Kebiasaan Orang Produktif
Kebiasaan Orang Produktif

8 Hal Penting yang Biasa Dilakukan Oleh Orang Produktif, Patut Ditiru!

93 views

Setiap orang di dunia ini mempunyai waktu yang sama dalam melakukan semua aktivitasnya, yaitu sehari 24 jam. Tetapi setiap orang menghasilkan sesuatu yang berbeda, ada yang membawa kesuksesan dalam hidupnya, ada juga yang malah sengsara karena kurang menghargai waktunya. Yah, begitulah manusia diciptakan dengan sifat dan sikap berbeda sehingga kehidupannya pun tidaklah sama satu dengan yang lainnya.

Hidup hanya sekali, jika mampu marilah kita buat hidup ini menyenangkan dan berguna untuk diri sendiri maupun orang sekitar. Jadilah seseorang yang produktif, maka waktu dan tenaga yang anda gunakan lebih efisien. Semua waktu dimanfaatkan secara tepat dan sesuai keinginan, sehingga hidup ini terasa seimbang. Jangan sia-siakan waktu anda, karena sedikit saja mungkin dapat membuat anda kehilangan masa depan yang indah.

Perbuatan yang anda lakukan sekarang akan berpengaruh di masa depan. Untuk itu, selagi muda lakukanlah kegiatan yang bermanfaat agar masa depan anda cerah dan membahagiakan. Tetapi, terkadang rasa malas menggelayuti tubuh, tentu itu sebuah penghalang besar untuk menjadi produktif. Nah, di sini kami akan mengulas beberapa tips yang mampu membuat anda lebih produktif dan bersemangat dalam beraktivitas sehari-hari, adalah :

8 Hal Penting yang Biasa Dilakukan Oleh Orang Produktif

Kebiasaan Orang Produktif
Kebiasaan Orang Produktif
  1. Membuat daftar kegiatan harian

Mungkin anda selalu berjanji kepada diri sendiri untuk menjadi produktif, tetapi nyatanya tidak berjalan dengan baik. Maka sebaiknya, buatlah daftar kegiatan harian, hal ini membantu mengingatkanmu dalam beraktivitas. Dengan adanya daftar tersebut, anda dapat mengatur kegiatan lebih baik dan memahami apa saja yang anda butuhkan untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Bila itu kegiatan harian, selesaikanlah semua pekerjaan itu dalam hari itu, jangan pernah menundanya untuk besok atau lusa. Menunda pekerjaan sama saja anda membiarkan rasa malas merasuki anda.

Terdapat banyak cara dalam membuat daftar kegiatan, catat di buku agenda kecil yang mudah dibawa kemana-mana, atau handphone sekaligus pasang alarm pengingat atau cara lain yang anda sukai. Gunakan cara-cara yang membuat anda mudah mengingatnya. Catatlah secara rinci kegiatan anda seharian, kapan waktunya, di mana tempatnya lalu usahakan diri anda agar selalu tepat waktu saat melaksanakannya. Terlebih lagi jika sudah ada janji dengan orang, ketepatan waktu dapat menunjukkan keseriusan anda.

2. Realistis

Orang produktif haruslah realistis. Saat membuat daftar kegiatan, orang produktif juga memikirkan bagaimana cara untuk melaksanakan kegiatan tersebut, agar terselesaikan dengan baik. Supaya dapat menyelesaikan kegiatannya, orang produktif menggunakan kalimat to the point ketika mencatatnya dalam agenda, seperti ketika ingin makan siang, maka ia akan menulis “Pesan tempat di restoran jam 12 siang”. Dengan begitu mereka lebih tergugah dan semangat ketika melaksanakan kegiatan tersebut.

3. Paham tentang prioritas

Saat pagi hari, seorang yang produktif sudah tahu persis kegiatan yang harus dilakukan seharian. Mereka akan melakukan terlebih dulu kegiatan yang penting dan sulit, baru kemudian yang kurang penting atau mudah dikerjakan. Tetapi apabila ada kegiatan untuk besok yang masih bisa dikerjakan hari ini, tentu orang produktif akan menyelesaikannya hari ini. Sisa waktu baginya merupakan hal yang berharga, tentu wajib dimanfaatkan.

4. Orang produktif selalu fleksibel

Selain dikenal sebagai perencana yang baik, orang produktif juga fleksibel dalam segala hal. Maksudnya mereka dapat menanggapi masalah yang timbul secara tepat dan tenang, itu membuatnya tidak mengalami stres saat terjadi sesuatu. Mereka rela mengubah jadwal karena peristiwa tak terduga, mereka lebih bijaksana dalam menyikapi masalah. Mungkin mereka akan mencatat agenda kegiatannya dengan pensil, lalu ketika ada perubahan, mereka akan menghapusnya.

5. Mengerti kapan tubuhnya perlu istirahat dan olahraga

Walau produktif tetapi wajib mengetahui kapan tubuh memerlukan istirahat. Sebab, istirahat merupakan hal yang penting dilakukan, kurang istirahat tubuh bisa mengalami sakit dan kegiatan pun terbengkalai. Ketika waktu telah menunjukkan jam istirahat, orang produktif akan menghentikan segala macam aktivitasnya. Kemudian di pagi harinya mereka meluangkan waktu sejenak untuk berolahraga meregangkan otot-otot ketika bekerja.

6. Merencanakan tujuan hidup

Orang produktif tidak suka jika hidupnya berantakan, mereka selalu merencanakan tujuannya walau rencana kecil. Menyelesaikan tujuan kecil tiap hari adalah langkah tepat untuk tetap fokus. Mereka berusaha menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu dan sesuai yang direncanakan untuk memperoleh tujuan besar. Tetapi mereka bukan gila prestasi, prestasi adalah bonus baginya. Yang paling penting mereka melaksanakan apa yang dikerjakannya dengan sebaik-baiknya.

7. Mempunyai waktu merenung dan introspeksi diri

Orang produktif setidaknya seminggu sekali menyempatnya waktu untuk merenungkan apa yang telah dikerjakannya. Mereka berpikir dan bertanya pada diri sendiri apa yang dilakukannya itu sudah baik, apalagi yang dapat dilakukan supaya lebih baik? Kemudian apa yang harus ditingkatkan minggu depan? Kalau memang terjadi kesalahan, mereka segera memikirkan perbaikan.

8. Menandai hari yang tidak produktif dalam seminggu

Selanjutnya, orang produktif akan menandai kalendernya, mencoret hari mana dalam seminggu yang melakukan kegiatan tidak produktif. Mungkin di hari itu banyak bermalas-malasan sehingga menghambat tujuan yang ditentukan. Setelah mengetahui hari mana saja yang tidak produktif, membuat mereka sadar bahwa sebenarnya banyak waktu dibuangnya. Padahal jika mau memanfaatkan waktu tersebut dengan baik, tujuan besar dapat dicapai lebih cepat.

Orang-orang produktif sungguh bijaksana dalam memanfaatkan tubuh, waktu, tenaga serta pikirannya, bukan uang yang ingin diraihnya tetapi kebahagian diri sendiri dan orang di sekitarnya. Kerja keras serta semangat merupakan kunci paling utama dalam mengubah diri menjadi produktif. Tetapi niatlah yang sebetulnya menjadi hal terpenting ketika ingin melakukan sesuatu hal. Kuatkanlah niatmu dan laksanakan tekadmu.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015