Peluang bisnis modal 500 ribu
Peluang bisnis modal 500 ribu (Ilustrasi/pixabay)

7 Peluang Usaha yang Bermodalkan 500 ribu Rupiah Saja

31,169 views

Semakin hari semakin sulit mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi yang single mungkin hal ini masih bisa cukup, tetapi bagi yang sudah berkeluarga tentu sangat sulit dalam membagi-bagi uang hasil kerja. Tidak cukup hanya mengandalkan penghasilan suami saja, tetapi untuk bisa memenuhi semua keperluan keluarga butuh dana tambahan. Keadaan ini tentu membuat masyarakat menengah ke bawah memutar otak supaya bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga. Baca juga: 3 Langkah dan Cara Menciptakan Peluang Usaha di Tengah Banyaknya PHK.

Jika ingin membuka bisnis akan banyak uang dikeluarkan, dari mana sumber modalnya? Untuk kebutuhan saja masih hutang, masak harus hutang lagi untuk modal? Bukannya malah tambah menyengsarakan hidup nantinya. Namun, apabila anda amati lagi ternyata ada peluang usaha yang menggunakan modal kecil untuk menjalankannya. Dan nampaknya usaha tersebut lebih menguntungkan bila dibandingkan bisnis yang bermodal besar. Hanya dengan 500 ribu rupiah saja, anda bisa menjalankan usaha dan mendapatkan tambahan penghasilan keluarga.
Asalkan rajin dan pantang menyerah, anda pasti bisa mengelola usaha tersebut dengan baik. Setelah usaha tersebut berjalan, tentu kehidupan anda bisa lebih meningkat dari pada sebelumnya. Inilah 7 peluang usaha tersebut, yaitu :

7 Peluang Usaha yang Bermodalkan 500 ribu Rupiah Saja

Peluang bisnis modal 500 ribu
Peluang bisnis modal 500 ribu (Ilustrasi/pixabay)
  1. Membuka warung kopi

Banyak orang yang suka minum kopi dan ngobrol dengan teman-temannya. Bagi anda yang kreatif jadikan hal ini sebagai keuntungan. Dengan modal 500 ribu, belilah tenda atau manfaatkan halaman rumah jika lokasinya tepat untuk usaha. Bila lokasinya dirasa kurang tepat, dirikan tenda di depan toko yang posisinya ramai dan mudah dijangkau. Mintalah ijin kepada pemilik toko bahwa anda akan berjualan setelah toko tutup dan selalu bersihkan halaman toko setelah selesai berjualan. Kemudian belilah bermacam jenis kopi, bahan untuk membuat gorengan, dan makanan ringan lainnya. Jangan lupa sediakan pula nasi beserta lauk pauknya. Risikonya mungkin ada sisa makanan yang tidak terjual tetapi usahakan untuk memberikan kepada tetangga atau dimakan sendiri, hindari memanasi makanan dan dijual besoknya lagi. Sebab, akan mempengaruhi minat konsumen anda.

2. Jualan pulsa elektrik

Jaman sekarang semua orang mempunyai handphone, tidak hanya orang dewasa, tetapi kalangan remaja dan anak-anak sudah mempunyai handphone untuk berkomunikasi. Selain pulsa, biasanya saldonya dapat untuk mengisi pulsa listrik, internet, dan pembayaran lainnya. Banyak produk yang ditawarkan hanya dengan mendaftar satu chip saja. 500 ribu sudah banyak untuk modal pulsa, anda bisa berjualan pulsa keliling atau membuat banner kecil untuk jualan di rumah.

3. Jualan gorengan dan sosis

Siapa saja butuh cemilan untuk menemaninya dalam bekerja atau belajar. Apalagi di saat hujan cemilan sangat dibutuhkan untuk mengisi perut dikala lapar. Manfaatkanlah sedikit dari halaman depan rumah anda untuk berjualan sosis dan aneka gorengan. Jadi bukan hanya orang dewasa saja yang minat, anak-anak juga pasti ingin membeli sosis yang anda jual. Atau bisa anda membuat gerobak yang mampu untuk berjualan keliling sosis dan aneka gorengan. Tentu pelanggan anda lebih banyak walau capek berkeliling. Semuanya memang perlu pengorbanan, semakin besar pengorbanan yang didedikasikan, maka semakin besar pula hasil yang didapat.

4. Menjual dan menerima pesanan kue

Apabila anda mempunyai keahlian membuat kue dan senang ketika membuatnya. Jadikanlah hobi tersebut sebagai sumber penghasilan. Buatlah beberapa kue lalu setorkan ke pasar terdekat dengan menitipkan kepada pedagang-pedagang penjual kue atau ke kantin sekolah maupun kantor. Kemudian bisa juga menjual kuenya di rumah dan promosikanlah bahwa anda siap menerima pesanan. Memang untuk menjalankan usaha ini anda harus membeli oven pemanggang roti, tetapi beli yang tradisional saja harganya murah. Sehingga, 500 ribu sudah cukup untuk modal anda membeli bahan kue dan juga alat yang digunakan. Untuk memulai usaha, sebaiknya anda mengelola uang dengan seirit-iritnya. Alat-alat modern dapat anda beli setelah usaha sukses dan berjalan lancar. Jadi, bersabar dan berusaha kuncinya.

5. Menulis blog

Hingga sekarang banyak sekali blog-blog bermunculan. Berbagai tema dibahas di sana, mulai dari tempat wisata, kesehatan, politik, budaya dan lainnya. Dengan memanfaatkan pengolahan kata-kata dan gerakan jari-jari ke keyboard anda sudah bisa mendapatkan uang dari hal itu. Anda bisa membuat blog sendiri lalu mendaftarkan sebagai publisher di Google Adsense, kemudian pasang iklannya, buatlah trik agar banyak pengunjung dan terima penghasilannya. Atau bisa juga jadi kontributor penulis di blog orang lain, honornya tentu mampu menyenangkan anda. menulis blog merupakan salah satu dari 24 hobi yang bisa jadi bisnis.

6. Menjadi endorser

Tahu kan istilah celeb-gram, dialah pengguna instagram yang mempunyai ribuan bahkan ratusan ribu follower. Celeb-gram ini yang disebut endorser, tidak hanya artis, tetapi dialah yang mempunyai banyak follower di instagram. Secara rutin, endorser akan mendapatkan kiriman produk atau barang dari para penjual yang nantinya diiklankan pada instagram mereka. Buatlah promosi bagi pemula, kalau bisa jangan meminta bayaran atas jasa anda tersebut, tetapi untuk yang berskala besar, pasanglah tarif untuk sekali posting. Modalnya bukalah akun instagram dan usahakan membuat instagram anda banjir folower.

7. Membuka toko online dengan sistem drophipper

Walau toko online menjamur, namun peluang usaha ini begitu menjanjikan hasilnya. Dengan sistem dropship anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menjual produk ke konsumen. Anda hanya perlu mempunyai toko online yang bisa anda buat sendiri atau minta bantuan ke ahlinya. Lalu berusahalah mencari banyak konsumen lewat promosi media sosial ataupun dari mulut ke mulut. Masalah yang akan terjadi adalah sulit membuat konsumen dapat percaya kepada anda, sebab saat ini marak penipuan di toko online. Untuk itu ciptakan citra positif pada toko online anda, cantumkan kometar dari para konsumen yang telah membeli dari anda. Membuka toko online merupakan salah satu dari 10 Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa.

Demikianlah 7 Peluang Usaha yang Bermodalkan 500 ribu Rupiah Saja, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- jualan apa ya - jualan sosis di rumah - jualan apa ya dirumah - memutar uang 500 ribu - jualan keliling yang menguntungkan - jualan di rumah - usaha keliling yang menjanjikan - jualan apa - jualan dirumah - jualan apa ya?
Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015