau jasa. Kemungkinan besar dengan memberikan berbagai penawaran menarik kepada konsumen mampu mengembangkan bisnis travel agent anda.

5. Carilah banyak relasi dan perluas jaringan usaha

Jika sudah terjun ke bisnis jangan diam saja, perlu adanya tindakan. Salah satunya dengan memperluas jaringan usaha dan relasi seluasnya. Semakin luas jaringan usaha dan banyak relasi anda, maka semakin tinggi juga peluang untuk meraih sukses dalam bisnis. Sebab, sebagai pengusaha kita tidak bisa berjalan atau berdiri sendiri, perlu orang lain untuk meraih kesuksesan. Bukan hanya membutuhkan karyawan saja tetapi juga membutuhkan pebisnis lainnya agar dapat saling mendukung serta bekerja sama untuk mengembangkan bisnis. Pebisnis lain di sini bisa saja seorang investor, atau pihak yang membantu anda dalam mempromosikan bisnis anda atau juga yang lainnya.

6. Pilih tempat yang strategis, ramai dan mudah diakses

Walau anda membuka bisnis travel online, namun tak ada salahnya membuka bisnis secara offline. Sehingga, konsumen lebih yakin dan dapat berkomunikasi langsung dengan anda. Adanya sebuah tempat yang bisa didatangi konsumen tentu membuat bisnis travel agent anda mempunyai peluang besar meraih sukses. Tempat ini harus berkriteria strategis, ramai dan mudah diakses pula. Lokasi yang strategis dan ramai tanpa akses yang mudah dapat membuat konsumen malas untuk datang ke kantor anda. Makanya, usahakan jalan ke tempat anda tidak banyak halangan dan mudah dilalui baik pejalan kaki, pengendara sepeda motor maupun mobil.

7. Selalu perkuat promosi

Promosi merupakan strategi pemasaran paling penting, sehingga lakukan promosi dengan baik dan terarah. Anda bisa berpromosi baik secara online atau offline. Untuk secara online anda bisa menggunakan medial sosial facebook, twitter, instagram, blog, website. Sedangkan secara offline dengan menyebar brosur, iklan di radio, iklan di koran dan cara lainnya. Tetapi saat ini dunia online lebih cepat dalam memperkenalkan produk anda kepada konsumen, hanya saja anda perlu belajar teknik promosi online yang tepat untuk bisa menembus pasar.

8. Berikan pelayanan yang sebaik mungkin

Langkah terakhir untuk menarik konsumen ialah dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin. Kita harus siap menghadapi pelanggan dengan karakter apapun. Pelayanan serta perhatian kepada konsumen juga mempengaruhi perkembangan bisnis. Selain itu, pelayanan prima akan membuat kesan yang baik bagi pelanggan, karena respon baik itulah akan menjadi promosi yang baik. Konsumen yang senang dengan pelayanan anda akan merekomendasikan kepada teman atau relasinya untuk memilih travel agent anda. Nah, itulah promosi gratis dan menguntungkan bagi kemajuan bisnis anda.

data-ad-format="link">