Keuntungan kantor bisnis di luar ruangan
Keuntungan kantor bisnis di luar ruangan (Ilustrasi/pixabay)

7 Keuntungan Kantor Bisnis di Luar Ruangan

14 views

Bisnis di jaman ini sudah memungkinkan untuk dilakukan di segala tempat baik itu di rumah, kantor, kafe, maupun di taman sekalipun. Namun beberapa fakta telah membuktikan bahwa bekerja dalam waktu lama dalam suatu ruangan memiliki dampak buruk dan tentunya hal tersebut telah terbukti melalui penelitian. Ingin tahu beberapa fakta tersebut, mari kita simak berikut.

1. Suasana Luar Ruangan Mengurangi Stres

Penelitian telah membuktikan bahwa hewan yang ditempatkan pada kondisi buatan seperti adanya pendingin dan lampu buatan telah terbukti lebih sering mengalami stres berkepanjangan. Percayalah, mereka akan merasa lebih bahagia jika ditempatkan pada kondisi natural mereka yaitu alam. Manusia membutuhkan suatu kondisi natural dimana jauh dari AC pendingin, lampu, pemanas, dan suara bising dari mesin lainnya. Kondisi natural yang diharapkan seperti udara yang segar (bukan dari AC pendingin), cahaya matahari pagi, dan terbebas dari kebisingan. Untuk mendapatkan suasana alami, bawalah laptop atau tablet ke taman sesekali. Usahakan agar komputer atau tablet yang dibawa memiliki kemampuan tahan air agar saat hujan tiba – tiba datang tetap dapat selamat. Jika tidak mampu untuk berinvestasi elektronik dengan fasilitas waterproof, dapat dengan membeli Pembungkus waterproof khusus untuk komputer ataupun tablet Anda. Semakin rutin Anda melakukannya akan semakin sehat tubuh Anda, karena stres dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Keuntungan kantor bisnis di luar ruangan
Keuntungan kantor bisnis di luar ruangan (Ilustrasi/pixabay)

2. Mengurangi Dampak Buruk Duduk Seharian

Sudah bukan lagi menjadi rahasia bahwa terlalu banyak duduk akan memberikan dampak negatif pada kesehatan. Dalam jangka panjang dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti sering kesemutan dan wasir. Menurut hasil penelitian yang tercantum di American Journal of Epidemiology, dalam jangka panjang terlalu banyak duduk akan mempercepat kematian seseorang. Tubuh Anda membutuhkan gerak secara rutin untuk meningkatkan efisien produksi energi. Duduk terlalu banyak juga dapat menyebabkan gangguan psikologi. Luangkan waktu Anda sesekali untuk mencoba bekerja di luar ruangan untuk menghindari duduk seharian. Pada dasarnya hal ini sangat penting, karena tubuh manusia butuh untuk bergerak. Lalu bagaimana jika bisnis Anda membutuhkan internet. Tenang saja, sekarang sudah banyak modem yang dapat digunakan sebagai jaringan internet dimanapun Anda berada. Jika Anda tidak memiliki modem bisa juga memanfaatkan fasilitas tethering dari Handphone Anda.

3. Mengalihkan Perhatian Secara Positif

Bekerja memang melelahkan, karena harus selalu fokus dan menggunakan komputer. Fokus yang terlalu lama akan menyebabkan otot dan syaraf menegang. Perlu untuk sesekali mengendurkan otot dan syaraf Anda. Tubuh membutuhkan keseimbangan, sehingga Anda juga perlu untuk beristirahat sejenak. Namun mengendurkan otot dan syaraf yang paling efektif dapat dilakukan di luar ruangan dengan sesekali menengadah ke langit, mengamati barisan semut – semut yang bekerja sama untuk membangun rumah, atau mendengar kicauan burung. Pengalihan perhatian jenis ini akan memberikan dampak positif terutama untuk otot, syaraf, dan otak fungsi kognitif.

4. Mempermudah Perolehan Inspirasi

Inspirasi memang tidak mudah untuk didapatkan. Apalagi dalam keadaan stres tingkat tinggi, pikiran Anda pasti akan terasa seperti buntu. Bantulah diri Anda sendiri dengan berjalan kaki sejenak ke taman dekat kantor Anda. Berjalan kaki sambil melihat pemandangan yang hijau dapat menyejukkan pikiran dan hati, sehingga mempermudah untuk menemukan inspirasi. Banyak dari orang – orang terkenal yang melakukan metode ini, seperti Steve Jobs. Bahkan Mark Zuckerberg pembuat media sosial Facebook pernah melangsungkan rapat sambil berjalan. Mereka yang melakukan aktivitas ini telah menyadari bahwa ini sangat efektif membantu meningkatkan kreativitas mereka. Menurut para peneliti dari Universitas Stanford, berjalan dapat meningkatkan secara drastis kreativitas seseorang sampai dengan 60%. Mencari inspirasi dengan mengadakan rapat di luar ruang rapat sebenarnya sudah menjadi suatu tren. Jenis rapat outdoor cara yang praktis untuk mendapatkan ide dan tetap senang tanpa harus meninggalkan pekerjaan. Pengadaan rapat di tengah keindahan alam dapat membuat orang selalu bebas mengemukakan pendapat mereka dalam rapat, karena ide – ide baru banyak bermunculan. Jadi tunggu apalagi, segera coba metode ini.

5. Tambahan Relasi

Berjalan di taman dan bekerja di sana, tidak menolak adanya kemungkinan untuk mendapatkan relasi baru. Di taman ada banyak orang, sehingga kemungkinan ini akan sangat mungkin terjadi. Menurut Dr. Ivan Misner yang merupakan pendiri Business Networking International sebagian besar bisnisnya diperoleh dari relasi. Beliau juga berpendapat bahwa orang yang menghabiskan waktunya selama 20 jam setiap minggu untuk memperoleh relasi dan menjalin komunikasi, memperoleh 70% bisnis mereka dari relasi. Keluarlah dari ruangan kantor Anda dan bergabunglah dengan suatu grup yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalani. Semakin banyak Anda bertemu orang, maka akan semakin baik, karena artinya Anda akan semakin bisa mengembangkan bisnis Anda.

6. Perolehan Sinar Matahari sebagai Vitamin

Bukan hanya anak kecil yang butuh untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Orang dewasa juga membutuhkan untuk komponen kimia dalam tubuh menjadi vitamin D3. Vitamin D3 ini merupakan vitamin yang akan dialirkan menuju ke jantung dan ginjal dan akan di ubah menjadi vitamin D. Penelitian sudah membuktikan bahwa semakin hari semakin banyak orang yang kekurangan vitamin D disebabkan oleh mereka jarang terkena sinar matahari pagi. Dampak negatif dari kekurangan vitamin D ialah osteoporosis, tulang rapuh, gangguan pada pros*tat dan kolon, serta dapat meningkatkan resiko terkena kanker pa*yu*da*ra. Matahari pagi yang baik untuk tubuh sekarang ialah sampai dengan jam 9 pagi. Di Indonesia setelah jam 9 pagi sinar matahari akan terlalu panas dan menyengat. Sinar matahari seperti ini tidak baik untuk tubuh.

7. Pengembalian Kesiagaan Menerima Beban Kerja

Pada dasarnya manusia memilikii dua macam kesiagaan secara mental untuk menerima beban kerja. Kesiagaan yang pertama ialah kesiagaan secara sukarela dan kesiagaan secara paksa. Kesiagaan secara sukarela bersifat aktif, sedangkan kesiagaan secara paksa bersifat pasif. Pada saat bekerja manusia menggunakan kesiagaan aktif. Kita dituntut untuk secara langsung menyelesaikan tugas dengan mencurahkan segala perhatian. Misalnya saja seorang guru dituntut untuk dapat mendidik seluruh siswa agar mereka dapat memahami dengan baik. Sedangkan untuk salah satu contoh kesiagaan secara pasif terjadi saat Anda melihat pesona alam seperti burung yang terbang. Kesiagaan jenis ini dengan kata lain tidak membutuhkan banyak kekuatan otak. Dengan mengaktifkan kesiagaan pasif dapat memulihkan kelelahan karena bekerja. Maka dari itu dibutuhkan keseimbangan antara kesiagaan aktif dan pasif. Terlalu banyak mengaktifkan kesiagaan aktif dapat menimbulkan tekanan batin, sedangkan terlalu banyak melakukan kegiatan yang mengaktifkan kesiagaan pasif dapat menyebabkan performa Anda dalam pekerjaan terganggu. Tentunya hal ini sudah didukung dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa keberadaan diri di lingkungan yang alami dapat dengan drastis mengaktifkan kesiagaan pasif Anda.

data-ad-format="link">
Novia Nur FS
Kontributor Info Ide Bisnis Yogyakarta