Tips menjadi freelancer pemula
Tips menjadi freelancer pemula (Ilustrasi/pixabay)

5 Tips Menjadi Freelancer Bagi Pemula

709 views

Pekerjaan sebagai freelancer memang sedang diburu banyak orang akhir-akhir ini. Salah satunya ialah menjadi penulis lepas.

Tips menjadi freelancer pemula
Tips menjadi freelancer pemula (Ilustrasi/pixabay)

Kelebihan dari pekerjaan ini ialah jam kerja yang fleksibel, bisa dikerjakan kapan dan di mana saja selama masih ada koneksi internet. Dan tentu saja dengan upah yang lumayan.

Baca juga:

4 Alasan orang meminati pekerjaan freelance

6 Macam pekerjaan freelance paling populer

6 Kiat mengatur keuangan bagi pebisnis freelance

Jadi saya akan memberikan beberapa tips sebelum menjadi penulis lepas atau freelance writer, agar nantinya Anda dapat menjadi penulis lepas yang sukses.

1. Kenali Diri Anda

Sudahkah anda mengenal seberapa jauh kemampuan Anda di bidang tulis-menulis?
Apakah Anda merasa memiliki potensi untuk menjadi seorang penulis?
Apakah Anda memiliki bakat sebagai penulis yang perlu dikembangkan?
Kalau jawaban Anda ialah ya, maka Anda bisa melangkah ke babak selanjutnya untuk memulai karir sebagai penulis.
Saran saya, jangan memaksakan diri kalau Anda merasa tidak mampu.

2. Tumbuhkan Niat Anda

Semuanya berawal dari niat. Jika Anda berniat menjadi penulis lepas, maka Anda harus menjadi demikian.
Ketika bekerja sebagai freelancer, kita akan menulis bermacam-macam artikel. Agar nantinya Anda akan betah dengan pekerjaan freelancer, maka ingatlah satu hal:
Nikmati saat-saat Anda bekerja. Anda harus menyukai pekerjaan Anda, dengan begitu Anda akan melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati dan hasilnya akan lebih maksimal.

3. Kembangkan Bakat Anda

Di tahap ketiga ini, cobalah membuat beberapa artikel dengan topik random. Mungkin topik yang berhubungan dengan sesuatu yang Anda sukai.
Bisa jadi artikel tentang game, kecantikan, kesehatan, atau opini anda terhadap objek lainnya.
Banyak membaca akan membantu melatih kemampuan Anda. Dengan begitu Anda bisa lebih tahu banyak topik atau meniru gaya penulisan dari artikel yang pernah Anda baca.
Tapi jangan sesekali melakukan plagiarism, itu akan merusak karir Anda nanti sebagai freelancer. Dalam bekerja Anda juga dituntut harus disiplin waktu, jujur, bertanggung jawab, dan profesional. Maka bersikaplah sebaik mungkin dalam bekerja untuk karir yang lebih baik.

4. Promosikan Diri Anda

Di tahap ini, Anda sudah layak disebut sebagai penulis karena yang Anda kerjakan ialah menulis. Tapi penulis lepas merupakan sebuah pekerjaan di mana Anda dibayar untuk menulis artikel.
Nah, untuk mendapatkan pekerjaan ini, maka yang Anda lakukan ialah mempromosikan diri Anda. Bisa dilakukan di sosial media. Atau buatlah sebuah blog untuk mempublikasikan tulisan karya Anda.
Dengan itu akan ada orang yang menyadari bakat menulis Anda, dan akan membayar Anda. Di sinilah karir Anda dimulai. Jika sudah dikontrak sebagai penulis lepas, maka saya ucapkan selamat.

5. Selalu Luangkan Waktu Untuk Menulis

Karena pekerjaannya sebagai penulis, maka yang dilakukan tentunya menulis. Dalam hal ini, gunakan waktu luang untuk membuat artikel atau tulisan lainnya.
Ini berguna untuk melatih dan mengasah lagi kemampuan Anda.
Kerjakan job Anda dengan tepat waktu dan jangan sampai telat. Seperti di poin ketiga: disiplin waktu, jujur, bertanggung jawab, dan profesional. Itulah sikap yan harus Anda lakukan sebagai seorang freelancer.

Itulah tips dari saya untuk para pemula yang ingin membangun karir sebagai penulis lepas atau freelancer. Sekian saya sampaikan, terima kasih.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara menjadi freelance writer - cara freelance writer bekerja - cara menjadi freelancer writer - cara pemula untuk menjadi freelance writer - giat menjadi freelancer menulis
Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015