Tips mengatur keuangan anak kosan
Tips mengatur keuangan anak kosan (Ilustrasi/pixabay)

4 Tips Mengatur Keuangan Bagi Anak Kosan

347 views

Tinggal di sekeliling keluarga yang kita sayangi terutama orang tua adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun apa daya, kadang demi menuntut ilmu dan menggapai cita-cita kita harus pergi jauh dan merantau sendirian. Hidup sendirian sebagai “anak kosan” tentulah tidak mudah. Anda harus hidup mandiri dalam mengatur segala hal, termasuk keuangan. Seorang mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua haruslah bisa me-manage keuangannya dengan baik. Jangan sampai seperti peribahasa “besar pasak daripada tiang”. Namun, bagaimanakah caranya?. Sebenarnya, bagi anda para anak kosan yang selalu dipusingkan dengan keuangan yang selalu habis sebelum waktunya, ada beberapa tips sederhana yang bisa anda praktekkan berikut ini.

4 Tips Mengatur Keuangan Bagi Anak Kosan

  1. Buat semua list kebutuhan perbulan

Setelah anda mendapatkan biaya bulanan anda, segeralah buat list semua kebutuhan yang anda perlukan pada bulan itu. Lakukan hal ini sebelum anda membelanjakan sepeserpun uang bulanan anda. Urutlah dari kebutuhan yang membutuhkan biaya paling besar atau dari kebutuhan yang paling penting / urgent. Setelah semua kebutuhan anda selesai dilist, jumlahkan semuanya dan hitunglah sisa uang yang ada. Tempel list tersebut di tempat yang mudah terlihat supaya dapat menjadi pengingat anda. Baca juga: 6 Tips Hidup Hemat untuk Anak Kos.

  1. Belajar memasak

Biasanya, biaya yang paling besar dikeluarkan adalah untuk kebutuhan perut. Hal ini kadang membuat para mahasiswa lebih memilih makan makanan yang murah namun cenderung kurang sehat, contohnya gorengan atau mi instant. Bayangkan, apa yang akan terjadi pada diri anda jika selama empat tahun masa kuliah hanya mengonsumsi makanan yang kurang sehat?. Sebenarnya, ada cara yang lebih baik untuk menghemat pengeluaran, yaitu dengan belajar memasak. Membeli sayuran dan bahan makanan mentah tentunya bisa lebih hemat daripada anda membeli makanan yang sudah matang. Dan tentunya memasak sendiri dapat membuat anda yakin akan kebersihan dan kesehatan makanan yang anda konsumsi. Bagi anda yang belum terbiasa dengan kegiatan memasak, mungkin hal ini akan terdengar sedikit merepotkan. Namun, cobalah dengan memulai masakan yang sederhana. Anda juga bisa membawa hasil masakan anda sebagai bekal makan siang ke kampus. Akan jauh lebih hemat bukan?

  1. Jangan sepelekan recehan

Bila anda selesai berbelanja dan mendapatkan recehan dari kembalian anda belanja tersebut, simpanlah. Terkadang orang sering melupakan uang receh karena dianggap tidak dapat digunakan untuk membeli sesuatu. Namun, coba bayangkan sekarang. Berapa recehan yang selama ini sudah anda sia-siakan?.

Pernahkan anda berpikir berapa jumlah seluruh uang receh itu jika anda kumpulkan?. Ada baiknya anda memiliki suatu tempat tersendiri untuk menyimpan uang-uang receh kembalian anda. Bisa berupa botol, kaleng, atau tempat apapun yang membuatnya tidak berserakan. Ketika anda ingin membeli kebutuhan sehari-hari semisal sabun, shampoo, atau sekedar jajan, anda bisa menggunakan uang-uang receh itu dan tidak perlu memecahkan uang nominal besar kan?.

  1. Bayarkan anggaran biaya semester dan biaya kosan tepat pada waktunya

Dua hal ini bisa dibilang sangat penting. Oleh karena itu, jangan menunda-nunda untuk membayar biaya semester atau biaya kosan. Jika anda menunda-nunda waktu, kemungkinan besar anggaran untuk ini bisa terpakai untuk kebutuhan yang lain dan akhirnya anda akan kebingungan sendiri. Jadi, jangan sampai melupakan dua hal ini ya.. [Baca juga: 5 Tips Hidup Hemat ala mahasiswa rantau]

Demikianlah 4 Tips Mengatur Keuangan Bagi Anak Kosan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara mengatur keuangan untuk anak kosan - cara mengatur uang ank kosan