Mengelola gaji bulanan
Mengelola gaji bulanan (Ilustrasi/pixabay)

8 Langkah Cermat Mengelola Gaji Bulanan

50 views

Biasanya gaji selalu habis di akhir bulan, lalu ketika menunggu gaji keluar anda harus mengambil hutang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebiasaan tersebut sungguh harus diperbaiki, sebab hidup anda bukan untuk hari ini saja, tetapi untuk besok, lusa dan beberapa tahun lagi. Semakin hari biaya hidup semakin tinggi sehingga anda wajib membiasakan diri untuk mengelola keuangan dengan baik sejak dini. Jangan biasakan hidup boros dan mengikuti hawa nafsu saja, karena tidak baik untuk masa depanmu.

Mengelola gaji bulanan memang sulit banyak orang mengakuinya. Apalagi dikehidupan modern seperti sekarang ini seakan-akan kita dituntut untuk bergaya hidup mewah. Selalu update gadget, fashion, dan yang paling sulit dihindari adalah makanan lezat. Tentu akan menjadi beban bagi dia yang tidak bisa menutup matanya dari dunia tersebut. Belum lagi juga biaya nongkrong bersama teman-teman, pasti membengkakkan pengeluaran setiap bulannya.

Jadilah seseorang yang teguh pendirian, jangan terlalu iri dengan apa yang dimiliki teman. Tetapi fokus saja dengan hidupmu sekarang, besok dan nanti, pikirkan cita-cita yang ingin kamu capai kelak. Selagi kamu masih single sisihkanlah uang untuk berinvestasi dan menabung, tentu apa yang kamu impikan dapat terwujud. Kehidupan mewah bisa kamu rasakan ketika sudah menuai kesuksesan.
Masih bingung bagaimana mengelola gaji bulanan dengan baik, maka ikuti saja langkah cermat kami di bawah ini

8 Langkah Cermat Mengelola Gaji Bulanan

Mengelola gaji bulanan
Mengelola gaji bulanan (Ilustrasi/pixabay)
  1. Buatlah anggaran bulanan

Setiap bulan kamu wajib membuat anggaran bulanan, rencanakan kebutuhan mana yang harus didapat dan mana yang bisa ditunda. Lalu jangan lupa kumpulkan semua pengeluaran anda setiap bulannya. Pisahkan antara kebutuhan primer, sekunder maupun tersier. Penuhi dulu kebutuhan primer misalnya makan, ongkos untuk bekerja, tagihan listrik dan PDAM, cicilan motor/ mobil, cicilan rumah dan sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan sekunder dan tersier anggarkanlah dana untuk membeli kebutuhan untuk bekerja (pakaian, tas, sepatu, make up), traveling, belanja keperluan pribadi, dan anggarkan juga biaya hang out bersama teman atau rekan kerja. Setelah kamu buat perincian tersebut, pastikan mengeluarkan uang sesuai dengan yang kamu anggarkan.

2. Secepatnya bayar tagihan

Setelah mendapatkan gaji, segeralah membayar tagihan-tagihan anda. Mulai dari tagihan listrik & PDAM, tagihan rumah atau kos, beserta cicilan lainnya yang wajib anda bayar. Kemudian baru anggarkan biaya kebutuhan sehari-hari. Dengan mambayarkan atau memisahkan biaya tagihan akan mempermudah kamu dalam mengelola keuangan untuk keperluan lainnya. Selain itu anda merasa lebih tenang, karena tidak dibayang-bayangi lagi semua tagihan tersebut.

3. Sisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan

Sebelum menganggarkan untuk kebutuhan, kamu harus menyisihkan sebagian uang untuk menabung. Langkah ini bermanfaat untuk menekan pengeluaranmu yang kurang atau tidak penting. Apabila dirimu tidak dipaksa untuk menabung, tentu takkan mempunyai dana untuk kehidupan masa yang akan datang.

4. Pastikan mempunyai dua atau lebih rekening bank

Untuk lebih cermat mengelola keuangan, kamu perlu mempunyai dua rekening bank. Manfaatkan satunya untuk transaksi kebutuhanmu seperti, menerima gaji, belanja, maupun membayar tagihan. Sementara rekening lainnya hanya untuk menabung saja. Tentukanlah berapa persen dari penghasilan anda untuk menabung. Hal ini wajib kamu lakukan jangan sampai tidak.

5. Buatlah laporan keuangan harian

Setiap melakukan transaksi yang ada buktinya selalu simpanlah, kemudian catatlah pada buku khusus laporan keuanganmu. Memang terbilang ribet, seperti perusahaan besar saja tetapi ini demi kebaikan dirimu, jadi lakukan sajalah. Cara ini membuat kamu tahu larinya uang gaji selama ini, serta membantu kamu dalam menganalisa barang apa yang tidak perlu dibeli pada bulan berikutnya.

6. Bijak memanfaatkan kartu kredit

Sebagai seorang karyawan dengan gaji tinggi, tentu anda mempunyai kartu kredit yang bisa memudahkan anda dalam bertransaksi. Nah, kelola dengan baik dalam menggunakan kartu kredit ini, batasi budget tiap bulannya supaya kamu tidak banyak memiliki tagihan. Sehingga bulan berikutnya kamu dapat melunasi semua tagihan kartu kredit. Jadi, tak terlalu membebani dirimu setiap bulannya.

7. Investasi

Setelah menyisihkan dana untuk tabungan serta keperluan sehari-hari, apabila masih terdapat kelebihan tak ada salahnya bila dialokasikan untuk investasi. Sekarang ini bahkan ada reksa dana yang dimulai dengan 100 ribu saja, walau hasilnya kecil tetapi tetap bisa dijadikan sebagai tabungan. Atau jika mempunyai uang yang lebih besar investasikan dengan membeli emas ataupun perhiasan yang nilai jualnya selalu naik. Investasi berbeda dengan menabung, bila menabung kamu dapat mengambil uang setiap saat. Namun, investasi uang yang kamu simpan berbentuk lain, sehingga tak dapat diambil sesuai dengan keinginan. Cara ini bukan membuat uang anda bernilai sama tetapi nilainya bisa naik yang menguntungkanmu di masa depan nanti.

8. Bandingkanlah antara pengeluaran dengan anggaran

Langkah terakhir anda perlu membandingkan antara anggaran dan pengeluaran. Sebab, untuk mengetahui apakah uang yang kamu keluarkan berdasarkan anggaran yang kamu buat atau justru melebihinya? Apabila terjadi pengeluaran lebih besar daripada anggaran, sebaiknya perbaiki anggaran yang anda buat untuk bulan-bulan berikutnya. Lihat kebutuhan apa yang mengeluarkan uang yang jumlahnya besar. Kenaikan harga kebutuhan dapat mempengaruhi pengelolaan keuanganmu setiap bulannya. Usahakan anggaran sedikit dilebihkan agar tidak memotong dana yang kamu siapkan untuk yang keperluan lain.

Jangan hanya membiasakan dirimu mencatat semua anggaran dan pengeluaran saja, kamu juga harus membiasakan diri menaati peraturan keuangan yang telah kamu buat sendiri. Memanfaatkan gaji secara cermat merupakan salah satu caramu menghargai kerja kerasmu dalam bekerja selama ini. Dengan begitu kamu bisa melihat hasil dari kerja kerasmu di masa depan. Betapa bangganya bila hasil kerja keras kita ada buktinya dan bermanfaat sekali untuk kehidupan sendiri dan keluarga.

Demikianlah 8 Langkah Cermat Mengelola Gaji Bulanan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015