Ide bisnis modal kecil
Ide bisnis modal kecil (ilustrasi/Pixabay)

8 Ide Bisnis Cemerlang Bermodal Rendah

799 views

Apakah Anda pernah memiliki mimpi untuk menjadi seorang pengusaha. Jika jawabannya ya, maka hal yang terpikir berikutnya pasti berapakah jumlah modal yang Anda miliki. Saat seseorang memiliki modal yang banyak, tentu membuka usaha merupakan hal yang mudah. Mereka yang bermodal besar dapat membuka franchise. Bagaimana dengan orang yang hanya memiliki modal yang sedikit. Hanya memiliki modal yang sedikit bukan berarti Anda harus mengurungkan niat menjadi seorang pengusaha. Ingat dimana ada kemauan di situ ada jalan. Tidak semua bisnis harus dimulai dengan modal ratusan juta rupiah. Anda penasaran bisnis apa sajakah itu.

8 Ide bisnis modal kecil

1. Bisnis Daur Ulang Kain Bekas

Tidak semua sampah itu tidak berharga. Sampah bisa jadi sesuatu yang dapat dibisniskan. Jika Anda jeli dan gigih, Anda bisa saja menjadi kaya dengan memanfaatkan peluang ini. Anda pasti pernah mendengar bahwa penjahit pasti memiliki kain sisa dari pembuatan baju. Anda bisa saja membelinya dengan harga yang sangat murah dan mengubahnya menjadi kerajinan tangan. Memanfaatkan kain bekas untuk dibuat menjadi kerajinan tangan berarti Anda telah membantu lingkungan menjadi lebih bersih. Jadi ada banyak manfaat yang Anda dapatkan dengan memanfaatkan kain bekas sebagai bahan baku produk Anda. Kemudian Anda bisa menjualnya melalui online seperti melalui website Anda maupun Etsy.

2. Membuka Online Store

Ide bisnis modal kecil
Ide bisnis modal kecil (ilustrasi/Pixabay)

Anda suka sekali dengan dunia programming, Anda bisa saja membuka online store. Anda tidak perlu memiliki bisnis dagang yang besar terlebih dahulu untuk membuka online store. Anda hanya perlu menyediakan suatu website online untuk menjual barang dagangan orang lain. Selain website, tentu Anda juga harus menguasai cara pembuatan aplikasi online store Anda yang dapat di download melalui Play Store oleh pelanggan.

3. Bisnis Makanan

Jika rumah Anda dekat dengan tempat umum seperti instansi pendidikan maupun instansi lainnya, maka Anda harus bersyukur. Anda tidak perlu pusing–pusing untuk berpikir bisnis apakah yang harus dimiliki. Jika Anda tidak memiliki banyak modal, Anda hanya harus memiliki skill memasak yang baik. Anda bisa saja membuka bisnis seperti catering, bakery, membuka warung makan kecil–kecilan, ataupun menitipkan beberapa snack ke kantin instansi pendidikan tersebut. Anda harus bisa membuat resep khusus dimana hanya Anda yang tahu dan rasanya enak. Selain itu, sebisa mungkin harganya disesuaikan dengan kondisi perekonomian di sekitar instansi tersebut. Jika instansi tersebut merupakan instansi bergengsi, sudah pasti orang pendatang yang berada di sekitar instansi tersebut merupakan orang dengan kalangan menengah ke atas. Produk makanan yang Anda jual harus mengutamakan kualitas dan Anda bisa menjualnya dengan harga yang sedikit tinggi. Namun, jika kebanyakan dari kaum pendatang berasal dari kalangan biasa, maka produk makanan yang dijual harus dengan harga yang menyesuaikan atau terjangkau bagi mereka.

4. Layanan Pesanan

Anda pasti menyadari semakin lama jaman akan berubah dan membuat banyak orang menjadi semakin sibuk. Jam kerja maksimal memang 8 jam setiap hari namun itu jam kerja di kantor. Padahal ada segudang tugas yang belum Anda selesaikan pada saat di kantor. Tentunya kesibukan itu membuat Anda tidak sempat melakukan berbagai pekerjaan di rumah seperti memasak dan bersih–bersih rumah. Sebenarnya hal tersebut merupakan kesempatan Anda untuk membuka bisnis layanan pesanan seperti layanan pesan antar makanan, layanan membersihkan rumah, mengecat tembok, menyetrika pakaian, dan lain-lain. Hal yang dibutuhkan untuk membuat semua itu hanyalah sebuah handphone dan kendaraan. baik motor maupun mobil. Kemudian Anda hanya harus melakukannya dengan baik, maka bisnis layanan Anda akan berkembang dari mulut ke mulut. Jika Anda sudah mulai kewalahan untuk melakukannya sendirian, Anda bisa rekrut orang sebagai pegawai Anda.

5. Translator

MEA sudah diberlakukan di Indonesia. Sudah pasti akan semakin banyak translator yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan maupun individu. Translator banyak dibutuhkan di Indonesia misalkan saja untuk menerjemahkan berbagai buku baik ke Bahasa Indonesia sendiri maupun ke Bahasa Inggris. Translator juga terkadang dibutuhkan oleh antara pebisnis yang berasal dari negara yang berbeda agar mereka tetap dapat bernegosiasi. Hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis di bidang translator ialah manajemen dan pemasaran yang baik. Namun sebenarnya perlu Anda ketahui sebenarnya proses multilingual tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di Amerika atau bahkan dunia. Bahasa Inggris sudah bukan lagi satu–satunya bahasa International. Banyak dari beberapa negara seperti Jepang dan Singapura yang mendidik generasi muda mereka untuk belajar bahasa Mandarin. Jadi semakin banyak bahasa yang Anda kuasai, maka Anda akan semakin menjadi translator yang sukses.

6. Bisnis Les Tambahan

Kebutuhan akan pendidikan semakin lama semakin meningkat, karena semakin banyak orang yang menyadari pentingnya pendidikan untuk kelangsungan hidup. Orang tua jaman sekarang banyak sekali yang sibuk dengan urusan kantor, sehingga mereka tidak dapat mengajarkan anaknya. Jika Anda tertarik dengan dunia pendidikan dan Anda ahli di bidang manajemen, ada baiknya Anda membuat lembaga bimbingan belajar Anda sendiri. Hal yang dapat diajarkan di bimbingan belajar dapat sangat bervariasi, seperti les musik, memasak, menjahit, dan berbagai mata pelajaran seperti bahasa, IPA, dan IPS. Anda hanya perlu memahami bagaimana cara merekrut orang yang baik. Sistem bimbingan belajar tersebut ialah tentor akan berkunjung ke rumah masing–masing murid, sehingga Anda tidak perlu menyediakan tempat yang luas untuk ruang–ruang mengajar.

7. Menjual Artikel

Kegiatan bisnis sekarang sudah tidak lagi dapat dipisahkan dari dunia maya. Semua perusahaan pasti memiliki website sebagai media promosi, pengumuman event perusahaan, penyedia informasi maupun media penjualan online produk mereka. Hal yang pasti dibutuhkan di website ialah up date informasi secara konstan. Membuat Informasi yang dibutuhkan mereka bisa saja berupa artikel–artikel yang bermanfaat bagi para pelanggan bukanlah hal yang mudah. Up date informasi membutuhkan waktu untuk mengumpulkan materi dan mengolahnya menjadi artikel baru yang original. Tidak semua orang dapat melakukannya. Maka dari itu biasanya website memiliki langganan perusahaan artikel maupun perorangan untuk menyediakan artikel setiap harinya. Anda bisa saja membuat perusahaan penjual artikel. Hal yang dibutuhkan untuk menjual artikel ialah komputer dan koneksi internet. Berusahalah untuk menjaga hasil karya Anda untuk selalu berkualitas, agar pembeli selalu puas dan mau menjadi pelanggan setia Anda. Sedangkan ketrampilan yang dibutuhkan ialah jurnalistik dan pemasaran.

8. Bisnis Layanan Belanja Keperluan Sehari-Hari

Jika Anda memiliki hobi untuk belanja, jangan sia-siakan hobi Anda itu. Anda bisa saja membuka bisnis layanan belanja untuk keperluan sehari-hari pelanggan. Pelanggan hanya perlu memberikan list keperluan apa saja yang ingin dibeli melalui aplikasi online. Daftar harga sudah harus Anda tentukan di awal, sehingga pelanggan dapat mengerti seberapa besar mereka harus membayar. Untuk dapat menentukan harga di awal sudah pasti Anda sudah harus mengetahui range harga setiap barang yang diinginkan pelanggan. Bisnis seperti ini membutuhkan ketelitian pengamatan harga dari berbagai sumber. Selanjutnya Anda hanya perlu bermodalkan kendaraan untuk membeli segala keperluan pelanggan Anda.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- bisnis apa yg cemerlan - ide usaha cemerlang - ide yg cemerlang untuk buka usaha - kunci usaha yang cemerlang

Novia Nur FS
Kontributor Info Ide Bisnis Yogyakarta