Membuat kontrak bisnis
Membuat kontrak bisnis (Ilustrasi/Pixabay)

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Dalam Membuat Kontrak Bisnis

668 views

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Dalam Membuat Kontrak Bisnis – Bisnis berkaitan erat dengan yang namanya kontrak, perjanjian atau kesepakatan. Di dalam bisnis semuanya harus jelas, anda harus paham benar tentang bisnis yang dijalankan. Setiap ada perjanjian dalam berbisnis haruslah ditulis dalam kertas dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Bukan perjanjian yang hanya melalui lisan dan keyakinan saja, bila seperti itu anda malah bisa ditipu rekan bisnis anda. Sebaik atau sedekat apapun rekan bisnis anda tetap buatlah kesepakatan hitam di atas putih. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya resiko penipuan.

Dalam membuat perjanjian atau kontrak bisnis juga isinya tidak boleh sembarangan, perlu kehati-hatian dalam menentukan kesepakatan tersebut. Jika tidak, maka anda dapat memberikan celah untuk ditipu oleh pihak rekan bisnis anda. Sebagai pebisnis anda wajib membaca isi kontrak secara detail serta mampu memahaminya sebelum akhirnya menandatangani kontrak itu. Apabila sudah melakukannya tentu anda mengurangi risiko kemungkinan terjadinya kerugian.

Agar anda dapat membuat kontrak bisnis dengan tepat dan cocok untuk semuanya, ada baiknya perhatikan beberapa info yang kami rangkum di bawah ini :

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Dalam Membuat Kontrak Bisnis

Membuat kontrak bisnis
Membuat kontrak bisnis (Ilustrasi/Pixabay)

1. Cari tahu informasi tentang rekan bisnis anda

Sebelum membuat kesepakatan anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Yaitu riset tentang rekan bisnis anda seperti, bagaimana perusahaannya selama berdiri? Atau tentang kinerja rekan bisnis anda sebelumnya lalu juga reputasinya bagaimana? Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang rekan bisnis, jangan sampai anda lengah sehingga mengikuti semua perkataannya tanpa memperhatikan seluk beluk rekan bisnis anda.

Mungkin jika mereka mempunyai website dan perusahaannya sudah terkenal, tentu google dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang rekan bisnis anda. Biasanya jika ada yang mengecewakan akan ada testimoni-testimoni buruk di sana. Tetapi tetap cek apakah testimoni tersebut benar asli atau tidak. Telah ada internet di dunia ini menjadikan semuanya mudah bagi kita. Hal ini merupakan langkah pertama untuk melindungi anda dari masalah yang mungkin saja terjadi setelah kontrak ditandatangani.

2. Jangan mengerjakan apapun tanpa perjanjian tertulis

Hindari mengerjakan sesuatu yang menguntungkan rekan bisnis anda tanpa adanya kontrak perjanjian di dalamnya. Sebab, kebaikan anda ini dapat dimanfaatkan rekan bisnis untuk berpikir jelek yang bisa saja merugikan anda nantinya. Kontrak bisnis intinya terdiri dari dua komponen yang penting bagi kerja sama anda, yaitu hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban yang telah disepakati kedua belah pihak yang juga berhubungan dengan uang atas pekerjaan serta barang atau jasa yang saling dipertukarkan.

Secara umum, isi dari kontrak bisnis adalah :

  • Judul kontrak, biasanya berhubungan dengan proyek kontrak.
  • Komparisi, yaitu berisi keterangan tentang kedua belah pihak atau atas permintaan siapa kontrak kerja itu di buat.
  • Ulasan tentang maksud serta tujuan kedua belah pihak dalam melakukan kerjasama dan penandatanganan kontrak yang lebih dikenal dengan ‘premiss’.
  • Isi atau batang tubuh kontrak yaitu uraian tentang syarat dan ketentuan dari perjanjian kontrak yang disetujui oleh kedua belah pihak.
  • Penutup perjanjian kontrak

Kontrak merupakan bukti secara hukum bahwa kedua belah pihak telah sepakat berkenaan tentang kerjasama tersebut yang mengikat bagai Undang-Undang untuk anda dan rekan bisnis. Setelah penandatanganan kontrak selesai, pastikan simpanlah kontrak itu dengan rapi di tempat yang aman. Jangan sampai digunakan oleh pihak tak bertanggung jawab sehingga merugikan anda sendiri.

3. Pahami dengan jelas bahasa kontrak dan cari saran

Anda harus memahami bahasa yang digunakan dalam kontrak. Dalam bidang bisnis tertentu bahasa yang digunakan dalam kontrak bisa sangat spesifik yang membuat orang awam sulit mengartikannya. Hal ini dilakukan karena untuk menjaga kerahasiaan bisnis supaya tidak terjadi kebocoran informasi kepada pihak yang tak semetinya.

Memang benar menulis kontrak bisnis menggunakan bahasa tertentu untuk menjamin kerahasiaan isi kontrak. Masalahnya anda sebagai pebisnis juga perlu belajar memahami bahasa tersebut. Jika masih tidak mampu memahaminya, carilah orang kepercayaan anda yang pintar mengartikan bahasa bisnis. Pastikan orang tersebut setia kepada anda dan selalu jujur dalam perbuatannya.

4. Jangan ragu bertanya tentang hal-hal yang tersirat dalam kontrak bisnis

Terkadang, kontrak bisnis terdapat hal-hal yang tersirat belum dijelaskan secara mendetail di dalam kontrak. Maka, sebaiknya bicarakanlah hal tersebut secara lengkap, bahas satu persatu yang menurut anda kurang paham. Agar nantinya tidak menimbulkan masalah saat sudah menjalankan bisnis bersama.

Mempertanyakan apa yang anda belum jelas sepenuhnya memang harus dilakukan, sebab bisa saja rekan bisnis anda nakal dan membuat adanya tambahan biaya saat bisnis sudah berjalan. Beberapa pertanyaan yang perlu anda ajukan kepada rekan bisnis seperti, kapan tanggal jatuh tempo pembayaran, bagaimanakah prosedur pembatalan kontrak jika terjadi hal yang tidak diinginkan, lalu siapa yang akan bertanggung jawab atas biaya saat terjadi masalah.

5. Cantumkan panduan kerjasama yang jelas

Jangan lupa mencantumkan panduan tentang bagaimana revisi pekerjaan dilakukan bila pekerjaannya telah selesai. Langkah untuk mencegah supaya anda tidak mengerjakan pekerjaan berlebih atau banyak melakukan revisi kontrak adalah dengan memperhatikan semua prosedur dan panduannya. Anda harus teliti tentang panduan ini agar anda tidak melakukan kesalahan yang imbasnya besar untuk diri pribadi.

Sifat kehati-hatian dalam berbisnis itu perlu dimunculkan, karena banyak sekali resiko yang anda hadapi pada setiap perjalanan bisnis. Pelajarilah kelima tips di atas, agar anda mahir serta tahu apa yang harus dilakukan ketika mengadakan kontrak bisnis. Menjadikan anda tidak keblinger nantinya dalam menandatangani setiap kontak kerja. Menjalin kerjasama dengan rekan bisnis memang penting karena untuk mengembangkan bisnis, tetapi tetap harus memperhatikan tata cara berbisnis yang baik.

Demikianlah artikel mengenai 5 Hal yang Harus Anda Lakukan Dalam Membuat Kontrak Bisnis, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat kontrak - yang harus ada dalam kontrak bisnis

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015