Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah
Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah (Gambar Ilustrasi)

7 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah

522 views

7 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah – Sebagai ibu rumah tangga biasanya ingin bisa menghasilkan uang sendiri. Bukan karena suami memberi nafkahnya kurang, melainkan karena sang istri memang ingin mengisi kekosongan setelah melakukan kegiatan rumah tangga. Mempunyai bisnis sendiri yang dikerjakan dari rumah tentu menyenangkan bagi ibu rumah tangga. Sebab, tak perlu banyak waktu yang dihabiskan di tempat kerja. Selain itu, masih bisa mengurus anak dan suami dengan baik.

Memang awalnya bisnis rumahan hanya dijadikan sampingan saja, tetapi ternyata malah mampu meningkatkan ekonomi keluarga. Tentu bukan bisnis yang sembarangan, anda harus dapat memilih bisnis yang benar-benar mempunyai pasar yang bagus di kalangan masyarakat. Apalagi jaman sekarang pemanfaatan media sosial sangatlah berpengaruh pada kemajuan bisnis yang anda jalani.

Namun, ada baiknya jika anda memilih dari beberapa bisnis menjanjikan keuntungan yang kami rangkum di bawah ini. Menurut riset serta pengalaman para wirausaha bisnis-bisnis itu mampu memberikan keuntungan berlimpah. Yuk, simak ulasannya :

7 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah

Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah
Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah (Gambar Ilustrasi)
  1. Membuka bisnis kuliner atau katering

Anda suka memasak ataupun ahli membuat bermacam jenis kue? Berarti sangat tepat bila anda berbisnis kuliner di rumah. Pertama-tama, buatlah kue atau makanan di acara besar keluarga anda. Ketika ada yang memujinya, maka kesempatan anda melakukan promosi. Berikan nomer handphone anda sehingga lebih mudah dalam menghubungi. Kemudian, pasarkan melalui toko online, promosikan ke tetangga, atau juga lewat perkumupulan yang anda ikuti.

2. Buka kursus atau les privat di rumah

Mungkin anda termasuk murid pintar saat bersekolah, pelajaran yang diajarkan masih anda ingat hingga saat ini dan senang mengajari seseorang. Atau anda memang tenaga pengajar yang sudah mahir di bidangnya. Nah, gunakan kepandaian anda untuk membuka les privat di rumah. Cari murid dari tetangga, atau murid sekolah ataupun lewat media sosial. Promosikan dirimu kalau sanggup membantu anak dalam belajar memahami pelajaran sekolahnya.

Jangan terlalu banyak mengambil murid, secukupnya saja. Ingat ini awal langkah anda, sehingga murid yang kursus bersama anda mesti menunjukkan perubahan yang lebih baik. Jika murid anda banyak, sebaiknya bagi waktu belajarnya agar anda masih bisa memperhatikan semua murid dengan baik.

3. Membuka laundry

Memang sekarang ini usaha laundry semakin menjamur di kalangan masyarakat. Tetapi tidak ada salahnya anda meniru usaha tersebut. Gunakanlah dulu mesin cuci yang ada di rumah, tak usah membeli lagi. Yang penting telaten dalam mengurus cucian sebaik mungkin. Pasang banner di depan rumah sebagai langkah promosi usaha anda. Anda harus hati-hati dalam memisahkan pakaian pelanggan yang satu dengan yang lain, karena kebiasaan laundry seringkali mengalami kehilangan pakaian.

Pemberian tanda terhadap pakaian penting dilakukan atau anda cuci pakaian pelanggan secara satu persatu. Hindari juga pakaian tertukar, pelanggan mungkin dapat marah dan minta ganti rugi. Bahkan dia akan menyebarkan kepada orang lain bahwa laundry anda tak berkualitas. Jadi, perlu ketelitian dalam melakukan pekerjaan ini.

4. Membuka salon kecantikan

Ketika anda mempunyai ketrampilan memotong rambut, merias wajah, merapikan rambut, bahkan bisa merawat tubuh dengan baik, putuskanlah untuk membuka salon kecantikan. Gunakan sebagian lahan rumah anda untuk membuat ruangan khusus sebagai tempat kerja. Lalu belilah peralatan salon serta kelengkapan lain yang menunjang pekerjaan anda. Tidak perlu membeli peralatan yang berkualitas harga mahal, tetapi pilih yang sederhana dulu.

Sabarlah menanti pelanggan, jangan mudah putus asa. Manfaatkan koneksi, promosikan salonmu kepada teman-temanmu, maka mereka bisa membantu memasarkannya ke yang lain. Mungkin awalnya sehari satu pengunjung tapi jika kualitas salon serta pelayanan anda baik, pengunjung akan menarik banyak orang untuk salon anda.

5. Menjadi editor dan penulis lepas

Anda senang berimajinasi dan mencurahkan isi hati anda dengan menulis? Cobalah menyalurkan bakat anda menjadi penghasilan yang menguntungkan. Dari pada selama ini hobi anda hanya digunakan untuk menulis diari kehidupan saja. Gunakanlah komputer atau laptop yang anda miliki lalu tambah koneksi internet. Melamarlah kepada media-media online yang membutuhkan penulis lepas.

Begitu banyak media online yang memerlukan penulis lepas untuk mengisi website atau blog mereka. Fee yang diberikanpun lumayan, cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta menambah tabungan masa depan. Pasti mengasyikkan sudah menyalurkan hobi, mendapatkan uang pula.

[Baca juga: Dibutuhkan Kontributor/Penulis Lepas]

6. Membuat toko online

Jika membuka toko fisik sulit berkembang dan cenderung sepi, beralihlah membuka toko online. Kalau toko fisik paling populernya di kota atau daerah tertentu saja, kecuali yang sudah jaringannya luas. Berbeda dengan toko online dapat terkenal di seluruh Indonesia bahkan dunia sehingga pembeli atau pelanggan jangkauannya luas. Anda tak perlu menunggu pengunjung berjam-jam di toko. Tetapi hanya dengan melihat komputer, membalas chat pelanggan, serta memasang teknik yang menarik perhatian pelanggan agar mau mengunjungi ataupun membeli di toko online anda.

Apabila anda mau belajar, membuka toko online lebih besar keuntungannya dibandingkan toko fisik. Selain itu, anda tak perlu membutuhkan modal banyak, cari saja produk orang lain, lalu letakkan gambarnya di toko anda dan promosikan.

Berbicara mengenai toko online, Anda bisa menghubungi kami jika hendak membuat Toko Online. Kami siap membantu Anda membuat toko online sesuai dengan budget Anda.

7. Membuka usaha kamar kos

Jika anda mempunyai rumah cukup besar dengan banyak kamar tak terpakai di dalamnya. Manfaatkanlah kamar tersebut untuk membuka usaha kos-kosan. Tentu meningkatkan penghasilan anda. Berikan fasilitas kamar lengkap beserta listrik dan air. Kemudian buatlah aturan bagi pengguna jasa kos anda, mulai dari waktu pulang sampai bertemu tamu. Jangan buat peraturan kolot, karena biasanya anak kos kurang suka banyak diatur. Ciptakanlah kenyamanan dilingkungan kos anda.

Catatan Redaksi: Meskipun Rumah Kost bisa meraup banyak keuntungan, tapi Anda harus benar-benar bisa menjaganya dengan baik, karena tanggung jawab moralnya begitu besar. Jangan sampai rumah kost Anda menjadi sarang perbuatan keji dan munkar!!!.

Dari ketujuh bidang usaha di atas sudahkah anda menentukan mana bisnis yang akan anda jalankan di rumah? Sambil mengurus pekerjaan rumah, anda bisa meningatkan pendapatan setiap bulannya. Hal pertama yang perlu anda miliki ketika membuka usaha adalah keberanian, semangat, dan kesabaran. Hindarkan sikap putus asa dari dalam diri anda.

Demikianlah artikel mengenai 7 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015