Langkah Cepat Membuat Bisnis Online Shop
Langkah Cepat Membuat Bisnis Online Shop (Ilustrasi/pixabay)

5 Langkah Cepat Membuat Bisnis Online

9 views

Anda ingin memiliki usaha? Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Anda tertarik dengan bisnis online shop? Ya, boleh anda coba, bisnis online ini bisa menjadi sumber tambahan penghasilan bagi anda. Bisnis online juga marak di zaman sekarang ini. Bagi anda yang terbiasa dengan internet, ataupun tidak pernah bersentuhan dengan internet, tidak ada salahnya jika anda mencobanya. Keuntungan dari bisnis online ini ialah tidak terbatas oleh ruang dan waktu . Pembeli mempunyai ruang privat untuk belanja dan memilih produk yang diinginkan. Berikut 5 langkah cepat memulai bisnis online shop :

1. Tentukan produk dagangan

Tentukanlah produk yang ingin anda pasarkan, cobalah melakukan riset terlebih dahulu mengenai harga pesaing, ongkos kirim dan apakah produk dagangan kita akan mendapat respon yang bagus dan bisa laku di pasaran sesuai target. Pilihlah produk yang menjadi kebutuhan orang banyak, atau menjadi trend yang bisa laku di pasaran.

Langkah Cepat Membuat Bisnis Online Shop
Langkah Cepat Membuat Bisnis Online Shop (Ilustrasi/pixabay)

2. Membuat lapak online

Ini merupakan tempat kita berdagang atau berpromosi di internet. Kita bisa memulai dari situs media social, aplikasi social chat, dan market place. Contohnya bisa lewat Facebook, instagram, twitter, Pinterest, BBM , Line , WA, bukalapak, tokopedia, kaskus, olx. Dengan channel itu kita dapat mempromosikan produk kita dengan gratis alias tanpa biaya. Kita dapat melampirkan foto sebanyak banyaknya, serta menampilkan promo yang sedang berjalan. Jangan lupa untuk memberikan penjelasan selengkap-lengkapnya dan juga foto–foto dengan kualitas yang bagus, jelas dan menarik untuk mendukung penjualan produk kita .

Semakin banyak channel yang kita buat maka semakin banyak kemungkinan larisnya dagangan kita. Selain media yang disebutkan di atas, kita juga bisa membuka online shop dengan website khusus atau blog, tapi ini memerlukan keterampilan khusus.

3. Kepercayaan

Kepercayaan merupakan hal penting dalam online shop. Tidak banyak orang yang percaya dan mau mempertaruhkan uangnya pada online shop yang baru dikenalnya . Dengan sistem bayar terlebih dahulu baru barang dikirim, oleh sebab itu kepercayaan harus diutamakan dan dijaga agar konsumen tetap membeli lagi dengan kita.

4. Promosi

Promosi sangat diperlukan di dalam bisnis online. Promosi dan iklan yang terus menerus merupakan cara agar dagangan kita semakin dilihat orang. Dengan seringnya kita menampilkan promosi kita, semakin banyak orang yang melihat produk kita di media sosial. Buatlah promosi yang unik, kreatif, inovatif dan semenarik mungkin agar banyak pengunjung situs yang penasaran dengan produk kita.

5. Respon cepat

Dalam bisnis kita perlu menanamkan slogan “Utamakan pembeli “ nah untuk itu apapun yang ditanyakan pembeli, harus segera cepat ditanggapi. Apapun itu kita harus segera memberi respon terhadap calon pembeli yang menghubungi kita. Dengan begitu calon pembeli akan senang dan puas dengan pelayanan kita yang cepat dan memuaskan. Dan bisa jadi mereka akan sering membeli produk kita.

Itulah 5 langkah untuk memulai bisnis online, bisnis memang susah-susah gampang. Dengan tips tersebut di atas semoga anda dapat menjalankan bisnis online shop dengan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat.

data-ad-format="link">