Penyebab runtuhnya keuangan pribadi
Penyebab runtuhnya keuangan pribadi (Ilustrasi)

7 Tanda Anda Meruntuhkan Keuangan Sendiri

19 views

7 Tanda Anda Meruntuhkan Keuangan Sendiri – Katanya, dengan dapat mengatur keuangan dengan baik menunjukkan seseorang telah dewasa. Terus terang, saya sendiri, di usia yang ke-40, belum bisa mengatur keuangan dengan baik. Buktinya, masih biasa mengeluh kehabisan uang 🙂 Perencanaan keuangan dengan baik memang mudah diucapkan, tapi sulit dilakukan. Tapi, tahukah Anda bahwa perencanaan keuangan itu juga sulit meskipun Anda memiliki pendapatan yang ekstra setiap bulan?

Tindakan meruntuhkan keuangan sendiri dalam keuangan bukanlah yang terjadi secara instan. Namun, hal itu dilakukan ketika Anda memiliki banyak waktu. Sayangnya, kondisi ini tidak dipahami dan terjadi secara terus-menerus,

Dikutip dari Lifehack, Senin (24/8/2015), berikut kesalahan yang umum dilakukan dan menyebabkan Anda runtuh dalam keuangan:

7 Tanda Anda Meruntuhkan Keuangan Sendiri

Penyebab runtuhnya keuangan pribadi
Penyebab runtuhnya keuangan pribadi (Ilustrasi)

1. Memutuskan untuk punya anak tapi keuangan belum stabil

Jika Anda ingin membesarkan anak-anak dengan baik, Anda mesti memiliki keuangan yang stabil dan pengaturan waktu yang baik. Tanpa keadaan keuangan yang baik, Anda akan menjadi teladan yang buruk bagi anak Anda.

Anda harus mampu menyediakan dana untuk perawatan kesehatan, makan lezat dan sehat, serta biaya pendidikan dan sebagainya yang tidak murah. Maka untuk berkeluarga, Anda harus memprioritaskan karir dan menggunakannya untuk mengejar kestabilan keuangan.

Komentar redaksi: Tapi jangan karena keuangan Anda tidak stabil, lantas Anda tidak mau punya anak. Kalau begitu terus, kapan Anda mau punya anak? Bisa-bisa keburu tua bro……

2. Bergantung dengan orang lain

Anda memiliki teman dan keluarga yang siap membantu, namun itu bukanlah cara untuk hidup. Pada waktunya mereka tidak akan memberikan toleransi atas ketidakmampuan Anda. Cepat atau lambat hubungan Anda dengan mereka akan menjadi buruk jika Anda tidak memulai dengan sesuatu yang produktif.

Komentar redaksi: Hampir sepuluh tahun lamanya saya selalu hidup dengan menempel pada orang tua. Meskipun alasan awalnya saya punya niat untuk membantu orang tua, sambil membuka bisnis sendiri. Tapi kenyataannya, setelah bisnis orang tua lengser dan tak mampu bersaing dengan mini market, lambat laun, bisnis saya juga ambruk. Saya baru menyesal tidak dari dulu membangun usaha sendiri, dan tinggal di rumah sendiri agar otak ini terbuka untuk berbisnis.

3. Meminjam Uang untuk Bayar Utang

Terlepas dari kondisi keuangan yang sulit, jangan sampai Anda memutuskan untuk membayar utang dengan beralih ke pinjaman lain. Ini memang terlihat sebagai solusi yang mudah tapi akan menguras keuangan dengan lebih cepat.

4. Mengandalkan pinjaman uang dari bank

Bentuk lain dari tidak tanggungjawab dalam keuangan ialah bertumpu pada kredit perbankan. Anda mesti memahami jika masa depan tidak dapat diprediksi dan akhirnya membuat Anda tidak berdaya.

Untuk menghindari masalah tersebut, Anda mesti hidup lebih sederhana. Kemudian fokus untuk anggaran yang seimbang serta mengupayakan dapat tambahan seperti meminta uang kompensasi ke perusahaan jika ada pekerjaan lebih.

5. Sering berj*di

Perj*dian adalah tindakan yang membuat Anda ketagihan atau aditif. Ketika Anda memiliki uang lebih, Anda akan melimpahkannya untuk j*di guna mencari pendapatan lebih. Masalahnya, menang dalam perj*dian merupakan hal yang mustahil dan justru membuatnya akan kehilangan kontrol.

Lebih baik menaruh uang Anda dalam bentuk tabungan sebagai investasi. Dengan begitu, secara bertahap uang yang dimiliki akan terus tumbuh.

6. Ceroboh dengan peralatan kantor

Pastikan peralatan kantor berfungsi dengan baik, jika tidak maka hal tersebut akan disayangkan karena menjadi bagian dari meruntuhkan keuangan sendiri.

Komputer perlu dipertahankan dan berfungsi dengan baik. Printer kantor tidak bertahan selamanya dan Anda perlu tahu kapan untuk diganti.

7. Salah memilih tempat tinggal

Tinggal di lokasi yang tidak terjangkau, atau lokasi yang tidak sesuai merupakan salah satu penyebab runtuhnya keuangan pribadi. Jika Anda bolak-balik dalam sehari untuk bekerja maka Anda akan mengalami masalah anggaran.

Masalah lain ialah ketika Anda membeli rumah yang mahal tanpa dukungan yang cukup. Gaya hidup yang mahal juga akan jadi bagian yang merepotkan Anda. (sumber: Liputan6.com)

Demikianlah 7 Tanda Anda Meruntuhkan Keuangan Sendiri, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Gallery for 7 Tanda Anda Meruntuhkan Keuangan Sendiri

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015