Tips mendapatkan kredit dengan bunga rendah
Tips mendapatkan kredit dengan bunga rendah (Ilustrasi/pixabay)

6 Tips Dapatkan Kredit dengan Bunga Rendah

59 views

Banyak orang bilang, sekarang ini zamannya serba kredit. Dari rumah hingga panci buat masak pun, saat ini bisa dibeli dengan cara mencicil atau kredit. Namun terkadang, kita sering terbentur pada bunga kredit yang cukup tinggi, saat akan mengajukan program cicilan di bank maupun di lembaga pembiayaan lainnya. Nah, agar Anda bisa mendapatkan kredit di bank dengan suku bunga yang cukup rendah, ada baiknya Anda lakukan beberapa hal berikut ini:

data-ad-format="link">
Tips mendapatkan kredit dengan bunga rendah
Tips mendapatkan kredit dengan bunga rendah (Ilustrasi/pixabay)
  1. Jika Anda ingin mengambil kredit di bank, terutama Kredit Pemilikan Rumah, sebaiknya cek dulu rate suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia saat Anda akan menandatangani surat perjanjian kredit di bank yang Anda pilih. Sebab, di salah satu isi perjanjian kredit, selalu tertera bahwa suku bunga kredit yang berlaku adalah suku bunga saat pengajuan kredit tersebut ditandatangani kedua belah pihak (nasabah dan pihak bank). Sehingga, meskipun Bank Indonesia menurunkan rate suku bunga kredit, namun suku bunga yang berlaku untuk Anda adalah tetap, atau suku bunga yang berlaku saat Anda menandatangani perjanjian kredit. Jadi, sebaiknya ajukan kredit saat Bank Indonesia sedang menurunkan BI rate karena dengan begitu perbankan pun akan ikut menurunkan suku bunga kredit mereka.
  2. Ada baiknya, Anda membandingkan suku bunga kredit dari masing-masing bank yang ada. Mana yang terendah, itulah yang Anda pilih. Biasanya, saat semester kedua atau bila akan tutup tahun, beberapa bank sering “perang suku bunga”. Ada yang menawarkan suku bunga, utamanya untuk Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Pemilikan Mobil antara 7%, 8%, 9% dan 10% dengan batas waktu pemberlakuan yang juga beragam. Ada yang memberikan suku bunga terendah dengan waktu 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, bahkan ada yang nekat memberikan suku bunga terendahnya dalam waktu 5 tahun. Secara kalkulasi, hal ini tentu menguntungkan. Karena dengan tenor atau masa kredit selama 10 tahun misalnya, Anda bisa menikmati suku bunga yang rendah paling tidak selama beberapa tahun lamanya. Lumayan kan?
  3. Saat akan menandatangani perjanjian kredit, jangan lupa cek kembali suku bunga kredit dari bank yang bersangkutan. Bisa saja Anda minta bank untuk menyesuaikan suku bunga yang akan diberlakukan pada Anda dengan BI rate yang berlaku saat akan menandatangani perjanjian kredit. Intinya, tidak ada yang tidak bisa dinegosiasikan, selama masih masuk akal dan tidak saling merugikan.
  4. Jika Anda terlanjur mendapatkan suku bunga kredit yang tinggi saat mengajukan pinjaman di bank sedangkan bunga kredit yang berlaku saat ini sudah turun, cobalah minta keringanan untuk pihak bank menyamakan suku bunga kredit yang berlaku saat ini.
  5. Berusahalah selalu berhubungan baik dengan pihak bank, baik saat kredit Anda sudah disetujui maupun saat Anda baru akan mengajukan kredit di bank. Hal itu agar Anda bisa dengan mudah mendapatkan segala informasi mengenai perbankan, terutama terkait suku bunga kredit atau kemudahan-kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari perbankan.
  6. Sering-seringlah membaca atau mencari informasi mengenai perbankan, misalnya terkait suku bunga terkini yang diberlakukan oleh Bank Indonesia. Sebaiknya, Anda juga sering berkomunikasi dengan pihak bank yang telah memberikan kredit kepada Anda, agar terjalin hubungan komunikasi yang harmonis. Karena, semakin harmonis hubungan Anda dengan pihak bank, semakin mudah Anda mendapatkan berbagai keringanan terkait kredit Anda dan suku bunganya.