Cara sukses membuka usaha laundry
Cara sukses membuka usaha laundry (Ilustrasi/pixabay)

6 Cara Sukses Membuka Usaha Laundry

297 views

Membuat usaha sendiri menjadi keinginan setiap orang terlebih bagi mereka yang mulai bosan dan jenuh dengan pekerjaan yang selama ini mereka kerjakan atau buat mereka yang terkena PHK dari perusahaan tempat mereka bekerja dan ingin membuka usaha yang mudah tanpa harus memiliki kemampuan yang khusus seperti membuka usaha laundry.

Sebagai orang yang baru ingin membuka usaha laundry pastilah sangat bingung apa saja yang harus dilakukan untuk memulai usaha. Oleh karena itu sebaiknya anda buat perancangan pembuatan bisnis laundry terlebih dahulu sebelum memulainya, sebab anda harus tahu tahapan untuk membuat bisnis laundry. Berikut ini tahapan yang harus diperhatikan saat pertama kali membuka bisnis laudry.

1. Lokasi atau Tempat

Cari dan pilih tempat yang strategis seperti tempat yang dilalui oleh banyak orang dan juga memiliki kesibukan yang cukup tinggi sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka. Bisa juga membukanya di rumah anda sendiri. Namun, bisa juga dilakukan keduanya secara bersama-sama. Tetapi harus diperhatikan juga biaya antar jemput pakaian anda, karena semakin dekat dengan costumer bisa mengurangi cost perusahaan.

Cara sukses membuka usaha laundry
Cara sukses membuka usaha laundry (Ilustrasi/pixabay)

2. Mesin Cuci

Tentunya mesin cuci merupakan kunci dari berjalannya bisnis ini karena untuk meningkatkan kualitas dan mengurangi waktu yang dibutuhkan serta efisiensi dalam pengerjaan. Namun, jangan terlalu terburu-buru untuk membeli banyak mesin cuci, sebaiknya tunggu sampai usaha anda sudah cukup ramai dan anda merasa membutuhkan mesin lagi untuk menyelesaikan dan mempersingkat waktu pengerjaan. Bisa membeli mesin cuci yang baru atau bekas sesuai dengan modal yang ada dan harus diperhatikan kelebihan dan kekurangan dari mesin cuci yang akan anda beli.

3. Karyawan

Cari dan pilih karyawan yang tinggal dekat dengan tempat usaha anda, setidaknya sediakan tempat untuk mereka seperti mess atau ruangan di dalam tempat laundry anda sehingga saat mereka lembur tidak perlu melakukan perjalanan jauh dan akan membuat karyawan anda menjadi lebih nyaman untuk bekerja di tempat anda.

Bisa juga dengan mencari karyawan dari orang yang anda kenal, selain akan menimbulkan rasa percaya pada diri anda bisa juga mengurangi cost yang ada dan juga membantu orang yang anda kenal dalam mencari pekerjaan.

Rekrut karyawan sesuai dengan kebutuhan dan lamanya jam buka usaha sehingga tidak mengalami kerugian atau menyiksa karyawan anda. Contohnya bila perusahaan anda buka sampai malam sebaiknya gunakan 2 shift yaitu pagi dan malam, satu shift membutuhkan 2 orang dalam pengerjaan jadi butuh 4 orang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Perhatikan juga jam kerja selama 8 jam dan bila lebih dari itu harus ada uang lembur untuknya. Hal ini memang menjadi pengeluaran yang sangat besar. Namun, akan menjadi asset yang sangat berharga untuk anda.

4. Perlengkapan Mencuci

Selain mesin cuci yang anda butuhkan ada juga perlengkapan yang harus dipenuhi untuk menunjang usaha laundry anda dan sebaiknya tempat usaha anda direnovasi agar terlihat rapi dan bersih sehingga membuat costumer dan karyawan anda nyaman. Perlengkapan yang diperlukan sehari-hari seperti meja setrikaan, bangku, keranjang pakaian, ember, rak baju dan lemari, siapkan juga plastik untuk membungkus baju dan hanger untuk pakaian yang tidak boleh dilipat.

5. Bahan Kimia Untuk Cucian

Gunakan bahan kimia yang terbaik agar dapat memuaskan pelanggan anda , tetapi harus anda perhatikan juga harganya jangan sampai anda membelinya di supermarket malah mengalami kerugian. Sebaiknya sebelum anda membeli terlebih dahulu hitung berapa harga laundry anda perkilonya dan berapa keuntungan yang anda terima jangan sampai malah merugikan usaha anda. Bahan yang dibutuhkan untuk mencuci pakaian sudah pasti pertama deterjen dan beberapa bahan lagi diantaranya softener, penghilang noda dan parfum laundry anda dan pilihlah wangi yang disukai orang banyak, karena ini akan menjadi salah satu identitas tempat laundry anda sebagai promosi tanpa memerlukan biaya tambahan

6. Pemasaran

Pemasaran menjadi kunci utama apakah usaha anda akan ramai dan diminati banyak orang atau tidak, karena tanpa ada pemasaran orang tidak akan ada yang tahu kalau tempat anda merupakan laundry kiloan. Maka ada beberapa cara untuk anda gunakan sebagai alat pemasaran, contohnya membuat pamflet di depan usaha dan di pinggir jalan dekat usaha anda, membuat spanduk dan bisa juga dengan menyebarkan brosur usaha anda.

Bisa juga mempromosikannya dengan menggunakan jejaring social, seperti menggunakan facebook. Berikut ini beberapa cara untuk mempromosikan dengan menggunakan facebook.

  • Membuat group Khusus Usaha Laundry

Ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk menarik perhatian orang banyak, karena dengan membuat group untuk promosi akan mempermudah calon costumer mengakses informasi tentang usaha laundry Anda, sehingga dapat menarik minat costumer lebih banyak mengingat pengguna facebook yang sangat banyak.

Optimalkan group facebook Anda, seperti membuat nama yang berkaitan dengan usaha yang dijalani. Hal yang harus diperhatikan jangan menggunakan nama usaha karena kurang menarik, jadi buatlah nama yang dapat menarik bagi orang. Namun, tetap berkaitan dengan usaha Anda.

  • Perbanyak Teman Sesuai Target

Mencari teman yang sesuai dengan usaha laundry, sehingga pada saat melakukan update status tidak akan menjadi sia-sia. Misalkan Anda ingin menjual pakaian untuk pria, maka tidak mungkin mencari teman yang wanita saja. Bagaimana cara mendapat teman yang sesuai target ialah dengan mencari di beberapa group yang sesuai dengan usaha. Hal ini bertujuan untuk memperbanyak fanpage atau orang yang berhubungan dengan usaha Anda.

Catatan: jika melakukan penambahan teman secara besar-besaran sebaiknya mencari orang yang belum lama posting di facebook untuk menghindari penumpukkan permintaan pertemanan. Sebab bila terlalu banyak permintaan akan mendapat sanksi dari facebook yaitu akun akan di banned permintaan pertemanannya.

  • Update Status

Hal ini bisa dijadikan alat untuk memberi tahukan usaha apa yang ada sebenarnya dan dapat memberikan alamat tempat laundry Anda sehingga calon costumer dapat dengan mudah mencari tempat usaha laundry. Bisa juga sebagai informasi tentang fasilitas apa saja yang tersedia dan program yang disediakan untuk para costumer, sehingga membuat ketertarikan untuk mencoba jasa laundry di tempat Anda.

Dengan memiliki teman yang sesuai dengan target akan membuat update status tidak menjadi sia-sia dan mereka akan membacanya , sehingga ada kemungkinan di antara mereka mau mencoba menggunakan jasa laundry di tempat Anda usaha.

  • Hindari Tag Market Terus Menerus

Setelah memiliki beberapa cara untuk melakukan promosi, maka Anda hanya perlu melakukan promosi dengan cara tag teman facebook atau posting di group lainya yang berkaitan dengan usaha Anda. Namun, hindari ngetag secara berlebihan dalam arti melakukan tag secara terus menerus. Coba berfikir bila Anda berada dalam posisi orang yang di tag bagaimana perasaannya, tentu tidak senang terlebih tag tersebut tentang promosi usaha. Hal ini akan memicu akun facebook anda di unfriend maupun diblokir.

  • Sering Memposting

Semakin sering kita memposting dengan menarik, teman yang sudah menjadi target nantinya juga pasti akan timbul rasa tertarik dan rasa ingin tahu atas apa yang sudah diposting selama ini.

  • Sertakan Foto Atau Video

Dengan menyertakan unsur berikut ini bertujuan untuk menarik perhatian orang lain, supaya mereka membuka foto atau video yang sudah Anda posting. Poin tertinggi yang bisa menarik perhatian seseorang ialah dengan melihat foto yang menarik dan bagus, maka dari itu sebaiknya masukkan foto saat Anda melakukan posting.

data-ad-format="link">