Pekerjaan freelance paling populer
Pekerjaan freelance paling populer (Gambar Ilustrasi: Shutterstock.com/Olga Danylenko)

6 Macam Pekerjaan Freelance Paling Populer

590 views

6 Macam Pekerjaan Freelance Paling Populer – Pekerjaan secara freelance merupakan pekerjaan yang menyenangkan, pekerjaan yang tak perlu waktu banyak untuk menyelesaikannya. Tidak harus seharian di kantor menghadap komputer berangkat jam 8 pagi dan pulang jam 4 sore. Pekerjaan freelance bisa dikerjakan kapan saja sesuai keinginan pekerjanya, tak terikat waktu. Apalagi jika pekerjaan freelance itu sesuai dengan minat dan bakat, sungguh sangat menyenangkan serta akan berlangsung lama.

Walau kelihatannya freelance, namun pendapatannya tak kalah dengan yang bekerja secara full time, malah terkadang melebihi. Yah itulah keuntungan pekerjaan freelance, bekerja sebentar tetapi menghasilkan secara maksimal. Sebenarnya apabila seluruh masyarakat Indonesia tahu bahwa dengan ketrampilan yang dimiliki tetap mampu menghasilkan uang, pasti tidak akan ada lagi pengangguran.

Mereka terpaku dengan pekerjaan yang menggunakan ijazah untuk dapat masuk ke dalamnya. Jadi, Bagaimana menghasilkan uang tanpa memandang ijazah tidak terpikirkan oleh mereka. Padahal begitu banyak pekerjaan freelance yang mementingkan bakat dan ketrampilan bukannya diharuskan mempunyai ijazah atau sertifikat tertentu, seperti di bawah ini :

6 Macam Pekerjaan Freelance Paling Populer

Pekerjaan freelance paling populer
Pekerjaan freelance paling populer (Gambar Ilustrasi: Shutterstock.com/Olga Danylenko)
  1. Penulis freelance

Jika anda memang mempunyai kebiasaan menulis, senang menumpahkan isi pikiran ke dalam tulisan, ada baiknya anda menjadi seorang penulis lepas. Menulis merupakan pekerjaan freelance terbanyak dibutuhkan. Baik itu penulis novel, cerpen apalagi penulis yang mengisi blog atau website. Penulis online memang sangat paling dicari karena seiring berjalannya waktu, banyak orang tahu bahwa mengepost artikel pada blog atau website itu dibayar oleh google (Red: Melalui jaringan periklanan yang namanya Google Adsense). Pembayarannya pun dengan kurs dollar, sehingga ketika dollar naik seperti sekarang ini penghasilan para blogger semakin besar. Semakin banyak artikel yang ada di website akan semakin banyak pula menarik pengunjung dan imbasnya menambah penghasilan. Makanya, penulis freelance selalu dicari agar artikel mereka bertambah banyak. Pekerjaan ini juga jarang yang memandang tingkat pendidikan, asalkan pekerjaannya bisa memenuhi kriteria pemilik website tentukan pasti diterima.

[Baca: Lowongan penulis lepas]

2. Guide atau pemandu wisata

Di indonesia tersebar tempat eksotis yang keindahannya mampu menarik turis asing maupun domestik untuk mengunjunginya. Tidak hanya pulau Bali, Lombok, saja, tetapi di daerah anda pasti terdapat tempat tujuan wisata yang ramai dikunjungi. Jika anda seorang yang suka traveling mempunyai wawasan luas tentang tempat wisata di Indonesia atau bahkan dunia, terlebih lagi kalau anda mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang sempurna, jangan ragu melamar ke biro wisata untuk menjadi guide.

Manfaatkan keahlian, pengetahuan serta hobi anda supaya dapat menghasilkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup. Dengan begitu selain niat anda mencari uang, masih bisa menikmati keindahan tempat wisata yang anda kunjungi. Menyenangkan!

3. Reporter atau Kontributor

Anda mempunyai minat dengan jurnalistik atau memang kuliah di bidang jurnalistik, cobalah mencari pekerjaan sebagai reporter freelance sebuah media. Sekarang, jurnalis tak perlu bekerja secara fulltime di kantor, melainkan karena adanya internet, citizen jurnalis saat ini mampu memberikan kontribusi terbaiknya untuk memberitakan informasi juga.

Baik media cetak maupun media elektronik membuka kesempatan bagi pecinta jurnalis lokal dalam menunjukkan bakatnya. Pekerjaannya nampak sederhana tetapi cukup menantang, yaitu anda harus memberikan laporan lengkap dari tempat yang ditentukan pihak media. Ataupun anda disuruh menceritakan secara rinci tentang daerah tempat anda tinggal.

4. Editor atau proofreader

Anda mempunyai keahlian meneliti tulisan sesuai dengan aturan EYD? Bila iya, cobalah melamar menjadi editor pada penerbit buku online atau offline. Mereka umumnya membutuhkan editor untuk meneliti tulisan para penulisnya sebelum diproses ke tahap berikutnya. Tugas anda adalah mengoreksi naskah dalam penggunaan bahasanya, kenyamanan ungkapannya serta mencari kesalahan tulisan pada naskah, lalu sesuaikan dengan aturan EYD, dan lain-lain. Untuk itu dibutuhkan seseorang yang sabar, teliti serta perasa keindahan bahasa yang tinggi.

5. B*rista atau seseorang yang menyajikan kopi kepada pelanggan

Anda yang setiap harinya nongkrong di coffe shop bersama teman atau sahabat? Suka juga mencoba bermacam-macam jenis minuman baru? cobalah menjadi b*ristanya, lowongan b*rista biasanya ditawarkan oleh coffee shop khususnya part time atau paruh waktu. Syaratnya mudah saja, bawa CV beserta resume dan pengalaman tidak terlalu dipentingkan di sini. Selain itu, jam kerja dapat menyesuaikan waktu luang yang anda miliki. Tidak hanya penghasilan yang anda terima, tetapi juga dapat mencium bermacam jenis harumnya kopi yang merupakan minuman favorit anda.

6. Fotografer

Saat ini banyak orang yang kegandrungan untuk difoto, baik di acara besar mereka, di tempat wisata maupun sedang sendirian di taman. Foto memang diperlukan karenanya moment dapat diabadikan sampai waktu yang lama. Nah, anda yang mempunyai hobi memotret dan memiliki peralatan lengkap ala fotografer kenapa tidak mencoba skill anda itu?

Pertama-tama carilah tempat wisata yang ramai di daerahmu, lalu jadilah fotografer freelance dengan foto langsung jadi, tentu hasilnya cukup lumayan. Bayangkan saja, sehari sepuluh orang anda sudah dapat berapa? Setelah itu tawarkan jasamu saat ada pernikahan teman, sahabat, keluarga dan orang kenalan anda.

Sekarang anda sudah tahu beberapa pekerjaan freelance yang cukup menguntungkan bagi anda. Tentu lebih menguntungkan jika anda melakukan pekerjaan part time, waktu anda banyak tersisa untuk keluarga, teman maupun kekasih tercinta. Profesi ini selain memberikan anda pendapatan, bisa untuk melatih keahlian menjadi lebih baik lagi, dan merupakan pengalaman menyenangkan yang bisa anda jadikan referensi untuk melamar pekerjaan full time.

[Baca juga: 6 Kiat Mengatur Keuangan Bagi Pebisnis Freelance]

Demikianlah 6 Macam Pekerjaan Freelance Paling Populer, Semoga apa yang kami rangkum di atas memberikan anda manfaat dan inspirasi dalam menghasilkan uang. Mulailah temukan keahlian anda, jadikan lebih bermanfaat bagi kehidupan anda. Hindari rasa malu atau minder, tetapi demi masa depan apapun jalannya harus ditempuh yang penting halal dan lurus.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- https://www infoidebisnis com/6-macam-pekerjaan-freelance-paling-populer/ - ide bisnis freelance - ide usaha freelance - jenis pekerjaan freelance