Cara Terbaik Berikan Penghargaan Karyawan Berprestasi
Cara Terbaik Berikan Penghargaan Karyawan Berprestasi (Ilustrasi/pixabay)

6 Cara Terbaik Berikan Penghargaan Karyawan Berprestasi 5/5 (1)

1,145 views

Karyawan yang berhasil memberikan penampilan terbaik dalam menyelesaikan tugas, patut untuk mendapatkan penghargaan. Penghargaan yang diberikan tidak harus berupa kenaikan gaji yang dilakukan secara permanen. Pemberian penghargaan dapat dengan banyak cara lainnya. Tentu saja beberapa macam penghargaan yang diinginkan seperti jadwal fleksibel, asuransi jiwa, dan liburan.

6 Cara Terbaik Berikan Penghargaan Karyawan Berprestasi

1. Note Terima Kasih

Jika Anda memiliki pegawai berprestasi, buatkanlah mereka sebuah note kecil yang berisikan kata terima kasih. Tulisan tersebut buatlah dengan sepenuh hati dan dengan menggunakan kertas yang berwarna. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari kata terima kasih, apalagi jika datangnya dari atasan. Catatan kecil tersebut bisa menjadi motivasi bagi mereka yang telah berprestasi untuk terus berprestasi.

2. Jadwal Fleksibel

Salah satu hadiah yang paling menguntungkan bagi karyawan berprestasi yaitu jadwal yang fleksibel. Biarkan mereka bekerja kapanpun dan di manapun mereka inginkan. Hal ini yang paling menguntungkan, karena memungkinkan pegawai berkumpul bersama orang tua mereka yang harus mereka rawat atau sambil merawat anak mereka di rumah. Namun pegawai tersebut tetap harus bisa menjamin bahwa tanggung jawab yang dibebankan kepadanya tetap dapat terselesaikan. Ketika seluruh tugas tersebut telah selesai, dapat dikumpulkan dengan menggunakan email. Perusahaan yang memberikan waktu yang fleksibel dan kebebasan tempat bekerja untuk pegawainya yaitu Yahoo.

3. Liburan

Cara Terbaik Berikan Penghargaan Karyawan Berprestasi
Cara Terbaik Berikan Penghargaan Karyawan Berprestasi (Ilustrasi/pixabay)

Apa yang Anda butuhkan setelah seharian bekerja dan ingin menikmati hidup sejenak. Jawabannya ialah liburan. Pegawai juga membutuhkan liburan untuk membuat pikiran mereka menjadi fresh. Berikanlah waktu untuk berlibur bagi pegawai yang berprestasi. Berlibur dapat memicu kreativitas mereka pada saat mereka kembali bekerja. Jadi tidak ada salahnya memberikan kepada mereka satu hari untuk berlibur. Bagaimana jika ternyata di kantor Anda sedang ada deadline yang mengejar untuk segera diselesaikan dan setelah itu ada setumpuk pekerjaan. Jika satu hari dirasa terlalu banyak waktu yang diberikan kepada pegawai, mungkin Anda perlu mencoba untuk membiarkan mereka masuk setengah hari dan biarkan agar mereka pulang lebih awal. Libur setengah hari bagi pegawai juga sudah sangat berharga.

4. Asuransi Jiwa

Hadiah asuransi jiwa tidak akan menarik bagi pegawai yang masih muda. Namun hadiah ini akan sangat berharga bagi pegawai yang sudah memiliki keluarga ataupun bagi pegawai yang sudah tua. Cara ini merupakan cara yang sudah termasuk sering digunakan oleh perusahaan di Indonesia.

5. Perawatan Anak

Setiap orang tua pasti sangat memperhatikan anaknya. Namun orang tua memiliki kewajiban untuk menghidupi dan mencarikan nafkah untuk anak mereka dan seringkali hal ini membuat mereka tidak memiliki banyak waktu untuk merawat anak mereka. Di sinilah kesempatan perusahaan untuk memberikan hadiah kepada pegawai yang berprestasi dengan cara memberikan fasilitas perawatan anak. Cara ini juga sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan seperti Chevfron dan Pertamina. Kedua perusahaan tersebut telah memiliki TK untuk merawat anak‚Äďanak dari pegawai yang bekerja di perusahaan tersebut.

6. Beri Kejutan di Rapat Berikutnya

Siapa yang tidak suka dengan kejutan. Buatlah kejutan bagi pegawai Anda yang telah berprestasi dengan cara seperti membelikan kue tart pada rapat berikutnya. Di kue tersebut ada baiknya ada tulisan nama pegawai Anda yang telah berprestasi. Kejutan kecil seperti ini dapat memotivasi pegawai lainnya untuk turut berprestasi di lain waktu.

Demikianlah 6 Cara Terbaik Berikan Penghargaan Karyawan Berprestasi, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- contoh penghargaan karyawan terbaik - contoh sertifikat penghargaan karyawan terbaik - contoh tulisan hadiah buat karyawan terbaik - format pemberian penghargaan karyawan terbaik - hadiah untuk karyawan terbaik - pemberian hadiah anak karyawan yang berprestasi

Novia Nur FS
Kontributor Info Ide Bisnis Yogyakarta