Rahasia Agar Bisnis Sukses Ala Pengusaha Tionghoa
Rahasia Agar Bisnis Sukses Ala Pengusaha Tionghoa (Gambar Ilustrasi)

7 Rahasia Agar Bisnis Sukses Ala Pengusaha Tionghoa

1,333 views

7 Rahasia Agar Bisnis Sukses Ala Pengusaha Tionghoa – Bagi sebagian orang, dalam merintis bisnis sangatlah susah, diperlukan ketrampilan dan ketelatenan dalam membangunnya. Tapi, jika kita melihat orang Tionghoa terasa berbeda, sepertinya mudah sekali membuat bisnisnya laris manis di pasaran. Untungnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan sampai mampu mempunyai barang mewah. Memang di daerah atau kota mana saja di seluruh Indonesia pengusaha Tionghoa tidak diragukan lagi dalam berbisnis. Mereka seperti mempunyai cara tersendiri untuk membuat bisnisnya berjalan dengan lancar dan sukses.

Pengusaha Tionghoa umumnya memiliki bisnis yang mampu bertahan hingga beberapa turunan. Anehnya juga mereka mempunyai banyak karyawan tetapi tetap dipekerjakan meski keadaan bisnisnya sedang sepi. Menurut mereka setiap karyawan membawa rezeki sendiri-sendiri, jadi untuk apa dipecat. Toh, kasihan pasti Tuhan menurunkan rezeki sehingga dapat membayar para karyawan. Iri kan melihat kesuksesan para pengusaha Tionghoa? Walaupun usahanya kecil namun, mereka bisa meraup keuntungan besar.

Baca juga: 5 Tips Usaha Sukses bagi Pebisnis Pemula

Mau mengikuti langkah sukses para pengusaha Tionghoa, perhatikan dan terapkan sistem yang kami rangkum di bawah ini :

7 Rahasia Agar Bisnis Sukses Ala Pengusaha Tionghoa

Rahasia Agar Bisnis Sukses Ala Pengusaha Tionghoa
Rahasia Agar Bisnis Sukses Ala Pengusaha Tionghoa (Gambar Ilustrasi)

Melibatkan keluarga sedini mungkin

Sejak awal memulai bisnis, para pengusaha Tionghoa melibatkan keluarganya untuk bersama-sama membangun bisnis tersebut. Ketika sang Ayah membuka sebuah konter gadget, maka anak beserta istrinya disuruh ikut melayani pembeli. Dengan begitu saat anak-anaknya tumbuh dewasa sudah menguasai tata cara berbisnis dengan baik. Setelah dewasa anak-anaknya pun mampu mendirikan usaha yang sama atau lainnya.
Selagi kecil mereka belajar melayani pelanggan, mengetahui cara merayu pembeli, melihat pengelolaan keuangan, dan lain-lain tentang berbinis. Ketika sudah dewasa mereka mulai melangkah pasti mewujudkan bisnis sesuai keinginannya. Itulah pengusaha Tionghoa bukannya pelit, tetapi merupakan langkahnya melatih bisnis kepada keluarganya. Bukan seperti kebanyakan dari kita selagi anak masih kecil bisnis sukses, anak dimanjakan, dibelika semaunya tetapi saat sudah dewasa dia tak tahu langkah yang harus diambil dalam menghasilkan uang.

Menjalankan administrasi dan pembukuan secara teliti

Jarang kan toko yang dikelola pengusaha Tionghoa mengalami kehabisan stok barang dagangan? Selain ada halangan pengiriman barang atau yang lainnya. Karena mereka menjalankan sistem administrasi pengadaan barang yang baik. Mereka selalu mencatat keluar masuknya barang dagangan secara teliti dan sebelum habis sudah melakukan pemesanan ke supplier.

Sedangkan untuk pengelolaan keuangan, pengusaha Tionghoa membuat pembukuan setiap kali bertransaksi. Mereka mencatat keluar masuknya uang baik untuk keperluan bisnis maupun kebutuhan pribadi. Pengusaha Tionghoa juga disiplin dalam pengurusan uang dengan suplier, mereka jarang berhutang atau kalau bisa dibayar lunas sekalian.

Baca juga: 3 Jalan Menuju Kesuksesan Berbisnis

Berani mengambil resiko

Keyakinan pengusaha Tionghoa bahwa selalu terdapat kesempatan pada setiap rintangan, mengukuhkan tekad berani mereka dalam mengambil resiko. Mereka tak peduli ada badai lagi, asalkan tetap semangat, berusaha dan percaya terhadap Tuhan kesulitan mampu teratasi dengan baik. Kata gagal sudah dibuang jauh dari benak pikiran para pengusaha Tionghoa. Setiap kali jatuh harus bisa bangun kembali, jangan hanya diam diri saja. Hidup terus berjalan dan perubahan sedang menunggumu. Itulah yang dipikirkan para pengusaha Tionghoa, kalau mau seperti mereka ikuti semboyan tersebut.

20% dipakai untuk kebutuhan hidup

Sebelum bisnisnya berjalan lancar atau sukses mereka lebih berhati-hati dalam mengatur uang. Pengusaha Tionghoa membiasakan hidup sederhana, meskipun penghasilan sedang besar, mereka tetap memakai uang dalam jumlah yang sama untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pada umumnya mereka memotong 20% dari penghasilan tiap bulannya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, penghasilannya Rp 15 juta, maka yang digunakan hanya Rp 3 juta. Kemudian sisanya mereka tabung atau investasikan supaya bisnis lebih berkembang.

Baca juga: 12 Tips Tepat Membuka Bisnis Agar Meraih Sukses

Survei pasar dan belajar

Pengusaha Tionghoa menghilangkan rasa malunya, demi meraih kesuksesan dalam bisnis. Mereka rela berjalan menyusuri pasar melihat sendiri situasi jual-beli melakukan survei, tanpa segan mereka juga bertanya kepada pengusaha lain. Mereka berupaya menggali informasi selengkap mungkin tentang cara berbisnis, lalu mempelajarinya dan mempraktekan yang sesuai dengan cara berpikir mereka. Belajar dari orang lain bukanlah hal yang memalukan tetapi sebaliknya akan berguna serta menambah wawasan dalam berbisnis. Pengusaha Tionghoa tidak gengsi dalam belajar, sehingga ilmu bisnisnya banyak, akibatnya bisnis semakin lancar.

Memberikan pelayanan terbaik bagi para calon pembeli atau pelanggan

Kebanyakan orang Tionghoa di depan toko selalu menyapa calon pembeli dengan senyuman ramah. Mereka juga sering menyesuaikan diri terhadap lingkungan pasarnya untuk menarik perhatian pembeli, misalnya dia berada di Kota Solo, mereka akan menyapa atau berbicara dengan pembeli menggunakan bahasa Jawa.
Selain itu, pengusaha Tionghoa tak malas menjelaskan spesifikasi barang yang akan dibeli pengunjung. Mereka juga menyempatkan diri menjawab pertanyaan setiap calon pembeli dan masih banyak lagi pelayanan prima yang diberikan pengusaha Tionghoa. Nah, pelayanan seperti ini memang disukai konsumen. Siapapun pemilik tokonya, asalkan nyaman di sana pasti disebu banyak pelanggan.

Mampu memelihara relasi

Pengusaha Tionghoa dikenal pintar dalam menjaga hubungan terhadap para rekan bisnisnya maupun pelanggan. Hal sederhana yang kerap kali dilakukan pengusaha Tionghoa yaitu memberikan diskon atau hadiah tertentu kepada pelanggan yang telah lama setia dengannya. Walaupun sedikit diskon atau tak seberapa hadiah yang diberikan tetapi cukup berkesan bagi pelanggannya, yang juga membuat pelanggan selalu ingin datang kembali. Para pengusaha Tionghoa biasanya memanfaatkan moment hari raya ketika membagi-bagikan hadiahnya.

Sebenarnya apabila kita mau meniru langkah pengusaha Tionghoa di atas kesuksesan bukan hal yang tidak mungkin diraih. Tinggal bagaimana kita menerapkan diri kita dalam kehidupan ini. Jangan gengsi, ragu, mudah mengeluh, gampang capek ketika memulai bisnis. Hapuslah semua itu dari pikiranmu ganti dengan semangat yang besar dan keyakinan kuat dapat sukses.

Demikianlah 7 Rahasia Agar Bisnis Sukses Ala Pengusaha Tionghoa, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- agar usahanya lancar sukses - tips agar bisnis lancar - tips agar bisnis berjalan lancar - tip bisnis lancar - sukses dan lancar - orang chinese usaha lancar - cara bisnisss lancar - cara bisnis atau usaha supaya lancar - cara agar usaha lancar dan sukses - trik biar untung tipis lancar

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015