Cara mengubah prospek menjadi pelanggan
Cara mengubah prospek menjadi pelanggan (Ilustrasi/pixabay)

7 Cara Ampuh Mengubah Prospek Menjadi Pelanggan

258 views

Menjalankan sebuah bisnis memang tidak mudah, pengusaha harus pintar dalam membangun koneksi baik secara offline maupun online. Tetapi saat ini, cara online lah yang lebih menguntungkan dan menjanjikan. Dengan berkomunikasi lewat media sosial kita dapat mengobrol bersama banyak orang. Lalu promosi lewat blog juga membuat bisnis dikenal masyarakat luas. Jika anda kurang bisa menjalankan blog atau website, mintalah bantuan kepada mereka yang mahir memainkan blog atau website. Membangun bisnis itu perlu kerjasama, sehingga berkembang menuai kesuksesan.

Bukan hal yang mudah mencari pembeli, biasanya mereka hanya melihat-lihat saja dan jarang yang membeli. Terkadang mereka bertanya berbelit-belit sampai membuat kita kesal, kemudian tak jadi beli. Jangan jadikan hal itu sebagai penghalang, tetaplah bersemangat melayani prospek agar menjadi pelanggan. Lalu bagaimana agar mudah mengubah prospek menjadi pelanggan setia? Di bawah ini merupakan cara yang perlu anda ketahui, adalah :

  1. Selesaikan masalah

Prospek tidak terlalu memperhatikan seberapa bagus produk anda. Tetapi yang mereka butuhkan yaitu solusi atas masalah yang dihadapi si prospek. Pastikan prospek anda mempunyai kepentingan atau kebutuhan terhadap produk / jasa yang anda tawarkan atau jual. Pilihkan produk yang bisa diandalkan dan mempunyai kualitas yang baik. Apabila anda mampu menyediakan solusi tepat untuk mereka, sehingga dengan mudah anda bisa membuat mereka jadi pelanggan tetap anda.

Cara mengubah prospek menjadi pelanggan
Cara mengubah prospek menjadi pelanggan (Ilustrasi/pixabay)

2. Respon pertanyaan dari calon pelanggan

Tidak ada orang yang ingin membeli sesuatu seperti membeli kucing dalam karung. Pasti mereka ingin tahu seluk-beluk produk yang mereka inginkan, untuk itu mereka akan bertanya kepada anda tentang produk tersebut. Jangan malas menjawab pertanyaan dari calon pelanggan, bantulah mereka dengan senang hati, sehingga merasa terpuaskan telah belanja di toko anda. Buatlah aplikasi yang membantu anda agar cepat merespon pertanyaan calon pelanggan, baik lewat telepon, sms, email, dan sosial media. Dengan begitu tidak mengecewakan calon pelanggan yang bisa menciutkan niatnya untuk jadi pelanggan.

3. Seringlah berbagi info bermanfaat

Strategi pemasaran yang baik ialah fokus pada penyediaan sumber informasi bermanfaat untuk konsumen potensial. Jangan terlalu banyak melakukan promosi produk atau jasa, tetapi lebih baik berikan nasehat atau pandangan serta alasan mengapa pelanggan perlu mempunyai produk atau jasa anda. Berikan informasi secara jujur dan tidak terlalu muluk-muluk, supaya pelanggan percaya dan berkeinginan membeli produk atau jasa anda. Jelaskanlah kelemahan serta kelebihan produk atau jasa yang anda tawarkan. Informasi apa adanya lebih berisi daripada yang berisi banyak kebohongan.

4. Jadilah profesional

Walaupun anda seorang pedagang, tak ada salahnya membangun hubungan personal dengan mereka. Anggap saja mereka teman dan selipkan pesan-pesan promosi anda kepada mereka. Hal itu menjadi suatu langkah membangun koneksi, bukan tidak mungkin juga nantinya mereka malah memperkenalkan anda kepada relasi mereka. Boleh akrab dengan pelanggan, tetapi harus dalam batas profesionalisme.

5. Buatlah newsletter yang menghibur dan berisi

Jangan hanya terpaut dengan kupon, diskon, bonus maupun semua hal yang berhubungan dengang promosi penjualan. Namun, Newsletter juga langkah terbaik untuk bisa selalu berhubungan dengan audiens anda. Isi Newsletter anda Jangan hanya komunikasi satu arah, buatlah newsletter yang bernilai dan enak dibaca bagi audiens anda. Sehingga, membuat mereka akan membagi postingan anda kepada orang lain. Tentu sangat menguntungkan sekali bagi anda.

6. Lakukan interaksi di sosial media

Sekarang ini komunikasi menjadi lebih mudah sejak adanya berbagai media sosial. Nah, anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai media menjalin koneksi dengan pelanggan. Untuk kepentingan bisnis buatlah akun di berbagai media sosial dengan nama brand anda. Anda bisa melakukan promosi setiap hari, melakukan pendekatan dengan beberapa orang, berbagi informasi tentang produk anda. Nampaknya lebih mudah memperkenalkan produk dan menggaet pelanggan lewat media sosial. Sebab anda bisa berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Siapa juga yang tak mengenal media sosial, semua kalangan sudah mengetahui dan menggunakannya. Jadi, anda bisa lebih luas ketika melakukan promosi.

7. Dengarkanlah prospek anda

Selain menjawab pertanyaannya, anda wajib mendengarkan prospek anda. Bukan hanya sekedar mendengarkan tetapi berikan juga solusinya. Apabila prospek anda berkata membutuhkan suatu yang lebih, maka berpikirlah agar anda bisa mewujudkan keinginan prospek anda tersebut. Memang tidak semua orang berpikir rasional, tetapi usahakan untuk selalu menyediakan produk atau jasa yang bernilai lebih tinggi. Meski prospek menyebalkan, anda tetap harus sabar dan tidak boleh melepaskannya begitu saja. Berpikirlah kreatif agar mereka mau membeli produk atau jasa yang anda jual.

Kenapa ini penting terhadap bisnis jangka panjang panjang anda?

Jika seseorang sudah percaya penuh kepada anda, maka dia pun akan setia kepada anda. Bangunlah relasi dengan aksi berulang serta pemenuhan janji brand anda. Ketika sudah setia, mereka tak segan mereferensikan anda terhadap orang lain. Inilah yang membuat bisnis anda akan berjalan terus tanpa sepi pelanggan. Jika perlu buatlah daftar keluhan, perhatikan ketidakenakan pelanggan, lalu lakukan pembenahan atas bisnis anda. Dengan begitu bisnis semakin bagus dan membuat pelanggan lebih nyaman dengan anda.

Itulah cara ampuh mengubah prospek menjadi pelanggan yang bisa membuat bisnis anda menjadi sukses. Anda harus mempunyai keterampilan dalam menghadapi calon pelanggan karena mereka mempunyai berbagai karakter. Setelah menjadi pelanggan, jangan lupa lakukan follow up terus-menerus, agar tidak mengalihkan pandangannya ke yang lain. Meski awalnya terasa susah, tapi tetaplah bersemangat dan berusaha dalam meraih keberhasilan.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- membuat dan mengubah janji bisnis - mengubah calon konsumen jadi pembeli - mengubah pembeli potensial menjadi pelanggan yang menguntungkan

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015