Jual rumah
Jual rumah (Foto: Raywhite)

4 Faktor Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah

29 views
Jual rumah
Jual rumah (Foto: Raywhite)

Memiliki rumah merupakan impian banyak orang karena harga jual rumah yang cenderung mahal, bahkan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Harga rumah di daerah perkotaan tentu lebih mahal daripada harga rumah di wilayah pinggiran-pinggiran kota. Meski begitu, untuk membeli sebuah rumah di pinggiran kota pun masih banyak masyarakat kita yang mengalami kesulitan.

Demi untuk bisa memiliki rumah, mau tak mau mereka terpaksa membeli rumah dengan sistem Kredit Perumahan Rakyat (KPR) selama 10-20 tahun. Meski sistem KPR ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan, namun di lain sisi sistem ini juga sangat riskan. Tak jarang kita temukan adanya kasus penyitaan rumah akibat tunggakan cicilan rumah. Padahal sebenarnya, sistem KPR bukanlah satu-satunya cara untuk memiliki rumah.

Anda bahkan bisa membangun rumah sesuai keinginan sendiri dengan cara membeli sebidang tanah terlebih dahulu. Jika tidak mampu membeli di daerah kota, membeli tanah di daerah pinggiran kota pun tak mengapa. Setelah itu, Anda pun dapat merencanakan pembangunan rumah tersebut. Namun sebelum membangun rumah, ada beberapa faktor yang wajib diperhatikan yaitu:

  1. Rencanakan konsep rumah sesuai anggaran keuangan

Sebelum membangun rumah, rencanakan secara matang bagaimana konsep yang ingin dibangun. Setelah itu, sesuaikan dengan jumlah anggaran yang Anda miliki. Jangan lupa juga untuk membuat target waktu di masing-masing pengerjaan komponen rumah.

Tanpa rancangan yang matang, rumah impian Anda tidak akan bisa selesai sesuai keinginan. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaiannya juga pasti akan lebih lama. Jangan sampai Anda kehabisan anggaran dana saat rumah masih setengah jadi.

Siapkan sedikitnya dua rencana keuangan sebagai antisipasi jika ada hal-hal di luar perencanaan. Misalnya saja harga material bahan bangunan yang harganya naik turun. Konsep rumah yang menarik juga dpaat meningkatkan harga jual rumah Anda nantinya.

  1. Gambar denah rumah dengan jelas

Sebelum membangun rumah, pastikan Anda sudah menggambar denah rumah terlebih dahulu agar mendapatkan gambaran rumah secara jelas. Denah ini penting karena akan menjadi dasar dalam pembangunan rumah. Jika tidak ada denah, para pekerja konstruksi Anda tidak akan bisa bekerja secara maksimal.

Ada banyak desain di internet yang dapat dijadikan referensi dalam pembangunan rumah. Jangan lupa sesuaikan denah yang akan dibuat dengan luas tanah yang ingin dibangun. Lakukan pengukuran secara jelas, jangan hanya menggunakan perkiraan karena hal itu akan berimbas pada kenyamanan Anda di masa depan.

  1. Cari pekerja yang kompeten

Carilah pekerja yang rajin dan memiliki etos kerja ulet agar pembangunan rumah Anda cepat selesai. Pekerja bangunan biasanya akan meminta bayaran dengan sistem harian sehingga semakin banyak hari, semakin mahal pula biaya yang akan dikeluarkan. Meski begitu, Anda juga dapat menggunakan sistem borongan, misalnya memberikan uang 200 juta untuk menyelesaikan pembangunan rumah dalam waktu sebulan.

  1. Carilah material yang berkualitas

Carilah material bahan bangunan dengan harga terjangkau yang memiliki kualitas terbaik. Sesuaikan pembelian material bahan bangunan dengan kebutuhan Anda agar tidak terjadi pembengkakan dana. Padahal jika memang tidak tahu menahu masalah material, Anda dapat mengkonsultasikannya kepada orang yang lebih paham mengenai masalah tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah. Rencanakan keuangan sematang mungkin agar tidak ada biaya tambahan yang membengkak. Ada begitu banyak agen jual rumah di luar sana. Namun jika bisa membangun rumah sesuai dengan keinginan sendiri, mengapa tidak mencobanya? Semoga bermanfaat!

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015