Alasan memilih pekerjaan freelance
Alasan memilih pekerjaan freelance (Ilustrasi/wikimedia)

4 Alasan Orang Meminati Pekerjaan Freelance

174 views

Menjadi pekerja paruh waktu ternyata tidak hanya diminati oleh orang yang belum bekerja atau yang baru lulus sekolah (fresh graduated), melainkan kini merambah ke karyawan yang notabene sudah memiliki penghasilan tetap. Hal itu dikarenakan adanya tuntutan hidup yang terus meningkat dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Di samping itu, mengantisipasi terjadinya pemutusan hak kerja (PHK) terhadap karyawan akibat perekonomian Indonesia yang belum stabil dan anjloknya harga minyak dunia, yang mengakibatkan perusahaan dan pabrik mengalami pailit.

Alasan memilih pekerjaan freelance
Alasan memilih pekerjaan freelance (Ilustrasi/wikimedia)

Bekerja sebagai freelancer ternyata penghasilan tiap bulan yang diperoleh tidak kalah hebatnya dengan karyawan berpenghasilan tetap dan bahkan penghasilannya bisa lebih tinggi. Biasanya freelance yang digeluti akhir-akhir ini ialah dunia marketing baik itu agen asuransi, penulis freelance, marketing kartu kredit, penerjemah freelance dan lain sebagainya. Padahal, dulunya pekerjaan paruh waktu (freelancer) ini dipandang sebelah mata karena tidak ada gaji pokok yang menjadi tumpuan utama seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun kini pemikiran mereka dari tahun ke tahun mulai terbuka lebar, sehingga peminat sebagai pekerja freelance semakin bertambah banyak. Bahkan, setelah menikmati sekaligus menyukai pekerjaan jenis ini, tak ragu lagi seseorang pun rela menanggalkan pekerjaannya dimana tiap bulan menerima penghasilan tetap dari perusahaan. Nah, inilah beberapa alasan seseorang yang saat ini lebih memilih pekerjaan paruh waktu (freelancer) dan meninggalkan profesi sebagai karyawan tetap di perusahaan. Diantaranya adalah :

  1. Waktu Bersama Keluarga Lebih Banyak

Keluarga merupakan prioritas paling utama dan penting bagi mereka yang sudah berkeluarga terutama wanita. Karena, jika wanita yang sudah memiliki anak tentunya tidak ingin kehilangan momen kebersamaan dengan anak tercinta, khususnya tumbuh kembangnya anak yang semakin hari semakin lucu dan lincah. Sehingga, banyak sekali wanita dengan posisi jabatan yang cukup bagus di kantor rela menanggalkan semuanya dan beralih bekerja sebagai freelance yang waktunya banyak untuk keluarga.

2. Tidak Terpatok dengan Target yang Ditetapkan Perusahaan

Selain prioritas keluarga, alasan lainnya ialah target. Pasalnya, dengan target yang ditetapkan oleh perusahaan terkadang membuat kita menjadi stres hingga tidak bisa tidur dengan nyenyak. Sedangkan, kerja freelance itu sendiri tidak terpancang dengan target, karena pencapaian target yang ditetapkan berasal dari diri kita sendiri. Semakin target yang kita tetapkan sendiri banyak, maka hasilnya pun juga akan mengikuti dan bahkan bisa melebihi dari target yang ditetapkan perusahaan.

3. Tidak Ada Rasa Takut atau Malas Menghadapi Hari Senin

Pekerja kantoran secara umum akan menghadapi rasa takut atau malas ketika akhir pekannya berakhir. Karena, fakta harus kembali bekerja pada hari Senin akan selalu menghantui. Hal ini tidak akan terjadi bagi freelancer.

4. Bertemu dengan Orang-orang Baru

Bekerja di kantor membuat kalian hanya bertemu dengan orang itu-itu saja di kantor. Berbeda ketika menjadi freelancer, kalian dapat diberi pekerjaan oleh orang-orang yang berbeda di setiap proyek.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- Apa alasan umum orang memiliki pekerjaan paruh waktu? - knpa org lbh milih freelance

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015