Jadi jutawan muda
Jadi jutawan muda (Ilustrasi/pixabay)

6 Tips Jadi Jutawan Muda

491 views

Menjadi jutawan, sekarang tak harus menunggu usia dewasa lho. Banyak anak muda yang penghasilannya bahkan melebihi para seniornya di dunia bisnis. Sebut saja Mark Zuckerberg yang sukses dengan facebook, atau si belia Ayan Qureshi, bocah Pakistan yang sudah dipinang microsoft untuk menjadi bagian tim otak atik komputer, dan masih banyak lagi. Kalau Anda mau menyusul kesuksesan mereka, Yuk ikuti tips berikut ini:

6 Tips Jadi Jutawan Muda

Jadi jutawan muda
Jadi jutawan muda (Ilustrasi/pixabay)
  1. Berawal Dari Hobi

Kebanyakan anak muda yang berhasil, memulai karir dari kegiatan yang disenanginya. Misalnya Anda suka masak, Anda bisa mulai mencoba resep-resep baru yang belum pernah dibuat oleh orang lain. Lalu iseng-iseng menawarkan kepada teman, tetangga, dan keluarga dekat. Kalau berpotensi untuk dikembangkan, maka ini merupakan peluang usaha yang bakal membuat Anda sukses nantinya.
Atau Anda hobi menggambar, tak ada salahnya mulai mencoba membuat komik sendiri dari hasil gambar-gambar tersebut. Lalu aplot ke akun media sosial Anda. Kalau banyak yang suka, ini merupakan langkah awal menjadi seorang komikus terkenal, bahkan bisa jadi Anda malah direkrut oleh perusahaan komik dunia, wah keren kan.

Tapi mungkin masalahnya adalah Anda masih bingung mau menekuni hobi apa. Jangan khawatir, ikuti kata hati saja, kalau Anda memiliki banyak hobi, coba telaah mana yang rasanya paling menyenangkan bagi Anda. Karena memulai kesuksesan dari hobi harus yang benar-benar yang disukai dan tidak membuat bosan.

2. Intip Kiat Dari Orang Sukses

Keberhasilan itu tidak datang dengan sendirinya. Anda harus mencari cara agar bisa meraihnya. Dan yang terpenting adalah mau belajar. Lalu dimana bisa belajar? Tidak perlu kursus kok. Anda bisa baca buku kiat sukses dari para pebisnis yang sudah jadi jutawan atau malah miliarder. Atau searching di internet, pahami dan kemudian Anda bisa mulai mengaplikasikannya pada bidang yang akan Anda geluti. Semakin banyak Anda belajar, semakin besar peluang sukses akan datang.

3. Gagal? No Way!

Namanya juga anak muda, biasanya masih belum matang dalam berfikir. Alih-alih sukses, ketika melihat ada sedikit kendala saat memulai usaha malah langsung menyerah. Nah, Anda harus buang jauh-jauh sifat pesimistis itu. Karena seperti kata pepatah keberhasilan itu adalah kegagalan yang tertunda. Artinya, tanpa adanya kegagalan atau masalah dalam suatu bisnis, Anda tidak akan pernah tahu bahwa ada cara lebih baik untuk menuai kesuksesan di balik itu.

4. Gali Kreativitas

Satu yang tak boleh Anda tinggalkan adalah mengasah terus kreativitas di bidang yang disukai. Ini akan semakin memberi peluang Anda untuk jadi profesional di bidang yang digeluti meskipun masih berusia muda. Jangan hanya karena sudah tenar karena bisnis lancar, lalu Anda puas dan tidak berupaya mencari hal-hal baru untuk dikembangkan. Ini bisa berakibat impian Anda jadi jutawan melayang secara perlahan-lahan. Karena persaingan di dunia bisnis dan industri sangat tinggi, ketika Anda hanya terpaku pada satu pola usaha saja, sudah pasti akan tergerus oleh waktu.

5. Jangan Sombong

Tahukah Anda, orang sukses yang terkenal itu kepribadian dan kesehariannya selalu sederhana. Lihat saja, Carlos Slim si manusia terkaya sedunia, yang masih menempati rumahnya yang dibangun sejak 40 tahun lalu, walau duitnya tak terhitung lagi dan bisa membeli apa saja yang diinginkan, tapi pria Meksiko ini tetap bergaya hidup sederhana. Nah, Anda bisa menirunya. Karena lebih baik menggunakan uang untuk hal berguna ketimbang mengamburkannya hanya untuk kepuasan sesaat saja.

6. Ayo Nabung!

Dari kecil Anda pasti sudah diajarkan untuk menabung bukan? Begitu juga ketika Anda sudah mulai punya penghasilan sendiri walaupun usia masih muda. Tetaplah memakai pola menabung. Karena tidak ada siapapun di dunia yang bisa menyangkal betapa pentingnya menabung. Ingat, roda kehidupan selalu berputar, tak selamanya Anda akan sukses. Paling tidak tabungan Anda bisa menyelamatkan Anda ketika berada di posisi sulit.

Sekian tips jadi jutawan muda. Semoga bermanfaat bagi generasi muda yang berpotensi untuk jadi sukses.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- ide bisnis jutawan com - peluang jutawan