Tips menemukan peluang bisnis yang tepat
Tips menemukan peluang bisnis yang tepat (Ilustrasi/pixabay)

6 Tips Menemukan Peluang Bisnis yang Tepat Bagi Diri Sendiri

194 views

Tips Menemukan Peluang Bisnis yang Tepat – Ada kalanya kita merasa bosan menjadi karyawan terus-menerus. Setiap hari mau tidak mau harus berangkat tepat waktu dari jam kerja yang ditentukan perusahaan, lalu harus mengerjakan tugas dan wajib mentaati perintah atasan maupun aturan perusahaan. Tentu kita ingin keluar dari keadaan seperti itu, keadaan dengan selalu dikekang oleh peraturan dan atasan. Pasti selama menjadi karyawan kita pernah ingin merasakan menjadi atasan. Tetapi itu semua takkan terwujud bila anda hanya diam tanpa berpikir keras bagaimana bisa keluar dari situasi itu.

Namun, untuk menemukan peluang apa yang bisa menjadikan kita sebagai bos dan membuat sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh analisa khusus terutama anda perlu tahu apa yang ada dalam diri anda. Kemampuan apa saja yang anda miliki sehingga bisa untuk menunjang kemajuan bisnis anda. Anda juga perlu melakukan survey pasar tentang apa yang sedang populer saat ini, apakah bisnis pakaian, kuliner, atau minuman tetapi yang bagaimana? Lalu anda samakan dengan hobi, sehingga bisnis berjalan lancar karena anda mengerjakannya dengan senang hati. Baca juga: 24 Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis.

Untukmu yang masih bingung menentukan peluang bisnis yang tepat untuk dirimu, bisa ikuti beberapa tips di bawah ini :

6 Tips Menemukan Peluang Bisnis yang Tepat

  1. Sebenarnya ketrampilan apa sih yang anda miliki?

Sebelum berpikir ke hal-hal yang berat tentang bisnis, ada baiknya anda mengetahui sebenarnya ketrampilan apa yang anda miliki. Apa bakat atau mungkin anda berprestasi dalam hal itu? Ketrampilan bisa seperti, membuat kue, menulis, pandai berjualan, atau senang membuat kerajinan tangan. Kalau anda pintar membuat kue, buat saja toko kue di rumah dulu, jika mungkin post fotonya lalu promosikan lewat sosmed. Atau anda senang menulis? Bisa jadi penulis freelance di web/ blog, atau bisa menulis novel kemudian kirim ke penerbit. Apabila anda senang dengan hand made buatlah sesuatu yang indah dipandang lalu juallah baik secara offline maupun online. Tentu semuanya akan menjadi mudah jika anda sudah menguasai bidang bisnisnya. Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Anda Ingin Memulai Bisnis Online.

2. Pikirkan apa yang sedang populer saat ini

Jadilah seseorang yang selalu update, tonton berita, baca trend top di internet maupun dengan cara mendengar dari orang lain. Hal itu akan berguna bagi anda dalam menemukan peluang bisnis. Misalnya, saat ini sedang ngetrend jam tangan, anda bisa menjadikan jam tangan sebagai bisnis anda. Belilah beberapa model jam tangan yang sedang populer, lalu pasarkan kepada teman anda, rekan kerja, atau orang sekitar lainnya, jangan lupa promosikan secara online, biasanya efeknya lebih bagus untuk kemajuan bisnis anda.

3. Ciptakan produk atau jasa sendiri yang menarik perhatian

Pikirkan hal-hal aneh yang belum dirambah orang lain. Ciptakan sendiri produkmu dengan penuh kekreatifitasan lebih unik daripada yang lainnya. Misalnya dengan membuat makanan atau minuman dari buah yang rasanya kurang disukai oleh banyak orang, kemudian anda olah menjadi makanan atau minuman yang lezat dikonsumsi. Atau dengan menciptakan jasa yang belum pernah ada, seperti jasa pembuatan Surat Lamaran dan CV keliling, Jasa mandi hewan keliling, atau jasa mencarikan barang hantaran lamaran atau jasa-jasa lainnya.

Setiap mempunyai ide yang kreatif segeralah lakukan survey pasar mengenai ide tersebut. Walaupun respon awal sedikit mengecewakan tetapi tetaplah berusaha jangan patah semangat. Mungkin saja bisnis yang anda ciptakan akan menjadi trend di tahun-tahun berikutnya.

4. Tambahkan nilai pada produk yang sudah anda jalankan

Sebelumnya anda hanya menjual apa adanya saja, tetapi sekarang mulailah menambah cara promosi. Selain menambah nilai produk yang anda jual, juga bisa sebagai promosi produk lainnya. Sebagai contoh, anda menjual sepatu paketkanlah dengan kaos kaki, dengan begitu bukan hanya sepatu saja yang laku tetapi kaos kaki juga laku. Selain itu, berikan layanan cara perawatan sepatu atau tambahkan juga dengan gratis semir sepatu untuk sepatu dari merek tertentu.

5. Riset Pasar

Mencari ide atau peluang bisnis juga perlu dibarengi dengan melakukan riset pasar. Sehingga anda tahu barang apa, produk apa, merk apa atau jasa apa yang sedang booming saat ini. Yang bisa anda manfaatkan untuk berbisnis nantinya. Ingat untuk membangun sebuah bisnis tidaklah langsung menuai keberhasilan, ada langkah-langkah yang harus dilalui. Di dalam langkah tersebut biasanya terdapat berbagai macam gangguan yang mungkin saja akan menggagalkan bisnis anda. Tetapi jika anda berhasil melaluinya dengan baik, maka bisnis anda semakin kokoh dan berkembang lagi. Baca juga: 9 Kebiasaan yang Menyebabkan Gagal Berbisnis.

Riset pasar merupakan cara ampuh yang banyak dilakukan para pengusaha untuk mengembangkan ide bisnis mereka. Misalnya anda ingin membuka usaha distro, sebelumnya kunjungilah beberapa distro atau bertanya kepada beberapa anak muda yang suka keluar-masuk distro. Carilah informasi bahan seperti apa yang banyak disukai pembeli, trend mode yang bagaimana, mungkin juga mengetahui kisaran harga yang biasanya dicari pembeli akan diperlukan untuk membantu bisnis distro anda. Usahakan secara rutin melakukan riset pasar, agar bisnis anda berjalan lancar.

6. Gambarkan atau tulis ide-idemu pada sebuah buku

Setelah beberapa hal di atas, anda perlu mecatat atau menggambarkan beberapa ide atau peluang bisnis yang anda pilih. Gambarkan secara rinci apa saja yang perlu dimiliki untuk membuka usahanya dan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk memulainya. Amati dengan baik, pilih yang benar-benar cocok untuk anda dan anda yakin bisa menanganinya. Lalu segeralah wujudkan ide tersebut menjadi kenyataan, kelola dengan penuh keyakinan serta selalu memberikan pelayanan prima kepada setiap pengunjung toko anda. Entah dia bermaksud untuk membeli maupun hanya sekedar melihat-lihat saja. Bayangkan pengunjung adalah diri anda, jadi anda akan memperlakukannya sama dengan diri anda ingin diperlakukan.

Demikianlah 6 Tips Menemukan Peluang Bisnis yang Tepat Bagi Diri Sendiri, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- peluang usaha yg keluar dari diri sendiri - usaha apa yg pas untuk diri kita sendiri
Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015