Pentingnya financial check up
Pentingnya financial check up (Ilustrasi/pixabay)

5 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Financial Check Up

131 views

5 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Financial Check Up – Mungkin bagi anda financial check up atau pemeriksaan keuangan pribadi merupakan hal asing yang tak pernah didengar. Atau bagi kalian yang sudah berpengalaman tentu sudah tahu tentang financial check up. Financial check up merupakan bentuk kepedulian anda terhadap kondisi keuangan anda.

Pengertian Financial Check up

Pentingnya financial check up
Pentingnya financial check up (Ilustrasi/pixabay)

Untuk yang belum tahu financial check up itu apa mari kita bahas dulu pengertiannya. Financial check up yaitu pemeriksaan sistem keuangan pribadi secara keseluruhan. Dengan begini anda bisa mengantisipai masalah yang mungkin akan terjadi pada kondisi keuangan anda. Anda dapat menyiapkan cara-cara untuk menanggulangi apabila masalah itu datang. Biasanya financial check up dilakukan setiap bulan, enam bulan sekali atau setiap tahun.

Karena pekerjaan padat, terkadang membuat anda lupa memeriksa kondisi keuangan anda. Anda terlalu sibuk dengan bisnis tanpa memikirkan hasil yang anda dapatkan. Yah, kesibukan membuat waktu anda tersita untuk memperhatikan hal kecil. Yang terpenting bagi anda adalah uang bisa berputar kebutuhan hidup dapat terpenuhi. Padahal pemahaman seperti itu salah, sebagai pebisnis anda perlu hati-hati terhadap kondisi keuangan anda. Bisa saja akan terjadi masalah dan akibatnya mengancam kelangsungan bisnis anda.
Maka dari itu, periksakan kondisi keuangan anda secara rutin, supaya anda selamat dari keburukan yang mungkin terjadi. Nah, di bawah ini penjelasan tentang financial check up, simaklah agar anda lebih mengerti serta tertarik melakukannya.

4 hal yang biasa diperiksa financial check up yakni :

  1. Total aset yang dimiliki
  2. Total hutang yang ada
  3. Total pendapatan serta pengeluaran
  4. Total tabungan yang dimiliki

Umumnya hasil perhitungan dari 4 hal di atas dinilai berdasarkan 3 rasio penting, yaitu :

  • Saving Ratio merupakan tabungan yang anda punya, termasuk dengan depositi, investasi, dan lainnya.
  • Liquidity Ratio adalah informasi lengkap mengenai dana yang anda miliki seandainya sudah tidak bekerja lagi atau pensiun.
  • Debt Service Ratio merupakan pendapatan yang harus anda keluarkan untuk membayar semua hutang yang dimiliki.

Pentingnya financial check up

Inilah 5 alasan mengapa anda harus melakukan financial check up, yaitu :

  1. Dapat menyehatkan kondisi keuangan pribadi

Sebagaimana telah kami sebutkan di atas bahwa financial check up mampu menyehatkan kondisi keuangan pribadi anda. Sebab, anda dapat tahu kondisi keuangan anda secara pasti termasuk masalah yang muncul atau yang akan muncul. Pemerikasaan kondisi keuangan secara rutin dapat menghindarkan anda dari kebangkrutan maupun kemungkinan berhutang untuk beberapa hal yang seharusnya dapat anda hindari. Bayangkan saja, bila anda tidak melakukan pemeriksaan keuangan, tentu akan banyak pengeluaran tanpa anda sadari. Tahu-tahu uang anda menipis, lalu anda bingung memikirnya.

2. Dapat mengetahui aliran uang anda

Mungkin selama ini anda sering mengeluh tentang uang yang habis begitu saja. Padahal baru kemarin menerima hasil bisnis atau gaji tetapi sudah habis tanpa tahu kemana mengalirnya. Masalah ini tidak akan terjadi pada diri anda jika melakukan financial check up secara rutin. Karena akan memberikan informasi yang jelas mengenai aliran uang anda, sehingga anda lebih tenang dan dapat mengurangi pengeluaran yang kurang penting. Anda juga akan terbiasa berhemat jika melakukan pemeriksaan keuangan secara rutin.

3. Lebih berhati-hati dalam menggunakan uang

Memang anda harus menggunakan uang secara hati-hati, karena untuk mendapatkannya dibutuhkan tenaga maupun pikiran. Jadi, jangan sia-siakan uang yang anda dapat dengan kerja keras tersebut. Karena financial check up anda dapat melihat hal mana yang harus dipenuhi dan mana yang bisa ditunda pembeliannya. Misalnya, mengurangi budget ngopi atau jalan-jalan bersama teman, simpanlah uang tersebut untuk kebutuhan penting. Dengan begitu anda juga dapat lebih membatasi beberapa hal yang membuang uang secara percuma.

4. Mendukung yang anda rencanakan di masa depan

Financial check up mampu membantu anda mewujudkan rencana penting di masa depan, contohnya, anda ingin membeli rumah secara kredit, dengan financial check up anda dapat menemukan cara bagaimana membayar kredit rumah tersebut. Bukan hanya itu saja pasti yang kamu inginkan untuk kebahagiaan hidupmu, menyanding kekasih di pelaminan juga impian bukan? Semua itu membutuhkan dana yang tak sedikit, sehingga perlu perencanaan matang ketika mewujudkannya. Anda harus siap secara finansial agar tidak terjerat dengan hutang yang berlarut-larut. Untuk itu, lakukanlah financial check up secara rutin setiap bulan malah lebih bagus.

5. Dapat memprediksi kondisi keuangan di masa yang akan datang

Rezeki yang kita dapatkan memang di atur oleh Tuhan. Saat ini anda mempunyai pekerjaan bagus yang penghasilan besar, tetapi karena masalah ekonomi negara, tiba-tiba anda tidak bekerja. Lantas apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk menyambung hidup. Itulah manfaatnya financial check up, yang dapat membantu anda memprediksi berapa lama anda mampu bertahan dalam kondisi menganggur. Selain itu, hasil financial check up akan memotifasi anda untuk mencari pekerjaan baru atau berwirausaha. Anda dapat memikirkan beberapa rencana dalam upaya menyambung hidup anda.

Walaupun financial check up itu penting sekali manfaatnya, tetapi banyak orang yang melalaikannya. Mereka beranggapan melakukan financial check up itu ribet, harus mengumpulkan bukti setiap kali melakukan transaksi. Kemudian mencatatnya satu-persatu, tentu akan menyita waktu. Namun, segera hilangkan pikiran seperti itu, lebih baik pikirkan saja manfaatnya untuk kesehatan keuangan anda. Kalau kondisi keuangan anda bagus, pasti dapat mewujudkan rencana masa depan yang telah anda impikan. Lakukan finacial check up sedini mungkin walaupun umur masih muda. Financial check up akan mendisiplinkan diri anda dalam hal keuangan, sehingga di hari tua anda tetap dapat mengurus diri sendiri secara financial.

Demikianlah artikel mengenai 5 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Financial Check Up, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015