Bisnis burung
Bisnis burung (Gambar ilustrasi/pixabay)

5 Bisnis Rumahan Prospektif Berawal Dari Hobi Burung

1,445 views

Bagi anda yang bingung hendak mencari pekerjaan, atau sekarang sedang dalam masa pensiun dan merasa waktu anda kurang produktif, bisa mencoba beberapa bisnis rumahan yang berbasis burung seperti dibawah ini. Mengapa? Karena dunia per-burung-an sampai saat ini masih dinilai sangat prospektif. Banyaknya kontes burung di berbagai belahan kota besar Indonesia, dan semakin banyaknya penggemar konters burung tersebut, membuat bisnis burung semakin banyak digandrungi. Baca juga 7 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Keuntungan Berlimpah.

Dalam masyarakat Jawa saja, memelihara burung bisa sebagai simbol status sosial. Memelihara burung juga bisa dikatakan sebagai salah satu alat investasi. Karena jika burung peliharaan bisa memenangi kontes, maka sudah pasti harganya bakalan meroket dan si pemilik bisa mendapatkan untung yang lumayan besar.
Nah, bagi anda yang berminat memulai bisnis di dunia burung, maka bisa mencari peluang bisnis seperti di bawah ini.

5 Bisnis Rumahan Prospektif Berawal Dari Hobi Burung

Bisnis burung
Bisnis burung (Gambar ilustrasi/pixabay)

1. Bisnis Ternak Kenari

Mengapa ternak kenari? Karena ternak kenari cenderung mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus dan hanya dengan modal yang lebih kecil dibanding ternak burung murai atau lovebird. Burung kenari merupakan burung yang banyak digemari dan banyak kontesnya. Untuk harga juga bervariasi tergantung spek dan keturunannya. Kelebihan kenari lainnya adalah mudah jinak dan tidak mudah stres.

Anda bisa mencari referensi mengenai ternak kenari dari internet. Mulai dari proses penjodohan dengan mengenali kenari jantan dan betina, mengetahui jenis varietas kenari seperti kenari Yorkshire, F1, AF, Loper dan Lokal, proses pengeraman, cara perawatan pasca penetasan, penyediaan pakan yang berkualitas hingga pemasaran hasil anakan kenari.

Selain ketekunan, yang dibutuhkan dari ternak kenari adalah sifat keterbukaan dan mau menerima masukan dari berbagai master yang lebih berpengalaman dari anda. Kalau sudah mantap ingin memulai bisnis yang satu ini, lakukan terlebih dahulu dalam skala kecil agar meminimalisir kegagalan yang mungkin terjadi. Bila dirasa sudah cukup punya pengalaman, baru lakukan dalam skala besar.

2. Bisnis Ternak Jangkrik Atau Kroto

Industri bisnis pakan burung seperti Ebood, Leopard dan BnR sudah punya pangsa pasar sendiri dan sulit untuk anda saingi. Nah untuk itu, selain pakan umum seperti vour atau biji-bijian, para penggemar burung kicau juga biasanya memberikan extra food (EF) seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong sebagai pemasok stamina burung.

Anda bisa memanfaatkan prospek ini. Ternak jangkrik atau kroto sangat mudah dan tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas. Kelebihan lain adalah peluang hidup yang tinggi dan lama pembesaran yang relatif lebih singkat. Anda hanya butuh modal peti triplek untuk ternak jangkrik dan topless atau bambu untuk ternak kroto. Bila anda tidak mau repot, cukup beli bibit jangkrik atau kroto saja, sehingga anda hanya melakukan pembesaran hingga umur panen tiba.

Lakukan pemasaran di toko-toko burung di kota anda. Untuk pertama kali, jual hasil panen anda dengan harga promosi. Bangun link dari bawah. Bila sudah terjalin, maka tidak mungkin anda bisa menjadi pengusaha ternak jangkrik dan kroto yang sukses.

[Baca juga: Di tangan Maulana Firza, semut bisa menghasilkan uang jutaan rupiah]

3. Bisnis Perlengkapan Burung

Usaha perlengkapan burung memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Dimulai dari penyediaan lokasi bangunan, hingga barang-barang jualan seperti sangkar berbagai ukuran, krodong, tangkringan, tempat makanan, box pengeraman, obat-obatan, pakan voer berbagai merek, dan lain-lain.

Untuk lokasi toko, carilah lokasi yang cukup strategis seperti di pinggir jalan atau dekat dengan lokasi keramaian. Ini akan memudahkan calon pembeli untuk melihat-lihat barang yang akan dibeli. Anda juga harus mencari pemasok yang dapat dipercaya dan konsisten memberikan barang yang diperlukan. Anda juga bisa melakukan langkah ketiga untuk bisnis anda yang satu ini. Bisnis Ternak Jangkrik Atau Kroto bisa anda lakukan untuk memenuhi ketersediaan bahan anda di dalam toko.

Selain itu, hal yang paling penting adalah anda harus belajar dan mempunyai pengalaman yang cukup untuk menjalankan bisnis perlengkapan burung ini. Jangan sampai anda menghiraukan faktor-faktor gangguan lain yang bisa berdampak negatif terhadap bisnis anda.

4. Memikat Burung

Sepertinya ini lebih cocok dikatakan sebagai hobi daripada bisnis. Tapi beberapa orang justru banyak mendapatkan pundi-pundi uangnya dari bisnis memikat burung ini. Hati-hati, hobi memikat burung ini hanya disarankan untuk burung-burung non-langka yang tidak dilindungi seperti burung-burung kecil ciblek, prenjak, kolibri dan lain-lain yang digunakan sebagai burung isian. Namun untuk burung-burung kacer, kapas tembak, murai daun atau murai ranting cukup susah dicari, karena ketersediaannya di alam sudah berkurang drastis.

5. Bisnis EO Lomba Burung

Bisnis ini cukup jarang dilakukan oleh orang-orang, termasuk penggila burung sendiri. Menjadi Even Organizer dan membuat acara lomba burung kicau secara rutin bisa jadi bisnis yang cukup prospektif. Bayangkan anda menggelar lomba burung kicau dengan berbagai kelas setiap minggu. Pendapatan anda berasal dari biaya pendaftaran peserta. Anda hanya menyediakan sertifikat dan piala penghargaan.
Penentuan lokasi juga penting. Lokasi tempat yang mudah dijangkau dan dekat dengan keramaian menjadi faktor penentu. Anda bisa membentuk tim juri yang kredibel dan berkompeten di bidangnya, sehingga peserta merasa lomba yang anda gelar cukup profesional dan tidak banyak yang protes. Selain itu, bisnis EO lomba burung ini membutuhkan jaringan pertemanan yang luas sesama pecinta burung kicau sebagai media pengiklannya. Yang terpenting dalam bisnis ini adalah ketekunan dalam menjalin hubungan sesama kicau mania. Bila sudah dikenal dan memiliki prestise, lomba anda bisa menjadi standar yang diakui oleh sesama kicau mania.

Bagaimana? Masih bingung mencari kegiatan bisnis yang prospektif untuk mengisi waktu luang anda? Artikel mengenai 5 Bisnis Rumahan Prospektif Berawal Dari Hobi Burung ini mudah-mudahan membantu anda untuk memulai bisnis ini. Jadilah enterpreneur yang bisa membanggakan keluarga dan bangsa! Jangan lupa jika Anda ingin menekuni bisnis ini, pelajari Cara Menjadi Sukses dengan Bisnis Dunia Hewan.

data-ad-format="link">