Kunci sukses bisnis waralaba
Kunci sukses bisnis waralaba

5 Kunci Sukses Berbisnis Waralaba

14 views

Menurut bahasa Inggris, waralaba atau franchising yang memiliki arti hak dan kebebasan, yaitu hak untuk melakukan jual beli baik itu suatu produk maupun layanan jasa. Sedangkan menurut pemerintah di Indonesia memiliki arti, yaitu kelompok yang salah satunya mendapat hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak kekayaan intelektual dari ciri khas suatu usaha dengan mendapatkan imbalan sesuai dengan perjanjian yang sudah ditetapkan.

Waralaba pada awalnya dikenalkan sejak tahun 1850 oleh seorang pembuat mesin jahit yaitu Isaac Singer, saat itu dia sedang meningkatkan usaha distribusi untuk penjualan mesin jahit. Namun, usaha yang dijalani mengalami kegagalan tetapi dia tetap merupakan orang yang pertama memperkenalkan format bisnis waralaba. Saat ini waralaba lebih didominasi oleh bisnis rumah maka sejak tahun 1919 saat itu A&W Root Bear membuat sebuah restoran cepat saji, dan melakukan kerjasama dengan Howard Deering Johnson pada tahun 1935. Dengan gagasan memberikan kebebasan untuk semua rekan dari usaha yang menggunakan nama yang sama, persediaan, makanan, logo, system bahkan menggunakan desain yang sama sebagai sebuah pertukaran pembayaran.

Kunci sukses bisnis waralaba
Kunci sukses bisnis waralaba (Foto: Burger King/wikipedia)

Pada dasarnya waralaba dibagi menjadi 2 yaitu.

  • Waralaba luar negri menjadi lebih disukai sebab memiliki sistem yang jauh lebih baik dan sudah teruji, mereknya merekapun sudah dikenal di berbagai belahan dunia.
  • Waralaba dalam negri menjadi pemilihan investasi untuk mereka yang ingin menjadi seorang pengusaha, namun memiliki pengetahuan yang kurang.

Saat ini sudah ada beberapa jenis waralaba dengan modal kecil yang bisa dipilih yaitu waralaba aladine kebab, Andrew crepes, ayam bakar wong solo, sepeda motor roda tiga, bakmi gila, bakmi raos, burgerku, coffee toffee, klenger burger dan mini café redcrispy.

Oleh karena itu apa saja yang harus diperhatikan saat memilih bisnis waralaba dan menjadi sukses? Berikut ini beberapa tips memilih waralaba untuk sukses, tips berikut bisa menjadi pedoman Anda untuk memilih waralaba yang baik.

  1. Mengenal waralaba pada saat wawancara

Pada sesi ini akan ditanya untuk menyeleksi Anda, padahal mereka juga sangat membutuhkan. Oleh karena itu manfaatkan sesi ini untuk menggali informasi mengenai usaha waralaba tersebut, seperti mencari tahu latar belakang dari pengusaha atau pemilik usaha, potensi pasar, keunggulan, peta persaingan, keunikan dari produk, bagaimana sistemnya dan sudah seberapa besar usaha tersebut.

2. Memilih waralaba yang sudah berpengalaman

Jangan pernah mudah tergiur dengan bisnis waralaba yang menawarkan usaha dengan harga modal yang sangat murah, sebaiknya cari usaha waralaba yang sudah memiliki nama cukup popular di lingkungan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk melihat kredibilitas dan citra dari produk dalam usaha waralaba tersebut.

3. Memeriksa surat izin dan legalitas dari bisnis waralaba

Sebelum menjadi mitra dalam usaha waralaba, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu apakah bisnis tersebut mempunyai izin resmi yang sah. Artinya, bisnis waralaba memiliki usaha yang jelas dan produk yang dihasilkan oleh mereka dapat dipertanggungjawabkan, jangan sampai memilih bisnis waralaba yang keliru dan mengalami gulung tikar karena urusan hukum. Bahkan bisa jadi bisnis waralaba tersebut hanya fiktif atau tidak pernah ada dan Anda tertipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Mencari tempat yang strategis untuk bisnis waralaba

Pada dasarnya untuk semua bisnis, ini merupakan aspek yang sangat penting. Untuk menentukan kelanjutan suatu usaha, dengan memilih tempat yang baik dan strategis bisa untuk mendatangkan konsumen yang  banyak. Sebaiknya cari tempat yang cukup ramai dan sesuai dengan kebutuhan orang di sekitarnya seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, kampus dan pemukiman padat penduduk. Mengingat semakin banyak konsumen yang akan datang dapat meningkatkan omset yang diterima, sehingga usaha Anda bisa menjadi besar dan sukses.

5. Melakukan Pemasaran Usaha Waralaba

Bisnis waralaba mulai menjamur di setiap daerah belakangan ini, sehingga membuat persaingan menjadi semakin ketat. Oleh karena itu ada beberapa cara jitu untuk melakukan pemasaran waralaba.

  • Kenali potensi pasar dan target konsumen
    Hal ini merupakan kunci untuk melakukan promosi suatu usaha terlebih dalam bisnis waralaba, dengan mengetahui kebutuhan konsumen dan sasaran pasar. Anda bisa mengetahui cara yang tepat untuk melakukan promosi bisnis waralaba tersebut.
  • Membuat tampilan brand menarik
    Keunggulan yang dimiliki bisnis waralaba ini, yaitu terletak pada brand dan tampilan both yang cukup menarik. Oleh kerena itu sebaiknya memilih waralaba yang memiliki tampilan yang menarik dan produk yang unik, sehingga mampu menarik konsumen untuk mencobanya.
  • Manfaatkan media sehari-hari
    Media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi seperti koran atau surat kabar, radio, televisi dan majalah atau tabloid bisnis. Masih banyak lagi media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi bisnis waralaba Anda.
  • Manfaatkan media online
    Masih banyak usaha waralaba yang kurang maksimal dalam memanfaatkan media ini, padahal media ini sudah banyak gunakan, bahkan semakin meningkat pengguna media ini setiap harinya. Yaitu dengan cara membuat website, facebook, twitter dan bergabung dengan forum bisnis lainnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang kunci sukses berbisnis waralaba, selamat mencoba dan menjadi sukses dalam bisnis waralaba Anda.

data-ad-format="link">