Cara mengatur gaji dan pengeluaran bulanan
Cara mengatur gaji dan pengeluaran bulanan (Ilustrasi/pixabay)

7 Cara Jitu Mengatur Gaji dan Pengeluaran Bulanan

301 views

Gajian merupakan saat yang paling membahagiakan bagi para pekerja. Mengapa tidak, untuk para karyawan tentunya saat menerima pembayaran merupakan saat yang paling ditungu-tunggu setelah satu bulan lamanya bekerja. Setiap awal bulan, kita kadang terlena dan terbuai oleh tersedianya uang yang cukup banyak dari hasil gajian kita. Biasanya kita sudah berencana untuk membeli sesuatu atau bersiap-siap untuk membelanjakan uang yang akan kita terima tersebut. Dalam mengatur gaji perlu strategi jitu, agar gaji kita yang seharusnya untuk satu bulan mendatang tidak langsung habis begitu saja. Perlunya trik dan tips agar kita dapat mengatur keuangan kita.

[Baca juga: 8 Langkah Cermat Mengelola Gaji Bulanan]

Berikut ini akan kita bahas cara jitu untuk mengatur gaji dan pengeluaran bulanan anda.

7 Cara Jitu Mengatur Gaji dan Pengeluaran Bulanan

Cara mengatur gaji dan pengeluaran bulanan
Cara mengatur gaji dan pengeluaran bulanan (Ilustrasi/pixabay)

1. Buat Prioritas

Dalam hal keuangan, buatlah prioritas dan hal wajib apakah yang anda harus penuhi. Misalnya anda perlu membayar cicilan kredit rumah, motor, atau barang elektronik lainnya. Utamakanlah ini terlebih dahulu untuk dibayarkan. Hutang harus didahulukan, bila hutang menjadi menumpuk bisa jadi batu sandungan bagi anda di kemudian hari.

2. Atur pengeluaran

Dalam mengatur pengeluaran, atur barang apa yang sebaiknya anda beli dan tidak. Belilah barang kebutuhan primer anda yang memang benar-benar anda butuhkan. Jangan mudah tergiur dengan adanya diskon atau promo untuk sesuatu barang yang sebetulnya tidak anda butuhkan. Jadikanlah barang yang anda beli tersebut tepat guna dan efisien.

3. Buatlah laporan keuangan

Setiap bulannya, ada baiknya anda membuat laporan keuangan. Kegiatan ini adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran yang anda lakukan tiap bulan. Hal ini memang kelihatannya sepele, namun bisa memberikan pengaruh yang baik bagi anda. Perlu juga anda menyimpan struk belanja atau pengeluaran anda. Dengan begini pengeluaran anda akan terkontrol. Buatlah pula managemen amplop, yaitu anda menyimpan uang yang akan anda rencanakan untuk digunakan di dalam amplop. Gunakanlah uang tersebut dan jangan menyentuh uang yang ada di tabungan anda.

4. Menabung

Menabung merupakan hal yang wajib anda lakukan. Menyisihkan gaji untuk ditabung, bertujuan untuk simpanan yang bisa digunakan di masa depan. Ada baiknya anda membuat rekening khusus untuk tabungan yang terpisah dengan rekening biasa. Kalau perlu anda tidak usah mengaktifkan jasa pelayanan ATM agar uang tabungan tersebut sulit untuk diambil.

5. Berinvestasi

Di zaman sekarang ini, berinvestasi dapat meningkatkan penghasilan. Tidak ada salahnya anda menyisihkan 25% gaji anda untuk berinvestasi. Contoh investasi yang paling simple ialah dalam bentuk emas atau deposito. Jika gaji anda cukup besar, bisa anda coba berinvestasi yang lebih besar misalnya dalam bentuk saham maupun property.

6. Buat cadangan dana

Buatlah cadangan dana untuk keperluan mendadak yang mendesak. Misalnya jika anda sakit, atau ada anggota keluarga yang sakit dan membutuhkan uang. Siapkanlah cadangan dana anda misalnya 10% dari gaji anda.

7. Sisihkan untuk amal

Setelah kita mendapatkan rejeki, jangan lupa untuk selalu berbagi dengan orang yang membutuhkan. Sisihkanlah beberapa persen gaji anda untuk sesama, misalnya 4% dari gaji anda sebulan. Dengan beramal, selain kita mendapat pahala kita juga akan menjadi lebih bersyukur bahwa kita masih bisa membantu orang lain.

Itulah cara mengatur gaji dan pengeluaran anda. Hemat pangkal kaya, kita harus cermat dan tepat dalam mengatur keuangan demi masa depan yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara mengatur keuangan bulanan - cara jitu menghemat gaji bulanan - cara menghemat uang gajih