Cara menciptakan peluang usaha di tengah banyaknya PHK
Cara menciptakan peluang usaha di tengah banyaknya PHK (Image: CC BY-SA 3.0 NY/creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/)

3 Langkah dan Cara Menciptakan Peluang Usaha di Tengah Banyaknya PHK

2,308 views

3 Langkah dan Cara Menciptakan Peluang Usaha di Tengah Banyaknya PHK – Di tengah terpuruknya perekonomian Indonesia yang saat ini masih belum stabil, kini banyak sekali orang yang berprofesi sebagai karyawan perusahaan dimana sedang mulai beramai-ramai menyiapkan diri dalam menciptakan peluang usahanya sendiri, demi memenuhi kebutuhan hidup yang tiap hari semakin bertambah. Apalagi, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dalam menghadapi jika mereka terkena dampak pemutusan hak kerja (PHK) dari perusahaan. Pasalnya, dengan adanya dampak tersebut, jika kita hidup dengan hasil pesangon yang diberikan dari perusahaan tidaklah cukup, karena kebutuhan sehari-hari akan terus bertambah dan ditambah harga-harga juga ikut naik. Selain itu, di dalam pemikiran kita, tidak mungkin selamanya kita akan terus mengabdi dan menjadi budak dari perusahaan, karena kita juga berkeinginan bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Untuk menjadi pengusaha yang sukses dan lepas dari bayang-bayang karyawan, kita harus berani melepaskan diri dari zona kenyamanan kita sebagai karyawan. Bila perlu, kita bisa menciptakan sesuatu hal yang baru tentang peluang usaha apa yang cocok untuk digeluti dan juga digemari para masyarakat pada umumnya. Namun terkadang ada orang yang belum siap keluar dari zona nyaman sebagai karyawan, lantaran masih keasyikan dengan hanya menerima gaji yang diberikan oleh perusahaan tiap bulannya dan juga memiliki banyak hutang yang belum lunas. Sebenarnya hal tersebut bukan menjadi masalah berat, melainkan sebagai penyemangat bagi kita untuk lebih giat bekerja keras lagi demi melunasi hutang maupun berpikiran maju untuk mandiri dalam berwirausaha. Tak hanya itu, mereka juga masih ada rasa ketakutan dan kekhawatiran terhadap peluang usaha yang akan didirikan atau diciptakan bila tidak laku.

Cara menciptakan peluang usaha di tengah banyaknya PHK
Cara menciptakan peluang usaha di tengah banyaknya PHK (Image: CC BY-SA 3.0 NY/creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/)

Adapun beberapa langkah dan cara dalam memulai peluang usaha yang kita ciptakan untuk mengantisipasi bila terjadinya PHK. Diantaranya adalah :

  1. Mencari dan Menentukan Ide Usaha Sendiri

Langkah yang paling utama ialah menentukan ide, karena langkah ini merupakan langkah yang paling penting dan krusial. Setelah menentukan ide, kita tentunya akan menjalankan usaha tersebut dengan enak. Apalagi, jika ide usaha itu berasal dari hobi atau kesukaan yang selama ini kita senangi, pastinya kita yang akan menjalankan usaha tidak akan pernah bosan dan bahkan merasa menyenangkan.

2. Fokus Jalankan Usaha dan Jangan Setengah-Setengah

Setelah ide usaha ditentukan, langkah berikutnya yang paling penting ialah harus fokus terhadap usaha yang kita geluti dan setengah-setengah. Meskipun kita sebenarnya masih bekerja sebagai karyawan, tapi kita harus pintar mengatur dan membagi waktu terhadap usaha yang dijalankan. Karena, jika kita masih setengah-setengah dalam menjalankan usaha tentunya hasilnya kurang memuaskan dan bahkan tidak bertahan lama. Itulah yang harus kita hindari lebih dini.

3. Disertai dengan Pikiran Positif, Optimis dan Doa

Dalam menjalankan usaha tidak hanya mengandalkan fokus saja, melainkan kita perlu menciptakan pikiran yang positif, optimis dan doa. Sebab, ketiga hal tersebut sangatlah penting sekali dalam melancarkan bisnis yang kita jalankan. Aura tersebut akan masuk ke alam bawah sadar kita, yang langsung diterima pada pikiran kita. Jadi, sebisa mungkin kita membuang hal-hal jelek yang ada di pikiran kita, karena itu dapat mempengaruhi bisnis/usaha yang sedang kita rintis atau jalankan.

Demikian tips langkah dan cara menciptakan sebuah peluang usaha di tengah banyaknya PHK yang melanda negara kita dan semoga bermanfaat bagi kalian semua.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- 3 cara menciptakan lapangan kerja - cara membuka lapangan kerja - cara menciptakan lapangan pekerjaan - cara untuk menciptakan lapangan kerja - langkah langkah menciptakan peluang usaha