Tips Menjadi Pengusaha Sukses
Tips Menjadi Pengusaha Sukses (Ilustrasi Gambar)

7 Tips yang Perlu Kamu Lakukan Agar Menjadi Pengusaha Sukses

85 views

7 Tips yang Perlu Kamu Lakukan Agar Menjadi Pengusaha Sukses – Untuk menjadi pengusaha memang tak mudah. Butuh kesabaran dan ketelatenan dalam membangun usaha pertama kali. Sebab, usaha atau bisnis yang anda jalankan belum dikenal masyarakat, mereka juga belum tahu keunggulannya serta fasilitas apa yang didapat mereka apabila membeli atau menggunakan barang/ jasa kita.

Yah, saat pertama kali memulai usaha, anda harus memperkenalkan dulu usaha anda kepada masayarakat. Barulah sedikit demi sedikit orang tertarik serta mau berkunjung ke tempat usaha anda. Pastikan pengalaman pertama mereka berkunjung ke tempat anda merasakan kepuasan dan ada keinginan kembali lagi.
Itulah yang dimaksud kesabaran dan ketelatenan saat merintis suatu usaha. Jangan mengeluh di awal, tetapi semangatlah setiap hari berusaha mencari pelanggan sebanyak mungkin. Manfaatkan keluarga, kenalan dan media yang ada dalam memperkenalkan usaha yang anda jalani. Kalau sudah begitu lalu bagaimana lagi ya, untuk menjadi pengusaha sukses? Hal apa saja yang perlu kita lakukan? Mau tahu lebih jelasnya, simak rangkumannya di bawah ini :

7 Tips yang Perlu Kamu Lakukan Agar Menjadi Pengusaha Sukses

Tips Menjadi Pengusaha Sukses
Tips Menjadi Pengusaha Sukses (Ilustrasi Gambar)
  1. Cintai usaha yang sedang anda jalankan saat ini

Yang harus anda lakukan pertama adalah mencintai usaha yang sedang anda jalankan. Jika anda mencintai usaha anda, tentu apapun akan anda lakukan untuknya agar mampu berkembang pesat. Lalu anda juga selalu senang dan semangat setiap saat dalam mengembangkan bisnis. Rasa cinta bisa mengubah perasaan buruk akibat tingkah pelanggan menjadi senyum semangat serta berusaha lebih baik lagi melayani pelanggan.
Namun, ketika anda tidak mencintai usaha anda akan menghalangi kesuksesan. Sebab, apa yang anda lakukan pasti dengan terpaksa tanpa semangat. Rasa kecewa menghampiri saat pengunjung tidak jadi beli, sampai membuat anda malas melayani pengunjung berikutnya. Optimislah di pagi hari sebelum berangkat ke kantor dan tetap pertahankan itu sampai selesai bekerja. Ubahlah kekesalan pelanggan menjadi kritik membangun bagi dirimu agar lebih baik lagi di kemudian hari.

[Baca juga: 7 Rahasia agar Bisnis sukses Ala Pengusaha Tionghoa]

2. Mampu bekerja sama dengan orang lain

Walaupun usaha yang anda jalankan milik sendiri, bukan berarti harus menjalankan bisnis secara sendiri juga. Bekerja samalah dengan orang lain, misalnya bersama tim marketing kenalan anda sehingga usaha anda terkenal di mana-mana, lalu menarik banyak pelanggan yang ingin menggunakan barang atau jasa dari usaha anda tersebut. Menyerahkan marketing produk yang anda tawarkan kepada pihak ahli, justru mempercepat perkembangan usaha anda.

Selain bekerja sama dengan tim marketing, anda juga perlu menjalin hubungan baik bersama distributor produk anda. Jalin komunikasi sebaik mungkin terhadap siapa saja, baik tim pengadaan barang, marketing, jasa pengiriman atau yang lainnya. Sebab, bila terjadi kesalahan komunikasi anda bisa bingung sendiri ketika membutuhkan mereka. Semuanya saling berhubungan untuk membantu anda, kendalikan ego diri ketika menghadapi sedikit konflik dengan orang-orang tersebut.

3. Inovatif dalam memecahkan setiap masalah yang ada

Temukanlah cara inovatif dalam memecahkan setiap masalah yang anda hadapi. Hindari cara kolot untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Prioritaskan kebutuhan anda dalam berbisnis daripada mengungkapkan kekecewaan kepada pihak lain. Pilih solusi terlebih dahulu barulah melakukan komplain halus terhadap mereka yang bersalah. Hindari sikap emosional, karena kamu masih membutuhkan mereka, jangan putus hubungan akibat kemarahan anda.
Misalnya, pihak pendistribusian barang mengalami masalah dengan truk pengirim stok barang pesanan anda. Padahal seharusnya hari ini sudah sampai ke kantor anda, tetapi sampai hari berikutnya truk masih setengah perjalanan karena rusak. Nah, jangan komplain dulu, tawarkan solusi kepada pihak pendistribusian untuk menjemput barang tersebut agar tidak menambah keterlambatan lagi. Setelah memperoleh kesepakatan carilah truk lain untuk menjemput barang anda, sehingga secepatnya sampai di kantor anda dan bisa dijual kepada pelanggan.

4. Pastikan pelanggan puas dan senang terhadap pelayanan anda

Ketika ada pelanggan layanilah sepenuh hati, berikan senyuman, mudahkanlah mereka dalam berbelanja, fasilitasi tempat usaha anda selengkap mungkin, jangan pernah memasang muka menyebalkan kepada pelanggan dan buatlah mereka nyaman berada di tempat anda. Mempertahankan pelanggan merupakan langkah terbaik bagi anda dalam memajukan usaha. Kepuasan pelanggan, mampu membuat mereka promosi yang bisa mendatangkan pelanggan lainnya ke tempat anda. Pokoknya setelah pelanggan mengunjungi tempat anda pastikan dia puas dan ingin kembali lagi.

5. Belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan

Apabila anda melakukan kesalahan entah itu kepada pelanggan ataupun kesalahan strategi bisnis, cepatlah sadar, jangan lakukan kesalahan untuk kedua kalinya. Jika kesalahanmu terhadap pelanggan, tak ada salahnya meminta maaf dan memberinya sesuatu hadiah sebagai pengganti kekecewaannya. Pastikan dia telah memaafkanmu, karena jika tidak dia akan menyebarkan keburukan anda kepada pelanggan lainnya. Efeknya, usaha anda merosot pendapatannya yang disebabkan oleh sepi pengunjung.

[Baca juga: 12 Tips Tepat Membuka Bisnis agar Meraih Sukses]

6. Tanpa ragu, mintalah bantuan kepada yang lebih berpengalaman

Tak usah malu belajar dengan orang lain meski umurnya lebih muda dari anda. Tetapi bila pengalamannya lebih banyak dan pintar dalam mengelola bisnis, tentu sangat bermanfaat. Anda bisa menambah ilmu bisnis darinya dan belajar menguasai bisnis lebih baik lagi. Setiap ada kesepatan untuk belajar, gunakanlah di manapun dan kapanpun itu. Hindari menyombongkan kemampuan diri sendiri, menganggap semua bisa ditangani sendiri.

7. Jaga kualitas produk atau jasa yang anda tawarkan

Selain pelayanan prima untuk mempertahankan pelanggan, anda juga wajib menjaga kualitas produk atau jasa yang anda tawarkan. Dari awal hingga kapanpun kualitasnya harus tetap sama atau lebih bagus. Kualitas itu penting bagi usaha yang anda jalankan, pelanggan akan merasakan perbedaan jika terjadi sesuatu yang tidak sama. Akhirnya mereka memilih mencari tempat lain yang menjual produk kualitas lebih baik dari anda.
Meskipun terdapat kesulitan dalam proses produksi, harganya harus naik, katakanlan sejujurnya kepada pelanggan. Kalau perlu tunjukkan surat kenaikan harga dari pabrik jika ada. Pokoknya beri penjelasan sebaik mungkin sehingga pelanggan mengerti kenaikan harga tersebut. Jangan langsung berikan produk yang kualitasnya lebih rendah tetapi harga sama, biarkan dia memilih.

Demikianlah 7 Tips yang Perlu Kamu Lakukan Agar Menjadi Pengusaha Sukses, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015