Tips Menjadi penjual online yang dipercaya konsumen
Tips Menjadi penjual online yang dipercaya konsumen (Ilustrasi/pixabay)

4 Tips Menjadi Penjual Online Yang Baik dan Dipercaya Konsumen

171 views

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, bisnis barang dan jasa dengan cara online atau yang biasa dikenal dengan istilah online shop nampaknya semakin marak saja. Proses jual beli yang praktis dan dapat dilakukan dimana saja menjadi alasan utama bagi banyak orang yang memilih untuk membeli barang-barang di online shop. Peluang bisnis ini banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk membuka bisnis online shop untuk menjual barang dagangannya, baik itu online shop yang berskala kecil hingga yang berskala besar.

Berbisnis online shop memang tidak terlalu rumit untuk dijalankan. Bahkan kini banyak kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, atau ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis online shop, baik hanya sekedar hobi, atau mencari penghasilan tambahan.

Tips Menjadi penjual online yang dipercaya konsumen
Tips Menjadi penjual online yang dipercaya konsumen (Ilustrasi/pixabay)

Apakah anda salah satunya yang juga sedang atau baru merencanakan untuk membuka bisnis online shop? Jika iya, ada baiknya anda mengikuti tips menjadi penjual online yang baik dan dipercaya konsumen berikut ini.

1. Buat web dan akun yang jelas untuk online shop anda

Hal yang paling penting dalam berbisnis online shop ialah kepercayaan. Maka, jika anda memiliki web atau akun-akun social media khusus untuk bisnis online shop anda, berilah informasi yang jelas di sana. Jelaskan mengenai alamat online shop anda, identitas anda dan juga nomor layanan yang bisa dihubungi oleh konsumen. Hal ini dapat menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen untuk berbelanja di halaman online shop anda.

2. Posting foto barang jualan anda tanpa rekayasa

Banyak kasus yang terjadi dimana para pelanggan online shop merasa kecewa karena barang yang mereka beli nyatanya tidak sebagus yang tampak di foto saat mereka membelinya. Anda tentu tidak mau hal ini terjadi pada online shop anda kan?. Sebaiknya postinglah barang-barang jualan anda dengan kondisi asli dan tanpa rekayasa. Mengedit foto di online shop mungkin bisa menarik konsumen untuk membeli barang anda, namun tidak akan memberikan kepuasan bagi mereka dan nantinya mereka justru akan menyalahkan anda.

3. Berikan respon yang cepat

Ketika calon konsumen hendak membeli barang anda, mereka menginginkan respon yang cepat dari anda untuk membalas permintaannya. Jika anda terlambat merespon, bisa jadi calon konsumen tersebut sudah pindah untuk bertransaksi dengan online shop yang lain. Jadi, usahakanlah sesegera mungkin merespon semua pesan yang masuk dari calon konsumen anda. Jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama.

4. Sabar dan Ramah Menghadapi Semua Pertanyaan

Karakter konsumen akan beragam. Ada yang tidak suka basa basi dan langsung membeli barang anda dan ada juga yang perlu bertanya panjang lebar sebelum mereka akhirnya membeli. Jika anda menemui konsumen yang seperti ini, sebagai penjual anda harus tetap menjelaskan semua pertanyaan mereka dengan sabar dan ramah. Anda harus ingat bahwa bertanya mengenai barang yang ingin dibeli merupakan hak para konsumen. Anda sebagai penjualpun memiliki kewajiban untuk menjelaskan barang-barang yang anda jual jika konsumen menanyakannya. Ingatlah pepatah lama “pelanggan adalah raja”

Selamat berbisnis online!

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara menjadi penjual online yang baik