Orang yang tak pantas dijadikan rekan bisnis
Orang yang tak pantas dijadikan rekan bisnis (Ilustrasi/pixabay)

7 Orang yang Tak Pantas Dijadikan Rekan Bisnis

76 views

Tidak semua orang di sekitar anda mempunyai sifat dan sikap baik terhadap anda. Terkadang mereka selalu merespon negatif apa yang anda lakukan, bahkan ada juga yang ingin menghancurkan anda secara perlahan. Untuk melancarkan niatnya, biasanya mereka akan menjadi musuh dalam selimut, di depan anda mereka berbuat baik tapi di belakang anda mereka berusaha menjatuhkan anda.

Apalagi dalam dunia bisnis kita harus selalu berhati-hati terhadap orang yang mengelilingi. Bukan hanya orang yang baru dikenal saja dapat menjadi musuh, tetapi orang yang sudah lama pun bisa menjadi penghalang terbesar dalam kesuksesan anda. Sebagai pebisnis, sebaiknya kita juga perlu belajar membaca watak seseorang agar tak mudah mendapatkan pengkhianatan. Tidak semua orang yang anda perlakukan dengan baik akan berbuat sama terhadap anda.

Berpikir positif kepada orang lain memang harus ditanamkan tetapi, sikap waspada juga wajib dimiliki. Entah bagaimana menghadapi seseorang yang selalu berbuat buruk terhadap diri kita, apakah dengan menghindari mereka atau dengan perlakuan lainnya. Tapi yang jelas cukup membingungkan, sebab belum tentu di saat mereka berbuat buruk kita dapat menahan emosi.

Di bawah ini 7 orang yang tak pantas dijadikan rekan bisnis, adalah sebagai berikut :

7 Orang yang Tak Pantas Dijadikan Rekan Bisnis

Orang yang tak pantas dijadikan rekan bisnis
Orang yang tak pantas dijadikan rekan bisnis (Ilustrasi/pixabay)
  1. Mereka yang berkata bahwa anda hanya mempunyai satu pilihan

Dalam memulai bisnis, anda tidak boleh menganggap bahwa hanya ada satu pilihan saja. Padahal di luar sana tersedia berbagai macam peluang bisnis yang bisa anda pilih sesuai dengan minat anda. Apabila anda bertemu dengan seseorang yang menawarkan bisnis kepada anda dan berkata bahwa anda hanya mempunyai satu pilihan, lebih baik mundur saja dari tawaran tersebut. Bertemanlah dengan seseorang yang menawarkan banyak peluang bisnis kepada anda, yang mampu membuka pikiran anda terhadap bisnis.

2. Mereka yang selalu berusaha meyakinkan anda dapat sukses bila bersama mereka

Untuk sukses anda tidak perlu bergantung kepada orang lain. Orang-orang positif dan jaringan di sekitar lingkup bisnis anda merupakan penguat ketika melakukan usaha. Buanglah pandangan kalau anda sangat membutuhkan orang lain agar bisa sukses. Apabila anda memaksakan diri, sama saja anda membuka pintu bagi orang lain sehingga bisa memanfaatkan anda untuk kepentingan pribadi mereka. Mereka akan berpura-pura baik kepada anda, selalu mendukung langkah anda, namun diam-diam mereka merencanakan sesuatu yang nantinya menguntungkan mereka.

Waspadalah terhadap orang yang selalu berusaha untuk dekat dengan anda, apalagi dekatnya secara tiba-tiba. Mereka akan membuat anda merasa tidak mampu berbuat sesuatu sendiri. Bila ada seseorang yang menarik dukungannya terhadap anda, kecuali anda melakukan sesuatu hal yang dimintanya, lebih baik segera tinggalkan orang tersebut.

3. Mereka yang memanfaatkan belas kasih anda

Jangan berteman dengan mereka yang memanfaatkan kasih sayang anda. Mungkin anda kasihan dengannya karena dirinya tak seberuntung anda. Atau anda kasihan terhadapnya karena kesalahan yang pernah anda perbuat padanya atau mungkin anda mengasihinya karena sebab lain. Walau anda sangat menyayangi seseorang itu, tetapi anda tidak mempunyai tanggung jawab sepenuhnya atas kebahagiaannya.

Selama ini anda merasa mereka pantas mendapatkan kasih sayang dan pengorbanan anda. Namun, sebenarnya tidak, bisa saja mereka mempermainkan anda agar selalu berbuat baik kepada mereka. Selain keluarga, orang-orang lainnya perlu anda tandai kuning ketika menerima bantuan anda. Terkadang mereka malas sehingga sulit sukses, makanya perlu bergantung kepada anda.

4. Mereka yang selalu mengingatkan kekurangan diri anda dan kesalahan di masa lalu

Setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan, siapapun dia tak mengenal jabatan, kasta ataupun ulama sekalipun. Setiap orang juga mengalami kegagalan dalam hidupnya, banyak orang sukses yang awalnya dia selalu gagal. Begitu juga dengan anda, kesalahan, kegagalan serta kekurangan diri bukanlah penghalang untuk meraih kesuksesan. Tetapi sebagai motivasi dan pelajaran berharga dalam usaha untuk sukses.

Hindari mereka yang mengingatkan kesalahan dan kekurangan anda, sebetulnya mereka iri terhadap diri anda. Mereka ingin mental anda mengerut dan tidak dapat melanjutkan bisnis lagi. Mereka berusaha membuat anda takut terhadap risiko yang dihadapi dan ini tentu menghambat kemajuan bisnis anda. Untuk itu, tetaplah percaya kepada diri sendiri untuk selalu bisa dan harus bisa meraih cita.

5. Mereka yang iri terhadap prestasi anda

Orang merasa iri atau cemburu karena prestasi orang lain itu manusiawi. Tetapi jika mereka mengolok-olong tentang prestasi orang lain, berarti sudah keterlaluan. Sebab, orang yang sikapnya dewasa, tentu mengapresiasi prestasi yang diraih orang lain secara bahagia dan mengucapkan selamat atas keberhasilannya itu. Namun orang yang iri akan prestasi orang lain, justru malah menghina, marah, serta mengucapkan orang itu tak pantas mendapatkannya. Hindarilah teman yang iri terhadap prestasi anda, karena mereka bisa berupaya menghancurkan anda secara perlahan.

6. Mereka yang mengubah diri anda jadi lebih buruk daripada sebelumnya

Sebelum memutuskan untuk bergabung di sebuah lingkungan pertemanan, sebaiknya anda pikirkan dulu tentang baik buruknya bagi diri sendiri. Tidak semua rekan kerja membawa sisi positif kepada anda, kadang mereka menanamkan hal buruk bagi anda. hindari dia yang senang memerintah, posesif, ataupun dia yang ingin membajak kepribadian diri anda. Ketika anda telah merasa banyak bertindak bodoh dalam aktivitas sehari-hari dan itu bukanlah yang biasa anda lakukan, maka menjauhlah dari lingkungan tersebut. Jadilah diri sendiri, terutama saat mulai berbisnis.

7. Diri anda sendiri (yang mempunyai pola pikir dan kebiasaan merusak bisnis)

Bukan saja orang lain yang menjadi penghalang anda ketika memulai bisnis dan meraih kesuksesan. Tetapi, diri anda sendiri bisa menghacurkan semua yang anda impikan. Yaitu anda yang mempunyai pola pikir selalu takut, minder, kurang percaya diri, dan lainnya yang buruk untuk bisnis. Atau kebiasaan anda yang boros, malas, kurang disiplin mampu menjadi penghalang besar diri anda untuk sukses.

Mulai sekarang latihlah diri anda supaya lebih berani saat mengambil risiko, mampu bersosialisasi dengan orang sekitar dan juga selalu percaya diri ketika melakukan sesuatu. Berusahalah membuat diri anda untuk berhemat, rajin dan disiplin waktu. Hal itu sangatlah diperlukan ketika anda memulai bisnis. Jadilah pribadi yang tangguh dan tahan banting, bisnis bukan hal yang mudah ditaklukkan, tetapi apabila mau berusaha semuanya pasti berhasil.

Demikianlah 7 Orang yang Tak Pantas Dijadikan Rekan Bisnis, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- Partner bisnis ya
Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015