Tips menjadi sukses sejak muda
Tips menjadi sukses sejak muda (Ilustrasi/pixabay)

6 Tips Menjadi Sukses Sejak Muda

42 views

Kamu tahu kan, menjadi sukses sejak muda selalu jadi impian banyak orang? Namun sayangnya, kebanyakan orang bingung dengan cara hidup orang-orang yang berhasil sukses sejak muda. Berikut ulasan tentang 6 tips menjadi sukses sejak muda!

1. Tahu Kelebihan dan Kekuranganmu

Hei, namanya juga manusia, mana ada sih orang yang tidak punya kekurangan? Tapi, bersama kekuranganmu itu, kamu juga harus tahu dan sadar tentang kelebihanmu. Kekurangan dan kelebihan jadi satu paket lengkap yang ada di dalam dirimu. Mumpung masih muda, kamu harus mengenali dirimu dengan baik. Kalau kamu tahu dengan benar apa kekurangan dan kelebihanmu, kamu bakal lebih mudah mengembangkan diri. Pernah dengar kalimat lupakan kekuranganmu dan berlarilah mengasah kelebihanmu? Kalimat itu seratus persen benar! Kalau kamu sibuk mengutak-atik kekuranganmu terus, kapan dong kamu melirik kelebihanmu? Justru, kamu harus mengabaikan kekuranganmu dan menutupinya dengan kelebihanmu. Itulah orang bijak yang siap sukses!

Tips menjadi sukses sejak muda
Tips menjadi sukses sejak muda (Ilustrasi/pixabay)

2. Perbaiki Dirimu!

Sepanjang hidupnya, manusia harus terus belajar menjadi rendah hati. Dengan kerendahan hatinya itu, seseorang bakal dengan mudah belajar hal baru dari lingkungan. Hal itu sama artinya dengan, selama seseorang masih hidup dan bernapas, ia tidak akan berhenti belajar dan belajar untuk terus memperbarui kualitas dirinya. Bicara soal beberapa sifat buruk, kamu tahu kan kalau sifat buruk itu beda dengan kekurangan? Menurut saya, kekurangan cenderung sulit diubah karena sifatnya yang permanen dan pemberian dari Allah. Misalnya nih, tubuh yang kurus dan kulit yang hitam, atau wajah yang sama sekali tidak cantik. Kekurangan ini sulit diubah, namun bisa ditutupi dengan kelebihanmu. Pernah dengar kan kalimat si A memang jelek dan tidak menarik sih, tapi dia pandai bernegosiasi dan bisa mengarahkan orang. Dia pantas jadi pemimpin deh. Nah, bedanya dengan sifat jelek, sifat jelek itu bisa diubah dan masih dalam kontrol kita. Contohnya, kamu egois dan tidak mau mengerti kesulitan orang lain. Kalau begitu, kamu masih bisa mengubahnya kan? Kamu masih punya kontrol atas hal itu. Tinggal kendalikan dirimu dan teruslah berusaha sekuat tenaga untuk mengubah sifat burukmu itu. Karena apa? Karena orang yang sukses selalu berupaya keras memperbaiki diri menjadi lebih baik dan lebih baik lagi!

3. Aku Haus!

Haus apa? Haus di sini memiliki arti haus akan belajar tentang banyak hal. Kalau kamu seorang mahasiswa, jangan cepat puas dengan IPK-mu yang baik. Cepat kejar pengalaman organisasi yang banyak, menjajal berbagai magang untuk mempersiapkan masa depanmu, dan mencoba banyak hal baru yang akan membuatmu terus belajar dan belajar. Kalau kamu pekerja kantoran, jangan lelah menekuni pekerjaanmu dan belajar cara menyelesaikan pekerjaanmu dengan hasil yang lebih maksimal. Intinya, kalau kamu cepat puas, hidupmu bakal begitu-begitu saja. Kamu akan sulit maju karena dengan pencapaian-pencapaian terkecil pun kamu sudah merasa cukup. Oke deh, kamu memang harus selalu bersyukur. Tapi bersyukur beda artinya dengan cepat puas ya! Bersyukur itu punya arti bahagia atas pencapaian dan mengucapkan terima kasih pada Allah, lalu mulai lari kembali mengejar hasil-hasil terbaik! Sedangkan cepat puas lebih mengarah pada sikap puas, lalu stag pada pencapaian tersebut. Tentu saja, kamu harus memilih bersyukur ketimbang cepat puas demi masa depanmu. Ingat ya, selama kamu hidup dan bernapas, terus belajar merupakan ciri orang-orang yang berpotensi untuk sukses!

4. Mie Instan VS Mimpi Proses

Kamu harus tahu kalau sukses itu penantian yang panjang. Ops, salah. Yang tepat, sukses itu proses panjang yang membutuhkan banyak kerja keras serta pengorbanan. Tidak ada kesuksesan yang berjalan sendiri tanpa pengorbanan dan kerja keras. Seorang penulis buku yang produktif rela mengurangi waktu tidurnya demi menumpahkan semua ide gilanya ke dalam naskah-naskahnya di malam hari. Pemilik usaha yang hebat juga rela berpikir keras dan melakukan yang terbaik untuk mengembangkan bisnisnya. Seorang pelukis yang handal memulai kesuksesannya dengan waktu latihan yang konsisten dan teratur. Intinya, kamu harus memaksimalkan semua potensimu dan seluruh kemampuanmu demi meraih kesuksesan. Jangan lelah berusaha ya, karena sukses itu bukan hasil karya sehari atau dua hari saja. Tahu Harry Potter kan? Penulis best seller yang satu itu harus mendapat penolakan sebanyak empat belas kali terlebih dahulu sebelum naskahnya jadi best seller dan digemari dunia. Sekarang, paham artinya proses kan?

5. Peka Dong!

Peka? Peka terhadap apa nih maksudnya? Tentu saja, sebagai manusia yang juga menyandang predikat makhluk sosial, seseorang harus senantiasa peka terhadap lingkungan sekitarnya. Namun, orang-orang sukses punya kepekaan lain yang hebat, yaitu peka terhadap kesempatan. Mereka berhasil menjadi sukses karena cepat tanggap terhadap peluang yang ada. Saya jadi ingat, salah satu kalimat Agnes Monica yang keren. Dia bilang begini, sukses itu pertemuan antara kesempatan dan kesiapan. Benar banget ya? Artinya, kamu harus siap terlebih dahulu. Mempersiapkan dirimu merupakan salah satu cara untuk menjadi sukses. Karena apa? Begitu ada kesempatan, kamu bisa langsung mengambilnya tanpa butuh banyak waktu lagi untuk mempersiapkan diri karena dirimu memang sudah siap. Lihat saja, orang gagal selalu punya banyak alasan ketika mereka tidak berhasil menggapai kesempatan yang jelas-jelas sudah ada di depan mata. Karena apa? Karena mereka tidak pernah siap untuk menggapainya! Hm, omong-omong, banyak orang bilang kesempatan tidak akan datang dua kali. Tapi, dosen saya yang juga seorang psikolog mengatakan kalau kesempatan yang sama memang tidak akan datang dua kali. Tapi jangan berkecil hati, karena masih banyak kesempatan lain dalam format yang berbeda siap menyapamu di lain waktu. Jadi, ingat ya, anak muda harus senantiasa siap! Jangan menunda-nunda mempersiapkan diri!

[Baca juga: 7 Aspek menjadi sukses saat muda]

6. Habit is The Best!

Seorang pemain sepak bola yang hebat bisa menjadi hebat hanya karena ia terbiasa memasukkan bola ke ring dengan sempurna. Penyanyi yang keren juga bisa sukses di bidangnya karena terbiasa menyanyi dengan maksimal di hadapan banyak orang. Begitu juga denganmu. Kamu bisa menjadi ahli di bidangmu dengan kebiasaan. Kalau kamu suka salah satu bidang, ayo deh, tunggu apa lagi sih untuk membiasakan dirimu terus berkecimpung di bidang itu? Jadi, kebiasaan menjadi power buat semua hal yang kamu lakukan. Kebiasaan yang baik juga bakal mengubah hidupmu menjadi lebih baik. Jangan kebalik ya, jangan melakukan hal-hal buruk berulang-ulang karena hal itu akan menjadi kebiasaanmu. Kalau kamu mau hidupmu tidak kacau dan berantakan, biasakan dirimu untuk selalu disiplin dan teratur. Kalau kamu mau jadi orang pintar, biasakan membaca buku dan belajar dengan tekun. Mengembangkan diri juga begitu kok. Jadi, sudah siapkah kamu jadi sukses sejak muda?

Hei, itu baru 6 cara yang akan menuntunmu meraih sukses sejak muda. Itu baru 6 hal lho. Sukses itu proses yang sangat—sangat—panjang dan membutuhkan banyak perjuangan. Masih ada beribu cara meraih sukses sejak muda. Ayo deh, anak muda Indonesia harus semangat menyongsong masa depan!

[Baca juga: Ingin sukses Muda? Lakukan 6 hal ini sejak umur 20-an]

data-ad-format="link">