Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga
Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga (Ilustrasi/pixabay)

5 Tips Memulai Bisnis Bagi Para Ibu Rumah Tangga Yang Ingin Mencari Tambahan Penghasilan

27 views

Apakah Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin mencari kesibukan dan mendapat keuntungan? Maka Anda harus membaca ini secara keseluruhan. Saat ini, sudah banyak jenis usaha yang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah, namun tetap mendapat keuntungan yang cukup menarik. Terlebih dengan dukungan teknologi yang sudah maju.

Saya akan membedakan bisnis ini menjadi 2 macam yakni Online dan Offline. OnLine – Untuk jenis ini Anda tidak membutuhkan modal yang besar, cukup dengan memiliki relasi yang luas sudah dapat memberi keuntungan yang cukup besar, yakni dengan cara:

  1. Affiliasi

Dalam bisnis ini Anda hanya membutuhkan jaringan internet dan media untuk mengaksesnya, sebab dalam bisnis ini tidak perlu memiliki produk atau barang sendiri. Bisa dengan menjual barang orang lain dengan memanfaatkan media social seperti facebook, email, twitter, instagram, bbm dan banyak lagi jejaring social yang bisa digunakan. Anda akan mendapat keuntungan dari setiap barang yang sudah terjual.

Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga
Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga (Ilustrasi/pixabay)

2. Membuat Toko OnLine

Anda memiliki toko sendiri dan bingung harus menjual kemana saja? Maka usaha jenis ini biasa dipakai oleh orang yang sudah memiliki toko offline sendiri dan dia ingin meningkatkan relasi atau lingkup pasar dari barang yang ia miliki. Untuk membuat toko online saat ini sudah sangat mudah, sebab sudah banyak yang menyediakan, baik dari membuat toko sendiri atau ikut toko online orang lain seperti tokopedia, buka lapak, OLX dan banyak lagi toko online lainnya.

3. Membuat Blog/Web

Dalam bisnis ini Anda harus memiliki kesabaran dan ketekunan untuk menjalaninya, sehingga bisa mendapat keuntungan yang maksimal. Karena untuk mendapat keuntungan setidaknya Anda setidaknya posting 100 artikel untuk mendapat acc dari program Google Adsense (Red. Ini bukan aturan baku). Karena keuntungan yang didapat dari iklan yang tampil dari blog atau iklan yang diklik oleh orang yang berkunjung ke blog Anda. Pendapatan tergantung dari harga iklan yang tampil di blog Anda.

4. Penulis Lepas

Apakah Anda memiliki hobi dan keahlian dalam menulis? Jika iya wajib untuk mencoba usaha ini, selain bisa menjadi hobi bisa juga mendapatkan keuntungan dari hobi tersebut. Bisa dengan mencoba untuk memulai dengan menulis artikel dalam bahasa Indonesia atau dalam Bahasa Inggris, bila dalam Bahasa Inggris akan mendapat keuntungan yang lebih besar. Apabila Anda sudah yakin dengan karya tulis bisa mengikuti kontes penulisan artikel yang hadiahnya bisa mencapai jutaan rupiah.

Namun bila Anda sudah memiliki pengalaman dan memiliki cerita yang bagus, bisa mencoba untuk membuat cerpen, puisi dan novel, dengan begitu akan memberikan keuntungan yang jauh lebih besar bagi Anda.

5. Menawarkan Jasa

Bisnis ini hanya memerlukan sebuah keahlian yang bisa dibagi kepada orang lain atau digunakan untuk diri Anda sendiri, untuk bisnis yang bisa dibagikan seperti membuat les private Bahasa Inggris, Komputer atau sebagainya. Bisnis yang digunakan untuk Anda sendiri seperti membuat program, jasa pembuatan skripsi atau membuat blog yang sudah bagus.

Sekian beberapa tips yang bisa saya sampaikan tentang bisnis bagi wanita yang sudah berumah tangga, namun tetap bisa membantu ekonomi keluarga. Karena dengan hobi Anda akan mendapat keberhasilan yang lebih besar dengan hati yang senang.

data-ad-format="link">