Tips menghemat budget pesta pernikahan
Tips menghemat budget pesta pernikahan (Ilustrasi/wikimedia)

5 Tips Menghemat Budget Pesta Pernikahan

31 views

Setiap orang pastinya menginginkan pesta pernikahannya berlangsung sempurna dan tidak terlupakan. Demi tercapainya moment yang sempurna itu, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan biaya yang cukup fantastis untuk acara pernikahannya. Hal ini sah-sah saja bagi mereka yang memang memiliki budget lebih untuk menggelar pesta pernikahan yang super mewah. Namun amat disayangkan apabila anda kurang bijak dalam mengatur budget pernikahan sehingga terjadi pemborosan yang berakibat pada membengkaknya budget. Padahal sebenarnya ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghemat dan meminimalisir budget pengeluaran untuk pesta pernikahan anda, seperti tips-tips berikut ini.

Tips menghemat budget pesta pernikahan
Tips menghemat budget pesta pernikahan (Ilustrasi/wikimedia)

1. Menggelar pesta pernikahan di rumah

Jika anda memiliki rumah atau halaman yang cukup luas, mengapa tidak anda manfaatkan untuk tempat menggelar pesta pernikahan? Hal ini tentunya bisa lebih meminimalisir pengeluaran anda untuk menyewa tempat daripada anda menyewa gedung pernikahan. Selain itu, banyak keuntungan apabila anda menggelar pesta pernikahan di rumah, salah satunya yaitu anda bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu pernikahan tersebut.

2. Membentuk panitia dari kalangan keluarga

Jika anda memiliki budget lebih, mungkin anda bisa menyewa jasa wedding organizer atau WO untuk mengatur acara pernikahan anda. Namun jika tidak, masih ada cara lain. Anda bisa membentuk panitia pernikahan dengan keluarga dan kerabat-kerabat anda sebagai anggotanya. Pilihlah para kerabat yang sudah memiliki pengalaman dalam menggelar pesta pernikahan sebelum anda.

3. Menyewa gaun pengantin, bukan membeli

Tentu menyenangkan bisa membeli gaun pengantin dengan desain yang anda inginkan sendiri. Namun coba pikirkan lagi. Gaun itu hanya akan anda gunakan satu hari saja. Setelahnya mungkin hanya terpajang di lemari kamar. Jika anda ingin menekan budget, lebih bijak jika anda menyewa saja gaun pengantin anda, tidak perlu membelinya. Saat ini banyak vendor rias pengantin yang menawarkan paket “sewa perdana”. Jadi, anda tetap bisa meminta dibuatkan gaun pengantin yang sesuai dengan desain dan keinginan anda dengan sistem sewa.

4. Mendatangi pameran pernikahan

Cobalah untuk datang ke acara-acara pameran pernikahan. Mengapa pameran pernikahan bisa membantu anda untuk menghemat budget? Karena di acara pameran pernikahan anda bisa mendapat harga-harga promo dan diskon spesial yang banyak ditawarkan oleh para vendor-vendor pernikahan. Di event pameran, vendor-vendor ini biasanya memberikan harga spesial, terlebih lagi apabila anda melakukan transaksi di pameran tersebut. Selain itu, mendatangi pameran pernikahan juga memberikan banyak referensi untuk ide dan konsep pesta pernikahan anda.

5. Melakukan dealing dengan vendor jauh-jauh hari sebelumnya

Vendor-vendor pernikahan biasanya melakukan perubahan harga paket pernikahan secara berkala. Jadi, apabila anda memang sudah merencanakan pernikahan, lebih baik anda segera melakukan dealing dengan para vendor meskipun hari pernikahan anda masih beberapa bulan lagi. Segeralah lakukan dealing sebelum vendor tersebut menaikkan harga dan membuat budget pernikahan anda membengkak.

data-ad-format="link">