Bisnis batu akik
Batu akik yang dijual di dataran puncak Jabal Rahmah, Mekah (Ilustrasi/wikimedia)

6 Tips Memulai Bisnis Batu Akik

33 views

Batu akik adalah batu kristal yang terbentuk dari silikon dioksida, sehingga terlihat cerah dan mengkilap. Seiring tren yang beredar pada masyarakat tentang batu akik, membuatnya menjadi barang yang memiliki nilai komersial yang cukup tinggi. Terlebih saat batu akik dijadikan salah satu batu mulia, bahkan menjadi hadiah yang diberikan pada saat acara konvensi Asia, Bandung.

Oleh karena itu, peluang bisnis batu akik cukup menjanjikan dan menggiurkan. Sehingga memberikan peluang usaha yang besar, dengan permintaan yang tinggi dan lingkup usaha yang luas. Karena batu akik bisa digunakan untuk pria maupun wanita. Pada dasarnya batu yang awalnya tidak berharga sama sekali, setelah melalui proses yang cukup panjang memiliki nilai yang sangat luar biasa.

Bisnis batu akik
Batu akik yang dijual di dataran puncak Jabal Rahmah, Mekah (Ilustrasi/wikimedia)

Untuk harga satu buah batu akik kini bisa mencapai jutaan bahkan sampai ratusan juta, sehingga bisnis ini sangatlah menggiurkan dan cukup menjanjikan. Jika Anda tertarik dengan usaha ini dan ingin membuka usaha batu akik, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Mempelajari Tentang Batu Akik

Sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya untuk mempelajari batu akik terlebih dahulu dengan seksama. Karena batu akik memiliki banyak macamnya, sehingga harus mempelajarinya terlebih dahulu. Sebab sangatlah riskan bila memulai suatu bisnis yang sama sekali kita tidak tahu, hanya tergiur dengan keuntungan yang akan diterima.

Hal-hal yang Anda harus pelajari tentang batu akik tersebut ialah jenis batu apa, karakter batu, serat batu dan asal batu dari mana. Sebab semua batu memiliki karakter yang berbeda-beda dari setiap daerah batu itu sendiri.

2. Menentukan Segmen Pasar

Dengan memilih segmen Anda akan terfokus dalam satu bisnis batu akik, sebab dalam bisnis batu akik banyak sekali pilihan segmen pasar dalam usaha batu akik. Sebaiknya saat ingin menentukan segmen harus disesuaikan dengan kemampuan Anda, sehingga hasil dalam pengerjaan akan lebih maksimal. Kemampuan yang dimaksut ialah kemampuan untuk memoles batu, membuat bingkai atau ikatan batu dan kemampuan untuk melakukan pemasaran.

Sulitnya seseorang memiliki semua kemampuan ini secara bersamaan, solusi yang sangat tepat ialah mencari karyawan atau melakukan kerja sama. Dengan menggunakan sistem bagi hasil, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan kemampuan yang sudah saya jelaskan tadi.

3. Modal Usaha

Untuk memulai bisnis ini tidak perlu memerlukan modal yang sangat besar, cukup dengan menggunakan uang tabungan atau simpanan Anda. Sehingga bila terjadi sesuatu dengan bisnis ini, tidak akan berpengaruh dengan kodisi keuangan rumah tangga Anda. Mengingat bahwa bisnis ini merupakan bisnis yang bersifat musiman, oleh karena itu kita harus memikirkan kemungkinan yang akan terjadi ke depannya.

4. Survey Lokasi Produksi

Untuk bisa mendapat keuntungan yang besar. Anda harus mengetahui tempat produksi dengan hasil terbaik, sehingga akan diminati oleh banyak konsumen. Sebagai pemula dalam bisnis ini, sebaiknya Anda cukup mensurvey di lokasi dekat tempat tinggal. Karena setiap daerah di Indonesi memiliki keunikan masing-masing dari setiap batunya.

5. Survey Harga Pasar

Untuk memulai usaha ini Anda harus tahu bagaimana harga pasaran tentang batu yang dijual, sehingga harga batu tidak terlalu mahal atau terlalu murah. Selain itu Anda juga akan mendapatkan ilmu atau cara untuk menjual batu akik dari setiap penjual yang ditemui. Oleh karena itu semakin sering melakukan survey, akan semakin bagus untuk perkembangan usaha. Anda bisa melakukannya ke tempat-tempat yang melakukan perdagangan batu akik. Bisa juga mengecek harga batu melalui internet.

6. Inovasi Menjalankan Bisnis Batu Akik

Dengan memberikan inovasi dalam bisnis batu akik, akan membuat pelanggan menjadi tertarik dan tidak jenuh dengan model dari batu akik Anda. Untuk para pengrajin batu akik, bisa dengan cara memoles dan membentuk batu akik menjadi sesuatu. Bisa menjadi bentuk hewan atau sebagainya. Semakin banyak melakukan inovasi akan membuat harga jual batu akik akan lebih meningkat.

data-ad-format="link">