Tips menguasai pasar muslim menengah untuk UMKM
Tips menguasai pasar muslim menengah untuk UMKM (Ilustrasi/Youtube)

3 Tips Menguasai Pasar Muslim Kelas Menengah untuk UMKM

30,045 views

3 Tips Menguasai Pasar Muslim Kelas Menengah untuk UMKM – Menurut Pakar marketing yang juga peneliti dan penulis buku Consumer 3000 Yuswohady, setidaknya ada tiga tips yang bisa dicoba oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ingin masuk dalam gelombang pemasaran halal. Menurutnya, sektor bisnis UMKM yang saat ini berpotensi besar dan bisa masuk ke dalam halal marketing ada dua, yakni makanan dan minuman, serta fashion. Adapun, ketiga tips tersebut antara lain:

3 Tips Menguasai Pasar Muslim Kelas Menengah untuk UMKM

1. Produk dengan Citra Universal Cara menguasai pasar muslim khususnya kelas menengah bukan dengan cara menonjolkan identitas keislaman pada setiap produk. Soalnya, berdasarkan penelitian di kota-kota besar di Indonesia, muslim kelas menengah malah cenderung memilih produk yang universal. Sehingga, produsen produk seharusnya tetap memberikan jaminan halal, dan tidak memperuntukan produknya khusus bagi umat islam, tetapi terbuka untuk konsumen non muslim. “Jika menonjolkan simbol-simbol keislaman bisa jadi akan mempersempit peluang pasar lainnya,” katanya.

Tips menguasai pasar muslim menengah untuk UMKM
Tips menguasai pasar muslim menengah untuk UMKM (Ilustrasi/Youtube)

Branding produk juga harus dikemas secara kreatif, misalnya dengan memadukan unsur kebarat-baratan yang hingga saat ini masih dianggap sebagai sesuatu yang keren. “Bagaimana membuat produk halal memiliki cool factor, sehingga orang yang menggunakannya bangga,” imbuhnya. Yuswohady menggarisbawahi bahwa produk yang ditawarkan juga harus tetap memiliki kualitas dan pelayanan yang baik. 2. Manfaatkan Komunitas Target pasar produk halal adalah kaum muslim yang secara alami aktif dan berkomunitas. Untuk itu para pelaku UMKM harus terus memperluas jaringan. “Harus rajin bersilaturahmi dan aktif di berbagai komunitas, hal itu bisa menjadi wadah untuk promosi dan memasarkan produk,” imbuhnya. Pemasaran melalui komunitas juga relatif lebih efektif. Selain bisa langsung menyasar anggota komunitas, target pasar tersebut juga biasanya merekomendasikan produk yang menurutnya bagus ke rekan-rekan lainnya. 3. Go Online Penggunaan internet makin meluas, jangankan muslim kelas menengah, penggunaan internet sudah mulai meluas ke berbagai lapisan masyarakat. Selain Muslim kelas menangah yang sudah terkoneksi secara sosial dan juga melek internet. Kebanyakan dari mereka juga lebih mementingkan kenyamanan dalam memilih satu. Untuk itu, toko online dan pemanfaat media sosial menjadi salah satu kunci yang harus bisa dioptimalkan para pelaku usaha. “Muslim kelas menangah pasti aktif di media sosial, dan pelaku usaha harus hadir dalam platform itu,” katanya. Di sisi lain, dengan go online, pasar yang bisa dijangkau juga otomatis lebih luas, tak hanya umat muslim di Indonesia tetapi bisa sampai ke seluruh dunia. (Sumber: Bisnis.com)

Berbicara mengenai toko online, Anda bisa menghubungi kami jika hendak membuat Toko Online. Kami siap membantu Anda membuat toko online sesuai dengan budget Anda.

Demikianlah 3 Tips Menguasai Pasar Muslim Kelas Menengah untuk UMKM, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015