Sifat dan Jiwa Yang Harus dimiliki seorang pengusaha
Sifat dan Jiwa Yang Harus dimiliki seorang pengusaha (Gambar Ilustrasi)

8 Sifat yang Hanya Tertanam Dalam Dirinya yang Berjiwa Pengusaha

400 views

8 Sifat yang Hanya Tertanam Dalam Dirinya yang Berjiwa Pengusaha – Ternyata untuk menjadi pengusaha seseorang mempunyai sifat khusus yang sudah tertanam dalam dirinya. Walaupun usianya belia sudah mampu meraih kesuksesan bahkan mampu menanggung kebutuhan diri dan keluarga. Memang untuk menjadi sukses itu tidak perlu menunggu umur, kapanpun anda mau pasti bisa meraihnya. Kesuksesan bukanlah hal yang kebetulan, tetapi pilihan bagi siapa saja.
Tidak peduli anak orang kaya, anak presiden, anak pejabat, anak orang miskin ataupun anak pemulung sekalipun pasti bisa mencapai sukses. Jangan hanya sedikit menemui halangan sudah menyerah, malas bangkit lagi. Hindari ketakutan menghadapi resiko dalam berbisnis, tapi jadilah selalu berani serta mampu menyelesaikan masalah secara bijak. Jika orang lain bisa sukses mengapa anda tak bisa, toh berdiri di tanah yang sama. Ayo semangatlah susul dia yang telah sukses di usia muda sehingga hidupmu bahagia di masa tua.

Nah, di bawah ini merupakan 8 sifat yang hanya tertanam dalam dirinya yang berjiwa pengusaha, yaitu :

8 Sifat yang Hanya Tertanam Dalam Dirinya yang Berjiwa Pengusaha

Sifat dan Jiwa Yang Harus dimiliki seorang pengusaha
Sifat dan Jiwa Yang Harus dimiliki seorang pengusaha (Gambar Ilustrasi)
  1. Semangat tinggi

Calon pengusaha pasti mempunyai semangat yang tinggi dalam melakukan apapun. Semangatnya selalu berapi-api dan tidak pernah surut. Semangat itu menemani ketika awal merintis bisnis, proses kemajuan bisnis sampai bisnis menjadi sukses dan berkembang pesat. Terlebih lagi ketika memulai bisnis semangat itu terus bertambah, walau keadaan sulit dalam mengembangkan bisnis.

Dia yang berjiwa pengusaha tidak mengenal lelah maupun patah semangat. Sekali kurang memuaskan, harus mencoba lagi supaya menjadi lebih baik. Ketika semangat naik turun, tentu berpengaruh buruk pada bisnis yang dirintis. Di saat semangatmu bagus, pelayanan terhadap pelanggan baik, tetapi saat semangat jelek, pelayananmu ke pelanggan kurang menyenangkan. Yah, itu membuat bisnismu menjadi buruk di mata pelanggan, mungkin saja mereka tak mau kembali ke tempatmu lagi.

2. Tidak gampang menyerah

Selain semangat, calon pengusaha mempunyai sifat tak gampang menyerah. Meski badai menghadang di depan anda, jangan pernah takut dan menyerah menghadapinya. Yakinlah bahwa semua itu akan berlalu dengan sendirinya, kerahkan seluruh kemampuan dirimu. Selesaikan satu persatu masalahnya, tetap tenang sehingga dapat berpikir dengan baik.

3. Ulet dalam berbinis

Calon pengusaha wajib mempunyai sifat ulet dalam menjalankan bisnisnya. Keuletan membuat anda cukup mudah menemukan solusi atau jalan keluar dari persoalan yang datang. Ketika anda sulit menemukan jalan keluar lewat jalan ini, maka anda sudah memikirkan jalan baru untuk dilalui.

4. Tekad kuat

Tekad adalah faktor terpenting bagi seseorang yang pertama kali melangkahkan kakinya dalam dunia bisnis. Bisnis itu kejam, siapa yang kuat dia yang menang. Sehingga apabila tekad anda lemah belum apa-apa bisnis akan jatuh dengan sendirinya. Seperti semangat tekad wajib tertanam dalam pada diri anda sebagai pengusaha.

Tekad juga sifat yang menguatkan pengusaha dalam menjaga keteguhan hati. Jadi, anda tidak mudah terpengaruh omongan orang lain yang mungkin saja menyesatkan anda. Selain itu, anda tak tergoyahkan ketika mengambil keputusan penting dalam berbisnis, sebab anda sudah tahu apa yang baik bagi perusahaan.

5. Mempunyai visi dan misi yang jelas

Pengusaha memang haruslah mempunyai visi dan misi yang jelas untuk rencana ke depannya. Sehingga tidak plin-plan dalam menentukan pilihan, tetapi sangat mantap memilih satu yang terbaik bagi kelangsungan bisnis anda. Sebelum mengalami kegagalan, mesti sudah menyiapkan banyak cara supaya bisnis tetap bertahan. Jadi, saat anda merintis bisnis, perlu menyiapkan target serta segala upaya untuk mengembangkan bisnis.

6. Pandai dalam berkomunikasi

Komunikasi memang kunci keberhasilan bisnis yang dijalani. Sebab, komunikasi anda mampu mengajak yang lainnya untuk bekerja sama supaya bisnis berkembang lebih baik. Atau juga memudahkan anda dalam penyampaian informasi kepada pelanggan dengan begitu menarik pelanggan sehingga ingin membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Anda pasti telah banyak mendengar kisah seseorang dengan hanya modal bicara, namun bisa meraih kesuksesan. Hal ini membuktikan bahwa keahlian komunikasi sangat diperlukan oleh setiap pengusaha. Bagi anda yang belum merasa pandai berkomunikasi, ikutlah pelatihan dasar kepemimpinan. Walau umur cukup tua, tetapi belajar tak ada kata terlambat.

7. Berpikir kreatif serta menemukan inovasi baru

Sebagai seorang pengusaha wajib mempunyai sifat kreatif. Seiring perkembangan jaman, bisnis anda pun harus menyesuaikannya, agar pelanggan lebih tertarik membeli produk atau jasa anda. Pengusaha biasanya memiliki wawasan luas tentang bidang yang digelutinya. Nah, saat ada perubahan anda langsung berpikir untuk menciptakan sesuatu yang baru. Hal ini sungguh berpengaruh pada kelangsungan bisnis. Jika kekurangan ide, pengusaha akan memanfaatkan buku, internet, ataupun majalah bisnis.

8. Keyakinan sepenuh hati

Pengusaha adalah orang yang yakin. Ketika anda telah mengambil keputusan, pasti tidak perlu menengok ke belakang lagi. Anda wajib mencoba berjalan di jalur yang dipilihnya, yakin bisa menghadapi semua rintangan yang menghalangi. Anda perlu percaya dengan apa yang dijalani selama ini merupakan jembatan menuju sukses, layak diperjuangkan dan mengubah nasib buruk hidupnya menjadi lebih baik lagi.

Pengusaha sukses, dialah yang tanpa menghiraukan omongan jelek orang lain tentangnya. Baginya kesuksesan atau kegagalan dalam bisnis tergantung pada keyakinan, ikhtiar serta do’a. Selain itu, kegagalan orang lain tidak dijadikan kekhawatiran akan begitu juga, namun dijadikan sebagai pembelajaran terbaik supaya bisnisnya bernasib lebih baik.

Kedelapan sifat di atas wajib dimiliki oleh setiap calon pengusaha. Tanamkanlah kedelapan sifat itu dalam diri anda sejak dini, jangan kalah saing dengan teman atau sahabat anda. walaupun sifat tersebut tertanam dengan sendirinya dalam jiwa pengusaha, tetapi bukan berarti tak bisa dilatih orang awam. Selagi mau berusaha melatih perkembangan diri, tentu sifat tersebut ada pada dirimu. Tahukan betapa sulitnya melewati masa awal merintis usaha, namun ketika anda mempunyai kedelapan sifat tersebut tentu membuat anda menikmati setiap proses perkembangan bisnis.

Demikianlah 8 Sifat yang Hanya Tertanam Dalam Dirinya yang Berjiwa Pengusaha, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- 8 sifat sebagai langkah untuk pengembangan bisnis - berjiwa tabah dalam usaha - ciri-ciri berjiwa bisnis - pencerminan dari seseorang yang berjiwa tenang adalah dari sifat - sifat jiwa pengusaha

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015