Alasan wanita harus berinvestasi
Alasan wanita harus berinvestasi (Ilustrasi/pixabay)

6 Alasan Mengapa Wanita Harus Berinvestasi

771 views

Bukan hanya pria saja yang perlu berinvestasi tetapi wanita juga harus berinvestasi. Karena dalam hidup ini kita tidak pernah tahu apa yang terjadi nanti. Bisa saja ada peristiwa buruk yang mengharuskan anda berpisah dengan suami, sehingga anda harus berupaya mencari nafkah sendiri. Hal itu akan mampu diatasi apabila anda telah mempunyai uang simpanan yang cukup besar untuk masa-masa sulit anda ketika tidak dinafkahi suami lagi. Tetapi, bagi wanita yang tidak mempunya simpanan, sementara suaminya pun tidak mengasuransikan dirinya, lantas bagaimana nasib anda dan anak-anak selanjutnya?

Padahal saat ini banyak wanita yang bekerja bahkan penghasilannya dapat melebihi pria. Namun, sayangnya para wanita nampaknya belum paham tentang finansial, mereka lebih asik mengurus rumah tangga, anak, maupun dirinya sendiri. Sedangkan kesadaran investasi belum sampai dalam pikirannya. Bagi wanita yang terpenting kebutuhan keluarga dan dirinya sudah terpenuhi tanpa memikirkan tentang kehidupan selanjutnya. Atau mungkin ini efek dari terlalu dimanjakan suami yang membuat wanita malas berpikir tentang bagaimana kemampuan finansial di masa depan.

Mungkin juga karena wanita selalu banyak pertimbangan dalam mengelola keuangan, mereka dituntut untuk bisa mengelola sejumlah uang sehingga dapat mensejahterakan keluarganya. Dengan banyaknya masalah finansial yang terjadi di negara kita ini, sebaiknya wanita juga perlu menyisihkan sebagian pendapatannya untuk berinvestasi. Bukan hanya baik untuk yang direncanakan tapi baik pula untuk peristiwa buruk yang mengganggu keadaan finansial di masa depan. Investasi dapat dijadikan sebagai tonggak untuk mengembalikan kemampuan finansial.

[Baca juga: 7 Alasan yang membuat wanita belum bisa berinvestasi]

Makanya wanita sangat butuh pengetahuan tentang investasi, dengan begitu wanita indonesia akan mempunyai kehidupan lebih baik di masa depan. Baik untuk yang masih single maupun yang sudah berkeluarga usahakanlah agar bisa berinvestasi, karena beberapa alasan di bawah ini :

6 Alasan Mengapa Wanita Harus Berinvestasi

Alasan wanita harus berinvestasi
Alasan wanita harus berinvestasi (Ilustrasi/pixabay)
  1. Wanita kebanyakan berpenghasilan lebih kecil dibandingkan pria

Di kehidupan ini banyak wanita yang berperan sebagai tulang punggung keluarga atau pencari nafkah utama. Tetapi, ternyata menurut perbandingannya penghasilan wanita lebih rendah dibandingkan dengan pria. Padahal biasanya yang dikerjakan para wanita lebih sulit daripada pria. Apalagi bagi wanita yang berpendidikan rendah, paling dia hanya bekerja sebagai asisten rumah tangga dan pendapatan kecil. Entah mengapa begitu sulitnya tugas dan kewajiban para wanita tetapi dia mendapatkan hak yang kurang tepat baginya.

Untuk itu, wanita harus pandai menyisihkan sebagian uangnya untuk berinvestasi. Walau kecil olahlah uang tersebut agar menjadi lebih banyak nilainya. Misalnya dengan ikut reksadana 100 ribu, mengikuti tabungan emas, atau yang lainnya. Jangan sampai dihabiskan semuanya untuk keperluan rumah tangga, tunda kebutuhan yang kurang penting. Upayakan setiap bulan untuk menyisihkan sebagian uang.

2. Wanita mempunyai harapan hidup lebih lama

Menurut penelitian di Amerika Serikat, wanita mempunyai harapan hidup lebih lama ketimbang pria. Namun, wanita hanya mempunyai sedikit dana untuk disimpan sebagai dana pensiunnya. Memang hidup mati seseorang di tangan Tuhan, tetapi tak ada salahnya kita sedikit percaya dengan hal ini. Anggaplah hidup anda lebih lama, sehingga akan lebih banyak uang yang disisihkan untuk dana pensiun. Lagipula jika tidak, dana pensiun anda bisa diwariskan kepada anak-anak atau keluarga bukan? Jadi, tetaplah berguna.

Dalam hidup ini sebenarnya risiko yang dihadapi wanita lebih banyak daripada pria. Bukan hanya tentang tanggung jawabnya terhadap keluarganya, tetapi juga terhadap risiko tidak bekerja sebelum masa pensiun. Untuk itu, anda sebagai wanita yang bekerja sebaiknya selalu ingat tentang investasi, mempunyai bisnis, dan juga tabungan yang besar untuk masa depan.

3. Wanita kurang mempunyai rasa percaya diri untuk berinvestasi

Karena kurangnya pengetahuan tentang investasi membuat wanita ragu menggunakan uang untuk berinvestasi. Wanita dirasa lebih percaya diri dalam mengelola keuangan untuk kebutuhan sehari-hari (anggaran dan tabungan) bila dibandingkan untuk investasi. Mereka sulit percaya bahwa investasi menguntungkan masa depannya. Selain sulit mengerti, pengaruh dari teman-temannya juga membuat para wanita menghindar untuk berinvestasi. Tetapi bagi wanita pintar dia akan mencari informasi lebih lengkap dan jelas tentang investasi. Lalu setelah mengerti akan dengan segera berinvestasi.

4. Investasi wanita lebih konservatif

Dalam berinvestasi wanita lebih konservatif daripada pria. Bila seorang pria mungkin akan berani mengambil investasi dengan risiko tinggi agar hasilnya lebih tinggi pula. Tetapi bagi wanita tidak akan mengambil risiko tinggi untuk hasil tinggi. Wanita akan memilih investasi yang mempunyai hasil stabil dengan risiko rendah. Sebab, wanita mempunyai banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk berinvestasi daripada pria yang hanya memberikan uangnya untuk dikelola istrinya. Sehingga sangat berbeda antara pria dan wanita dalam berinvestasi.

5. Wanita selalu mempelajari dulu setiap risiko yang dihadapi nanti

Setiap produk investasi yang ditawarkan perusahaan pasti mempunyai risiko, dari yang kecil hingga besar. Tetapi risiko tersebut memang berbanding lurus terhadap penawaran keuntungan yang didapat nantinya. Walaupun ada risiko jangan jadikan sebagai penghalang untuk berinvestasi.

Untuk hal ini wanita selalu mempelajari dulu tentang risiko dan keuntungan yang didapat. Bukan hanya keuntungan yang dituju oleh wanita, tetapi juga sangat berhati-hati terhadap kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapanpun. Wanita lebih waspada dalam memilih investasi yang ditawarkan kepadanya.

6. Hanya sedikit wanita yang mempunyai program pensiun

Mengingat pekerjaan wanita yang tidak terdaftar dalam lembaga pemerintah atau perusahaan bonafit, membuat tak banyak wanita yang memiliki pensiun. Wanita cenderung bekerja paruh waktu dan di sektor informal, walau ada juga wanita yang bekerja di perusahaan besar maupun instansi pemerintah. Sehingga hanya sedikit dari wanita yang ikut dalam program pensiun. Jika mau menilik lebih jelas tentang dana pensiun, sebenarnya ada beberapa perusahaan atau bank yang mengelola dana pensiun. Perlu diketahui dana pensiun sangat mempunyai andil besar untuk kehidupan finansial anda di masa tua nanti setelah tidak mampu bekerja lagi.

Demikianlah 6 Alasan Mengapa Wanita Harus Berinvestasi, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015