Cara berpikir entrepreneur sejati
Cara berpikir entrepreneur sejati

6 Cara Berpikir Strategis Seorang Entrepreneur Sejati

331 views

6 Cara Berpikir Pebisnis Sejati – Dalam kehidupan anda sehari-hari anda merupakan seorang atasan atau yang biasa disebut boss, tapi mengapa masih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja setiap harinya. Memang awal merintis usaha biasanya memilih ditangani sendiri, agar tidak banyak pengeluaran. Sebab, penghasilan dalam bisnis belum pasti mendapatkan keuntungan berlimpah, sehingga perlu berhemat. Selama bisnis masih belum kewalahan dikerjakan sendiri lebih baik jangan mempekerjakan karyawan terlebih dahulu.
Lalu setelah bisnis berkembang anda perlu mencari karyawan untuk membantu pekerjaan anda. Mungkin dulunya anda terbiasa menangani telpon pelanggan, bertemu dengan investor sendiri, membersihkan ruangan sendiri, dan melayani pelanggan sendiri. Tetapi setelah mempunyai karyawan anda bisa memberikan pekerjaan tersebut padanya, dengan begitu anda terasa lebih ringan dalam menata bisnis dan saatnya berpikir lebih strategis.

Sepertinya berpikir strategis itu hanyalah cara mencari alasan untuk memberikan pekerjaan kepada orang lain. Padahal tidak, anda hanya meminta orang lain membantu menyelesaikan pekerjaan anda, sementara anda sendiri mencari ide baru yang dapat mengembangkan bisnis. Terkadang ada pemimpin yang mempunyai hasrat ingin menyelesaikan semua tugas atau pekerjaannya sendiri, karena menganggap semua itu sangat penting, jangan sampai dikerjakan oleh orang lain. Kesibukan mengurus semua pekerjaan sendiri, membuat para entrepreneur lupa dengan keadaan pasar, kondisi perusahaan yang dijalankannya, serta kurang memahami risiko yang bisa saja datang kepadanya.

Pekerjaan itu memang sangat penting dan tidak boleh terdapat sedikit kesalahan saat mengerjakannya. Namun, tak bisakah dilimpahkan kepada seorang karyawan yang sudah kompeten di bidangnya? Jika ingin menjadi pemimpin yang besar haruslah bisa berpikir strategis di setiap tindakan. Akan sulit untuk bisa menjadi pemimpin strategis apabila anda kurang tahu apa yang seharusnya dilakukan seorang pemimpin strategis.

Inilah 6 cara berpikir strategis seorang entrepreneur sejati, sehingga mampu memimpin perusahaannya dengan baik dan dapat menjalin hubungan baik dengan para bawahannya serta rekan bisnisnya. Yuk, langsung simak saja uraian di bawah ini :

6 cara berpikir strategis entrepreneur sejati

Cara berpikir entrepreneur sejati
Cara berpikir entrepreneur sejati (Ilustrasi/pixabay)
  1. Antisipasi

Banyak dari seorang enterpreneur hanya melihat apa yang tersedia di depan mata saja, tanpa tahu apa yang jauh berada di depan. Jika begitu, tentu akan membahayakan dirinya apalagi ketika menghadapi pesaing yang sudah bisa membaca keadaan pasar. Langkah yang perlu anda lakukan sebagai seorang enterpreneur adalah sebelum pesaing berhasil menguasai pasar, anda harus mampu mengantisipasinya. Anda harus cekatan mengubah jalan bisnis dan selalu mencari informasi terbaru yang berhubungan dengan bisnis yang anda jalankan. Mencari informasi tak mudah bahkan sangat sulit, untuk itu perlu adanya hubungan yang baik antara anda bersama rekan bisnis yang mendukung anda. Informasi sangat dibutuhkan untuk setiap pengambilan tindakan dalam menjalankan bisnis.

2. Berpikir Kritis

Kebijakan konvensional membuat anda selalu mencurigai apapun dan mempersempit cara pandang anda tentang suatu hal. Namun, menerima semua informasi, juga bukan hal yang baik dilakukan. Oleh karenanya, anda wajib berpikir kritis untuk menunjang perkembangan bisnis. Sebagai seorang enterpreneur anda harus mampu melihat gambaran besar tentang permasalahan yang telah terjadi, sehingga anda dapat melihat apa sebenarnya akar permasalahannya. Sekarang, mulailah ubah pola pikir serta kepercayaan diri anda, waspadai apa saja yang kelihatannya rancu. Termasuk orang yang ada di sekitar anda, apakah benar mereka baik kepada anda atau hanya berpura-pura atau mereka justru ingin menjatuhkan karir anda?

3. Pandai Menafsir

Apabila menghadapi suatu masalah, sebaiknya anda secepatnya mencari solusi terbaik untuk memecahkannya. Seorang pemimpin yang strategis harus mampu mempunyai informasi yang kuat dari berbagai pihak untuk mendapatkan beberapa sudut pandang. Sehingga, anda dapat menentukan tindakan yang tepat. Supaya menjadi hebat dalam menafsir anda perlu meluangkan waktu melihat pola dari beberapa data, memotivasi bawahan agar berani melakukan hal yang sama, serta membuat beberapa pertanyaan untuk menguji kemampuan hipotesis anda. Olahlah kemampuan berpikir anda supaya lebih peka terhadap risiko yang akan mengancam.

4. Bisa Memutuskan

Di dunia ini banyak enterpreneur atau pemimpin yang gagal membuat analisa. Selain anda dapat memutuskan setiap permasalahan yang terjadi secara tepat, anda juga perlu mendorong karyawan agar dapat memutuskan sesuatu hal sendiri. Untuk bisa seperti itu, anda harus berhati-hati menempatkan masalah yang dihadapi, lalu menemukan akar permasalahan, serta menyeimbangkan antara kualitas, kecepatan dan performa kerja sebaik mungkin. Anda juga membutuhkan informasi yang cukup untuk dapat memutuskan sesuatu dengan tepat.

5. Mampu Meluruskan

Cara berpikir strategis entrepeneur sejati berikutnya adalah mampu meluruskan ketika muncul rumor yang tidak baik tentang anda. Anda harus bisa membuka dialog secara terbuka, dapat membangun kepercayaan serta mempersatukan semua pihak yang terkait dengan anda. Agar bisa melakukannya, anda harus mengetahui apa yang telah membuat seseorang dapat berpikir seperti itu, termasuk yang disembunyikannya, kemudian membawa isu ke depan publik dan membenarkannya sehingga tak ada lagi rumor buruk tentang anda dan bisnis anda. yang terakhir anda mesti membangun hubungan yang baik dengan orang sekitar, bisa mentolelir kesalahan yang pernah mereka lakukan.

6. Belajar dan Belajar

Seorang enterpreneur sejati akan selalu menggunakan waktunya untuk belajar. Setiap terdapat kesempatan dia akan memanfaatkannya untuk belajar beberapa hal yang belum dimengerti. Cobalah menerima saran dari beberapa orang di sekitarmu, belajarlah dari kegagalan perusahaan orang lain dan selalu mencari cara kreatif untuk mengembangkan bisnis anda. Untuk bisa melakukannya anda wajib menanamkan nilai kejujuran dan keberanian. Lalu anda juga perlu bertindak tanggap ketika ada bahaya yang mengancam atau telah keluar dari jalurnya. Selain itu, anda mesti menghargai kegagalan maupun kesuksesan yang pernah terjadi dalam hidup anda.

Demikianlah 6 cara berpikir strategis seorang pebisnis sejati, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- berfikir bessr sebagai entrrpreunur - Entrepreneur sejati

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015