Yang Wajib Anda Sertakan dalam Rencana Bisnis Anda
Yang Wajib Anda Sertakan dalam Rencana Bisnis Anda (Ilustrasi/pixabay)

5 Kunci Yang Wajib Anda Sertakan dalam Rencana Bisnis Anda

Posted on 130 views

Tak masalah jika Anda membuat rencana bisnis dalam memulai usaha Anda. Dalam membuat rencana bisnis biasanya seseorang akan menuliskan keinginan-keinginan yang mereka capai tanpa berfikir kondisi saat itu, hal ini dikarenakan adanya emosi yang tertuang ke dalamnya. Hal ini sebenarnya cukup wajar dimiliki oleh semua orang, tapi kami sarankan sebaiknya Anda mengesampingkan emosi Anda dulu dalam menyusun rencana bisnis, melainkan maksimalkan logika Anda.

Selain itu Anda juga perlu mengetahui kalau rencana bisnis Anda itu masih setengah perjalanan, karena pada akhirnya rencana itu perlu eksekusi.

Yang Wajib Anda Sertakan dalam Rencana Bisnis Anda
Yang Wajib Anda Sertakan dalam Rencana Bisnis Anda (Ilustrasi/pixabay)

Rencana bisnis yang baik selalu menyertakan lima hal. Berikut ulasan singkat yang kami rangkum dari Business.com

1. Overview (Ringkasan Eksekutif)

Ini merupakan kesempatan Anda untuk menempatkan konsep bisnis Anda dalam kata-kata. Pada bagian ini, Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Industri yang seperti apa yang cocok untuk usaha Anda?
  • Struktur bisnis apa yang paling masuk akal?
  • Apa jenis produk atau jasa yang akan Anda tawarkan?

Ketiga pertanyaan di atas, sekilas akan berfungsi sebagai batu loncatan Anda untuk memulai rencana bisnis. Untuk tahap awal Anda tidak harus menjawab pertanyaan ini secara detail, karena untuk detail selanjutnya pasti akan Anda bahas dalam sebuah tim yang Anda susun, oleh karena itu cukup rincian yang paling dasar-dasar saja.

2. Produk, Jasa, dan Keunggulan Kompetitif

Pada bagian ini jelas nantinya dapat berubah dari waktu ke waktu, tapi itu tidak berarti Anda bisa mengabaikannya sekarang. Cukup Anda ulas secara singkat dan perhatikan setiap perkembangannya.

Pada bagian ini, Anda dapat mencatat (list) semua penawaran produk dan layanan Anda. Tidak masalah jika Anda memiliki satu atau 100, yang terpenting masuk dan kelompokkan sesuai kategori masing-masing. Hal ini akan memberi Anda kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang lineup Anda, yang mana nantinya dapat menyebabkan Anda untuk membuat beberapa keputusan yang sangat penting. Hal ini terlihat sangat sepele, namun banyak yang melupakannya, oleh karena itu saran saya Anda perlu mempersiapkan dari awal.

Seiring dengan daftar rincian produk dan layanan merupakan poin penting dalam menfokuskan Anda pada keunggulan kompetitif masing-masing, maka Anda perlu merumuskan hal ini dengan rekan-rekan Anda. Dalam menanggapi keunggulan kompetitif Anda, sebaiknya Anda bisa menjawab dua pertanyaan di bawah ini.

  • Apa yang membuat produk atau jasa Anda lebih baik daripada yang lain?
  • Mengapa produk dan jasa Anda akan berhasil ketika ada begitu banyak orang lain yang menawarkan hal yang sama?

Sebuah keunggulan kompetitif tidak lebih dari fitur yang mengatur produk atau layanan secara terpisah, hal inilah yang nantinya akan membuat ciri khas pada usaha Anda, sehingga nantinya pelanggan dapat memprioritaskan produk atau jasa Anda sesuai dengan kondisi mereka.

3. Strategi Pemasaran

Anda dapat saja memiliki produk atau layanan terbaik pada suatu industri, tetapi Anda tidak akan mencapai tujuan Anda kalau Anda tidak mempertahankan strategi pemasaran yang Anda gunakan. Di sinilah strategi pemasaran Anda datang dan memegang peranan penting dalam kemajuan usaha Anda.

Gunakan bagian ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai strategi pemasaran Anda.

  • Siapa target Anda?
  • Apa strategi pemasaran yang akan Anda gunakan?
  • Berapa banyak uang yang Anda miliki dalam anggaran pemasaran Anda?
  • Siapa target penonton demografis Anda?
  • Proses apa yang akan Anda ikuti untuk menarik dan mempertahankan pelanggan Anda? Sehingga nantinya proses ini benar-benar membawa keuntungan bagi Anda
  • Apa metode pemasaran yang dapat Anda terapkan saat adanya persaingan yang ketat di industri ini?

Sama seperti banyak bagian dari rencana bisnis Anda, strategi pemasaran Anda kemungkinan akan berubah sebagai organisasi Anda tumbuh. Misalnya, Anda mungkin tidak menghabiskan banyak waktu di media sosial dan pemasaran konten di awal-awal. Namun, karena Anda tumbuh, Anda akan segera menemukan bahwa kedua teknik ini dapat menghasilkan return positif atas investasi.

4. Analisis Industri

Sangat wajar sekali untuk mempunyai anggapan awal bahwa perusahaan Anda akan mendominasi industri tertentu jika Anda bergabung. Dan tidak ada yang salah jika Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Jika Anda benar-benar ingin sukses dengan usaha yang Anda kembangkan,, sangat penting sekali untuk menganalisis setiap aspek industri terlebih dahulu.

Sebagai permulaan bisa saja Anda beranggapan kalau bisnis Anda yang paling unik dan sangat berbeda dengan yang lain. Namun apabila Anda mendalami industri itu, yang jelas anggapan-anggapan seperti ini nanti pasti akan pudar dengan sendirinya. Dan tentunya pasti banyak yang lebih bagus daripada usaha Anda, oleh karena itu untuk mengantisipasi ini semua Anda perlu yang namanya analisis industri.

Sebuah analisis industri memberi Anda kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

  • Seberapa besar industri Anda?
  • Siapa pesaing utama Anda?
  • Berapa banyak pangsa pasar yang continue (berkelanjutan) yang dapat Anda peroleh jika Anda berada di atas (mengalahkan pesaing Anda)?
  • Mengapa pelanggan akan memilih produk atau jasa Anda?
  • Apa hambatan untuk masuk dalam persaingan di industri ini?

Dari pertanyaan-pertanyaan di atas, saya dapat memberikan sedikit tips kalau selain Anda harus membuat daftar pesaing langsung, Anda juga harus menyiapkan daftar pesaing Anda secara tidak langsung (yang memungkinkan masuk ke industri Anda di masa depan).

5. Tim Manajemen

Sebuah perusahaan juga memerlukan tim manajemen yang bagus. Tim ini nantinyalah yang akan membuat rencana bisnis, oleh karena itu jangan ragu untuk memasukkan informasi secara kompleks pada setiap anggota tim manajemen, serta karyawan kunci yang sudah bisa dipercaya.

Ini tidak harus menyertakan paragraf informasi pada setiap orang. Sebaliknya, jika Anda ingin fokus pada bagaimana setiap orang atau karyawan bisa cocok dan loyal terhadap perusahaan Anda, maka perlu Anda jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

  • apa yang telah mereka lakukan di masa lalu? Anda perlu tahu latar belakang mereka.
  • apa mereka bisa bertanggung jawab dalam jangka waktu yang lama?
  • apa yang membuat mereka unik jika dibandingkan dengan karyawan profesional lainnya?

Lima Variabel kunci di atas benar-benar penting untuk mengisi rancangan bisnis Anda. Lalu pertanyaannya, apakah rancangan ini harus detail dan panjang?

Masalah panjang atau tidak itu tidak jadi masalah, yang terpenting beberapa pendiri usaha atau karyawan penting bisa mendapatkan poin-poin di atas dalam 5 – 10 halaman.

Selama Anda menyertakan informasi yang tepat, selama Anda menghindari kekacauan dapat dipastikan rencana Anda akan berjalan lancar.

Tips : jika Anda sedang mencari dana dari luar, seperti dari perusahaan modal ventura atau seorang investor, tentunya mereka akan meminta rencana bisnis yang komprehensif. Oleh karena, itu rencana bisnis ini sangatlah penting bagi Anda dalam membangun dan mengembangkan usaha Anda, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang.