Pekerjaan sampingan di waktu luang
Pekerjaan sampingan di waktu luang (Ilustrasi/pixabay)

7 Pekerjaan Sampingan untuk waktu luang anda

151 views

Jika anda ibu rumah tangga, mahasiswa, pensiunan atau bahkan pelajar sekalipun seringkali bingung apakah sebenarnya yang menjadi prioritas anda di kala waktu senggang anda mulai bermunculan, apakah anda akan menjadi karyawan yang tentunya sangat menguras waktu terbaik anda, ataukah anda akan menjadi seorang pengangguran saja yang hanya berdiam diri dan pasrah akan keadaan.

[Baca juga: 6 Macam Pekerjaan Freelance Paling populer]

Pada tema kali ini penulis akan menjelaskan beberapa profesi atau pekerjaan yang cocok untuk anda dan tentunya tidak banyak menyita waktu luang anda atau bahkan waktu sibuk anda. Berikut 7 pekerjaan sampingan yang cocok untuk waktu luang anda.

7 Pekerjaan Sampingan untuk waktu luang

Pekerjaan sampingan di waktu luang
Pekerjaan sampingan di waktu luang (Ilustrasi/pixabay)
  1. Freelancer / Penulis lepas.

Dalam poin kali ini tentunya anda diwajibkan mempunyai sedikit bakat menulis, karena jika anda sudah banyak mempunyai bakat menulis tentunya anda sudah menjadi penulis professional. Dalam poin kali ini ada berbagai macam pekerjaan penulis online seperti halnya menulis artikel SEO untuk blog, baik anda sendiri ataupun blog orang lain, jika anda mempunyai blog sendiri dan mempunyai pengunjung yang signifikan maka tidak heran jika nantinya blog yang anda buat akan memiliki banyak pengunjung yang akan menghasilkan rupiah di pundi-pundi tabungan anda.

Selain itu, jika anda tidak memiliki keahlian membuat blog maka anda jangan bersedih karena anda akan tetap bisa menulis untuk blog orang lain dan tentunya tulisan anda akan dibayar per artikelnya, coba anda searching saja di google maka akan banyak pekerjaan tentang menulis artikel SEO blog untuk blog orang lain.

2. Online shop.

Dalam era globalisasi tentunya anda akan mengenal berbagai macam gadget seperti BBM, android, IOS dan lain –lain . Gadget itulah yang kemudian harus anda manfaatkan tanpa anda mengeluarkan modalpun. Bisnis online shop kini sudah bisa anda jalankan karena hanya bermodalkan gadget anda sudah bisa menjadi reseller sebuah online shop dan tentunya dengan keuntungan yang menjanjikan. Akan tetapi jika anda masih kurang puas dengan keuntungan online shop tersebut anda sebaiknya mempunyai website, dan dagangan atau produk sendiri dan kemudian resellerkan atau jual lagi kepada orang lain sehingga produk anda cepat terjual dan tentunya online shop ini tidak akan menyita waktu anda dan sangat menjanjikan keuntungannya apabila bisnis ini anda tekuni.

3. Penerjemah.

Penerjemah atau translator pada zaman sekarang bukanlah hal yang biasa, genjotan pendapatan ekonomi pariwisata dan juga masuknya berbagai macam investor yang masuk ke negara Indonesia tentunya membuat peluang menjadi penerjemah di waktu senggang anda menjadi hal yang menjanjikan. Tentunya dengan dukungan soft skill anda menguasai bahasa asing yang akan memudahkan anda untuk menerima atau mendapatkan pekerjaan tersebut yang tentunya sangat menjanjikan.
Bahkan, penerjemah juga bisa anda lakukan via online dengan menjadi penerjemah buku, penerjemah artikel, dan lain sebagainya namun diperlukan teknik dan penguasaan bahasa asing yang lebih tinggi tingkatannya.

4. Agen Asuransi.

Menjadi agen asuransi adalah sebuah pilihan yang tepat jika anda sering berinteraksi dengan orang banyak, tanpa anda mengeluarkan modal, produk asuransi bisa anda jual dimana dan kapan saja tanpa target yang mesti anda penuhi setiap bulannya karena asuransi justru tidak terikat dan tentunya keuntungannya ada yang 20% – 30% dari nilai closing setiap produknya.

5. Surveyor lembaga survey.

Pengertian Surveyor sendiri sebenarnya adalah seseorang yang melakukan pemeriksaan atau mengawasi dan mengamati suatu pekerjaan lainnya. Dalam dunia kerja istilah Surveyor kebanyakan menjurus pada dunia lapangan yg nantinya menjadi objek utama dalam hal menjalankan tugasnya.

Surveyor kadang identik dengan dunia ke-proyek-an, tapi semakin jaman berkembang semakin berkembang pula kata surveyor ditempatkan semisal di dunia “Leasing” dan perusahaan-perusahaan jasa lainnya, bisa perusahaan Asuransi dan lain-lain. Namun perlu diketahui sebelumnya Tugas surveyor sama saja “mata” bagi perusahaan itu sendiri sebagai bagian yang melihat obyek sasaran kerja.

Pendidikan yang diutamakan biasanya D3-S1, namun tidak metutup kemungkinan level SMA juga ada peluang.

Beberapa lembaga survey yang pernah ada justru tidak mementingkan tingkat pendidikan surveyornya, akan tetapi hasil dari pekerjaannya dengan sistem recruitmen kepercayaan. Lowongan surveyor sebenarnya agak tertutup akan tetapi banyak survey yang dibuka lowongannya secara online bahkan ada survey online yang banyak kita temui di era globalisasi ini.

6. Pelatih.

Pekerjaan ini adalah sebuah pekerjaan yang cocok untuk anda yang mempunyai soft skill dan sering sekali pekerjaan ini sangat menghasilkan uang yang lebih dari apa yang anda bayangkan. Pekerjaan ini dituntut mempunyai keahlian tertentu misalnya saja menjadi pelatih marching band di sekolah, dituntut menguasai ilmu marching band dasar. Menjadi pelatih sepakbola atau SSB dituntut mempunyai lisensi pelatih tahap awal atau menjadi pelatih dan wasit basket juga harus mempunyai lisensi tersendiri.

Selain itu bakat yang bisa anda jadikan profesi misalnya menari, sebagai guru dance dan membuka sanggar, menjadi make up artis atau model lokal tanpa harus mempunyai lisensi khusus.

7. Guru Privat.

Poin kali ini lebih condong untuk menjadi guru mata pelajaran yang sering sekali kita dapati bahwa banyak keluarga yang ingin anaknya pintar, menjadi guru les privat yang datang ke rumah muridnya ataupun menjadi guru les di rumah dengan mendatangkan murid. Hal ini tidak akan menyita waktu anda karena hanya menyisihkan beberapa jam dari 24 jam waktu anda dalam sehari.

Demikianlah 7 Pekerjaan Sampingan untuk waktu luang anda, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Kontributor Infoidebisnis.com Banyuwangi