Pengusaha yang didambakan karyawannya
Pengusaha yang didambakan karyawannya (Ilustrasi/pixabay.com)

7 Tipe Pengusaha yang Didambakan Para Karyawannya

61 views

Bukan hanya semangat dan kerja keras anda saja yang mempengaruhi keberhasilan dalam bisnis. Tetapi para karyawan anda juga mempunyai peran penting dalam memajukan bisnis anda. Jadi, hubungan dengan para karyawan perlu dibina secara baik. Tidak boleh adanya miss komunikasi antara anda dan karyawan karena dapat menimbulkan konflik pelik dalam bekerja. Karyawan memang butuh gaji anda, tetapi anda juga butuh mereka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan anda. Tentu antara anda dan karyawan saling ketergantungan.

Jangan merendahkan karyawan, ucapkan kata-kata yang baik kepada mereka dan tak segan ucapkan terima kasih pada mereka. Karyawan juga manusia sama seperti anda, perlakukanlah dia dengan baik seperti memperlakukan keluarga anda. Apabila hubungan antara atasan dengan para karyawannya terjalin dengan baik, pasti pekerjaan apapun dapat terselesaikan dengan mudah dan mampu menuai keberhasilan.

Hindari menjadi atasan yang memperlakukan karyawan seenaknya, menyuruh mereka tanpa terima kasih dan menggaji mereka tidak sesuai dengan apa yang dikerjakan. Bayangkanlah jika karywan itu diri anda sendiri, tentu anda tidak suka diperlakukan seperti itu. Hargai para karyawan anda, jaga mereka serta anggaplah mereka sebagai keluarga besar anda. Sehingga karyawan senang, pekerjaan berhasil sempurna dan bisnispun lancar. Jadilah atasan yang sesuai 6 tipe di bawah ini :

7 Tipe Pengusaha yang Didambakan Para Karyawannya

Pengusaha yang didambakan karyawannya
Pengusaha yang didambakan karyawannya (Ilustrasi/pixabay.com)
  1. Atasan yang selalu jujur

Jangan menuntut karyawan anda untuk jujur jikalau anda sendiri tidak bisa jujur kepada mereka. Berilah contoh kepada karyawan untuk selalu mengutamakan kejujuran dalam bekerja. Sebab, karyawan juga memerlukan atasan yang dapat dipercaya serta yang membuat mereka nyaman mengungkapkan segala keluhan yang dihadapi ketika bekerja. Atasan yang jujur dapat dilihat dari caranya menghargai pekerjaan para karyawannya. Bukannya hanya memaki atau menyalahkan apabila terjadi sedikit kekeliruan.

2. Atasan yang mempunyai sikap positif dalam setiap tindakannya

Setiap perusahaan pasti menemui kendala ketika menjalankan bisnisnya walaupun sudah lama berdiri dan beromzet tinggi. Bagi pemimpin yang baik kendala bukan dijadikan ajang untuk menyalahkan kinerja karyawannya, tetapi dia akan mencari solusi atas kendala tersebut. Karyawan sebenarnya takut ketika melakukan kesalahan meski tidak anda ketahui. Jadi, lebih baik bersikap tenang, konsentrasikan pikiran dalam menghadapi masalah dari pada mengeluh atau memaki para karyawan. Karyawan akan lebih menghargai atasan yang bisa memberikan pelajaran dari setiap masalah yang datang.

3. Atasan sebagai pendengar yang baik

Jadikanlah semua karyawan anda merasa dihargai ketika bekerja di perusahaan anda. Caranya adalah dengan mendengarkan pendapatnya, keluhannya dan konfliknya dalam bekerja dengan anda. Kemudian renungkan bersama-sama solusinya dan jangan lepaskan mereka begitu saja. Apalagi jika itu tentang kemajuan perusahaan, tentu anda harus mendengarkan kritik dan saran dari mereka. Karena mereka yang bekerja di lapangan, jadi mereka yang tahu apa sebenarnya yang perlu dilakukan.

Terimalah masukkan dari para karyawan, tak usah gengsi mewujudkan yang disarankan mereka bila memang baik untuk perusahaan. Semakin anda terima saran yang baik dari mereka, semakin mereka berpikir lebih jauh untuk kemajuan perusahaan yang anda bangun. Mereka merasa sarannya yang anda wujudkan tersebut merupakan suatu penghargaan dalam pekerjaannya.

4. Atasan yang pekerja keras

Selain karyawan, anda sebagai atasan juga perlu bekerja keras membangun perusahaan. Bukan hanya senang memerintah dan melimpahkan semua tanggung jawab kepada karyawan saja. Tetapi berikan pekerjaan kepada para karyawan sesuai dengan kapasitasnya dan selebihnya anda yang mengerjakannya. Tetaplah berangkat ke kantor di pagi hari dan pulang di sore hari, sama seperti karyawan anda. Dengan begitu, anda memberi contoh yang baik terhadap para karyawannya. Sehingga karyawan anda akan memiliki rasa pekewuh jika malas ketika bekerja.

5. Menghargai usaha para karyawannya

Menghargai dan mengakui karyawan membuat mereka memilih bertahan di perusahaan anda. Sesekali berilah mereka hadiah atau liburan atau juga bonus saat berhasil dalam melaksanakan misi yang anda tugaskan. Penghargaan kepada karyawan akan memotivasi mereka agar lebih baik lagi dalam melaksanakan pekerjaan. Selain memotivasi karyawan itu sendiri juga membawa karyawan lainnya untuk melakukan hal yang sama.

6. Atasan yang tegas dan penuh simpati

Walau anda atasan yang ramah dan baik hati, tetapi tetaplah menjadi pemimpin yang tegas. Sebab, atasan yang bersikap tegas biasanya adalah pemimpin yang baik bagi para karyawannya. Walau anda lembut terhadap karyawan, namun dalam keadaan tertentu anda juga perlu bersikap tegas. Tunjukkan tegas yang penuh simpati sehingga para karyawan anda tidak takut kepada anda. Meski anda melarang, tetaplah berikan solusi secara halus kepada mereka. Hindari berbicara dengan nada keras dan membentak, bukannya karyawan anda memperbaiki tugasnya, malah membuat mereka kabur.

7. Atasan yang memotivasi karyawan untuk maju

Terkadang ketika karyawan melakukan kesalahan mereka mulai malas dalam bekerja. Karena tipe para karyawan berbeda-beda, maka berusahalah pahami cara pandang mereka. Ceritakan kepada mereka kisah-kisah motivasi supaya mereka bekerja lebih giat lagi. Sebagai atasan anda perlu memotivasi para karyawan supaya memiliki semangat tinggi dalam bekerja.

Perusahaan anda tidak bisa berdiri tanpa kehadiran sebuah tim yang solid. Dalam hal ini karyawanlah tim anda, jadi jagalah mereka supaya mendukung anda untuk memajukan perusahaan. Sebagai atasan jangan merasa bahwa diri anda seorang pemimpin tetapi anggaplah diri anda setara dengan mereka. Sehingga, karyawan anda merasa nyaman ketika berhadapan dengan anda, merasa tidak mempunyai batasan. Menyetarakan jabatan bukan berarti merendahkan diri sendiri, tetapi justru orang sekitar salut terhadap sikap anda dan menghormati anda. Jadilah atasan yang didambakan para karyawannya bukan atasan yang disegani para karyawan.

Demikianlah 7 Tipe Pengusaha yang Didambakan Para Karyawannya, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- jelaskan ketergantungan atau bagaimanaketergantungan melawan nelayan buruh terhadap bos atau juragan yng menjadi patuhnya oleh nelayankota ternate

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015