Tipe introvert
Tipe introvert (Ilustrasi/wikipedia)

7 Alasan Tipe Introvert Adalah Karyawan Terbaik

412 views

Walaupun banyak yang mempunyai anggapan bahwa seorang introvert merupakan seseorang yang susah diajak gaul, pemalu, kutu buku dan pendapat buruk lainnya. Namun, ternyata seorang introvert mampu menguasai profesi kerja apa saja dan berkontribusi terhadap perkembangan sejarah kemanusiaan dunia. Seorang introvert mempunyai nilai lebih ketika mengerjakan berbagai macam pekerjaan.

Bila kita mendiskripsikan tentang sifat introvert takkan ada habisnya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa terdapat beberapa keuntungan yang didapat apabila mempunyai seorang introvert di lingkungan kerja. Penelitian tentang seorang introvert salah satunya dilakukan oleh Adam M. Kleinbaum dan Daniel C. Feiler dari Tuck Business School, Darmouth College, mereka menemukan kenyataan bahwa orang introvert lebih perseptif serta lebih dekat terhadap realita, sebab orang introvert melihat dunia melalui pendekatan yang berbeda dan pandangan lebih akurat daripada orang ekstrovert.

Orang introvert biasanya lebih mampu menghadapi kenyataan pahit dalam hidupnya dan bisa bangkit dari keadaan tersebut dengan baik. Kebanyakan orang introvert tidak cepat panik dalam menghadapi sesuatu, mereka lebih tegar dan berani dalam menghadapi situasi yang menegangkan urat syaraf. Nah, di bawah ini ada beberapa alasan tipe introvert adalah seorang karyawan terbaik serta membawa keuntungan besar bagi perusahaan, yuk simak ulasannya :

7 Alasan Tipe Introvert Adalah Karyawan Terbaik

Tipe introvert
Tipe introvert (Ilustrasi/wikipedia)
  1. Tipe introvert hanya menerima atau mengutarakan informasi yang berbobot saja

Ada banyak orang yang tak tahan jika kesepian dan akan berusaha mengisi kekosongan tersebut dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Menggosip atau bercerita tentang orang lain nampaknya merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi beberapa orang. Namun, tidak bagi tipe introvert, mereka lebih baik diam daripada menyampaikan sesuatu hal yang tak berguna dan juga akan menerima informasi yang benar-benar dianggapnya bernilai. Seorang introvert tidak mau menyia-nyiakan waktunya untuk sesuatu yang tidak bermanfaat.

2. Tipe introvert merupakan seorang yang tulus

Tipe introvert biasanya kurang suka berbasa-basi sebelum memulai percakapan, mereka lebih senang to the point saja. Mungkin beberapa orang menganggapnya kurang sopan atau kurang asyik bila berbicara dengannya. Namun, ternyata dia mempunyai alasan tersendiri mengapa mereka bersikap seperti itu. Sebabnya adalah karena dia sangat mengharapkan dan menghargai kejujuran orang lain. Tipe introvert tulus dalam mengungkapkan kata-kata, melakukan sesuatu untuk orang lain sehingga dia juga ingin orang lain berbuat yang sama padanya. Basa-basi menurutnya hanya membuang waktu dan menambah rancu informasi yang disampaikan.

3. Tipe introvert merupakan individu yang unik

Meski penampilannya nampak kurang menarik, tak enak dilihat, ketinggalan jaman, tetapi tipe introvert mempunyai kelebihan tersendiri. Lihat saja tokoh terkenal dunia seperti Albert Einstein dan Audrey Hepbrun mereka berdua termasuk dalam jajaran tipe orang introvert. Mereka tidak pernah mengikuti trend yang ada, tetapi faktanya mereka mampu mengejar impian dengan ketekunan. Jadi, meski kelihatan sangat buruk saat dipandang, seorang introvert bisa mengubah dunia. Bagi orang introvert penampilan bukan yang paling utama tetapi kemampuan dalam berpikir dan mengolah informasilah yang paling utama.

4. Tipe introvert akan selalu menghindari politik perusahaan

Karena tipe introvert merupakan seseorang yang selalu menjujung tinggi ketulusan serta kejujuran, itulah sebabnya mereka menghindari hal-hal berbau politik maupun yang berhubungan dengan mengakali sistem dalam lingkungan kerja. Tipe introvert akan bekerja dengan mengandalkan hasil kerja sebaik mungkin dan langkah solid ketika bekerja. Tentu tipe introvert lah yang dibutuhkan perusahaan yang ingin efisian dan transparansi dalam lingkungan kerja. Tipe introvert tidak mau merugikan orang lain karena mereka pun tak suka bila diperlakukan buruk oleh orang lain. Mereka seperti membayangkan bagaimana jika orang lain itu dirinya, bagaimana kalau disakiti? Tentu merasakan kesedihan dan kekecewaan bukan?

5. Tipe introvert merupakan seorang yang mandiri

Berbeda dengan tipe ekstrovert yang lebih senang menyuruh dan meminta bantuan orang lain. Tipe introvert akan berusaha melakukan segala sesuatunya sendiri. Tak peduli seberapa susah pekerjaan yang dilakukan tetapi mereka tetap berupaya mengerjakan sendiri. Biasanya tipe introvert akan membuat daftar rutintas pribadi sehingga yang dikerjakannya dapat terselesaikan tepat waktu atau sebelum waktu ditentukan. Tipe introvert cenderung mencari suasana hening agar bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan semua tugasnya.

6. Walau pendiam, tetapi otaknya selalu berjalan

Walau sehari-hari dia banyak diam, tenang, sedikit yang dibicarakannya, tetapi dia akan menjadi nomor satu jika sedang mengeluarkan ide. Pikiran tipe introvert sangat luas, mereka bukan hanya memikirkan untuk hari ini saja, tetapi besok dan masa depan. Baginya apa yang dilakukannya haruslah penuh kehati-hatian karena berdampak di kehidupan selanjutnya. Mereka aktif mengkhayal dan berimajinasi, makanya dia lebih senang dengan dirinya sendiri daripada keluar untuk sekedar mengobrol dengan teman. Terkadang banyak ide bagus yang bisa membawa perkembangan bagi perusahaan yang menaunginya.

7. Penjaga rahasia yang baik

Tipe introvert adalah seseorang yang tidak suka menceritakan tentang dirinya kepada orang lain, mereka cenderung menutup diri dan tidak suka mengumbar perasaannya di depan umum. Ini merupakan point penting bagi perusahaan yang mempunyai karyawan tipe introvert karena dia tidak suka diceritakan kepada orang lain, maka mereka pun bisa menjaga rahasia yang diketahuinya dengan baik. Tanpa seijin anda dia akan tetap menyimpannya rapat-rapat.

Meski demikian tipe introvert mempunyai karakter masing-masing, tetapi pada umumnya seperti yang kami sampaikan di atas. Bukan hal mudah untuk memasuki pikiran orang introvert, terkadang membuat anda bingung dengan apa yang dilakukannya. Tetapi tenanglah, orang introvert itu bukan hanya memikirkan dirinya sendiri, tetapi dia juga memikirkan orang sekitarnya. Memang susah menebak apa yang dipikirkannya, untuk itu ikuti saja apa yang diinginkannya.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- bagaimana cara manajer menghadapi karyawan yang introvert - tipe karyawan introvert

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015