Tips membeli barang bekas
Tips membeli barang bekas (Ilustrasi/wikimedia)

5 Tips Membeli Barang Bekas

584 views

Ketika hendak membeli suatu barang, biasanya orang-orang lebih senang untuk membeli barang baru. Selain dari segi kepuasan, bagi beberapa orang membeli barang baru juga berkaitan dengan masalah gengsi. Namun, terkadang karena terhalang oleh masalah budget, beberapa orang lebih memilih untuk membeli barang yang biasa disebut masyarakat dengan istilah “barang second”. Tapi tenang saja, membeli barang second bukan berarti anda membeli barang yang jelek. Asalkan anda pintar memilih, anda bisa mendapat barang yang masih bagus dan tentunya dengan harga yang miring. Bagi anda yang sedang memiliki rencana untuk membeli barang-barang seperti kendaraan, gadget, atau barang lainnya namun terkendala oleh masalah budget, tidak ada salahnya anda membeli yang second dengan memperhatikan tips–tips berikut ini.

Tips membeli barang bekas
Tips membeli barang bekas (Ilustrasi/wikimedia)

1. Usahakan membeli dari orang yang anda kenal

Jika anda berniat membeli kendaraan, gadget, atau barang-barang second lainnya, usahakan anda membeli dari orang yang anda kenal. Mengapa demikian? Karena jika anda mengenal pemiliknya, maka setidaknya anda tahu bagaimana si orang tersebut memperlakukan barang yang sekarang ia jual, apakah dia tipe orang yang merawat barang dengan baik atau tidak. Dengan mengetahui karakter si penjual barang, anda bisa mengetahui bagaimana kondisi barang yang ingin anda beli.

2. Membeli barang dari tangan pertama

Semakin sering barang tersebut berpindah tangan, maka ada kemungkinan kondisinya semakin menurun. Jadi, jika anda berniat untuk membeli barang second, belilah jika barang tersebut berasal dari tangan pertama. Hindari membeli dari tangan kedua, ketiga, dan seterusnya.

3. Perhatikan tahun produksi barang tersebut

Ketika akan membeli sebuah barang second, anda perlu memperhatikan tahun produksi barang yang dijual tersebut. Jangan karena hanya ingin mendapat harga murah, anda membeli barang usianya sudah bertahun-tahun lamanya. Hal ini penting karena juga pasti berpengaruh pada kondisi barang tersebut. Pilihlah barang yang tahun produksinya maksimal hanya dua tahun ke belakang.

4. Jika membeli di situs online, mintalah untuk melakukan COD

COD adalah istilah popular dalam bisnis transaksi online, yang merupakan kepanjangan dari cash on delivery. Dalam COD, penjual dan calon pembeli akan bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi. Jadi, jika anda membeli barang second dari situs online, sebaiknya mintalah kepada penjual tersebut untuk melakukan COD. Jika anda hanya melakukan transaksi secara online, anda tidak bisa langsung melihat kondisi barang yang anda beli. Hal ini penting karena anda bukan membeli barang baru yang masih tersegel dalam kondisi seratus persen.

5. Periksa kelengkapan barang-barang

Selain kondisi barang, hal lain yang harus anda perhatikan ialah kelengkapan barang-barang tersebut. Jika anda membeli kendaraan, periksalah surat-surat kendaraan tersebut. Jika anda membeli gadget, periksa kelengkapan aksesoris dari gadget itu. Sebaiknya, jangan membeli jika barang tersebut sudah tidak memiliki kelengkapan-kelengkapan yang dibutuhkan.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- petunjuk membeli barang second - cara membeli barang bekas - tips membeli barang bekas