Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis
Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis

24 Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis

133 views

Banyak perancang web profesional memulai bisnis mereka berawal dari hobi sebagai blogger, itu juga saya alami. Saya menjadi blogger sejak tahun 2008, selama bertahun-tahun, saya tidak pernah memikirkan uang, nanti setelah keuangan menjadi sulit, baru kemudian berpikir. Mengapa hobi ini tidak dijadikan sebagai bisnis? Hobi yang dibayar, Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis.

Ini hanyalah salah satu contoh bagaimana bisa menghasilkan uang dari hobi yang sangat kita senangi. Beberapa hobi yang dimulai dengan penuh kecintaan bisa berkembang menjadi karir full time, sementara karir yang lain lebih cenderung hanya memberikan penghasilan tambahan. Jika Anda dapat membuat uang dari kegiatan yang Anda cintai, itu merupakan hal yang sangat baik.

Jika Anda berharap untuk mengubah hobi Anda menjadi bisnis besar atau bisnis kecil, lakukanlah seperti seorang profesional. Teliti bidang Anda dengan seksama, wawancarai orang lain yang melakukan pekerjaan untuk mengetahui bagaimana mereka memulai, dan buatlah rencana bisnis yang menyeluruh.

Berikut ini 24 Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis:

24 Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis

Anda memerlukan portofolio kerja yang kuat dan jelas, serta reting dari apa yang dapat Anda lakukan. Semakin kuat keterampilan teknis Anda, semakin baik kesempatan Anda untuk sukses. Perancang website freelance menggunakan banyak pasar kerja online, termasuk Upwork.com dan Fiverr.com. Cara lain untuk memulainya ialah dengan bekerja secara lokal dan mengembangkan bisnis Anda dari mulut ke mulut.

  • PELATIH OLAHRAGA
Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis
Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis

Jika Anda seorang atlet amatir yang luar biasa, Anda mungkin sangat cocok untuk melatih orang lain. Pelatih terbaik harus sabar dan ramah, dengan kemampuan khusus untuk menganalisis gerakan orang lain.

  • BLOGGING

Tidak seperti penulis lepas yang dibayar oleh klien, blogger menghasilkan pendapatan dari iklan di situs mereka atau melalui pemasaran afiliasi, umumnya komisi yang didapatkan dari hasil penjualan dengan mempromosikan produk orang lain. Jika Anda ingin mengidentifikasi fokus atau niche untuk blog Anda. Topik populer meliputi makanan, keluarga, teknologi, politik, kewirausahaan, keuangan pribadi dan perjalanan. Blogging tidak semuanya Anda lakukan. Agar blog Anda banyak pengunjung, Anda juga perlu menjadi ahli dalam pemasaran.

  • MENGGAMBAR

Dalam postingan di blog Fiverr ini, seorang kartunis menjelaskan bagaimana Fiverr.com memungkinkannya mengubah hobinya menjadi penghasil uang. Dia merinci bagaimana dasar pemasaran, layanan murah membantu dia bertemu dan mengumpulkan klien yang sering menggunakan jasanya.

  • YOGA

Menjadi guru yoga memiliki harapan kerja yang baik. Dengan berbagai cara, ikuti pelatihan guru dan mulailah bisnis atau ajarkan yoga untuk studio atau gym.

  • MEMASAK

Anda bisa menjadikan hobi memasak Anda untuk menjadi koki pribadi, atau membuka catering, dan lain sebagainya.

  • BARANG ANTIK

Hobi mengumpulkan barang antik bisa menjadi tiket Anda untuk menghasilkan uang. Anda tidak menjual komoditas tapi barang unik yang tidak bisa dibeli dimanapun. Anda menjual sejarah, nostalgia dan fantasi.

  • PERHIASAN DAN KERAJINAN

Perhiasan dan kerajinan tangan dapat juga menjadi sumber pendapatan.

  • RESEP MASAKAN

Hampir sama dengan hobi memasak tadi, hobi membuat resep masakan bisa juga dijadikan bisnis, misalnya membuat catering, atau menjual resep Anda kepada restoran atau bisnis kuliner lainnya.

  • Perawatan anak

Jika di rumah Anda anak-anak suka berkumpul dan Anda senang mengajari mereka, kecintaan pada anak kecil bisa menjadi pekerjaan sehari-hari. Permintaan akan perawatan anak berkualitas akan tetap dibutuhkan selama orang tua bekerja jauh dari rumah.

  • MERAPIKAN

Hobi merapikan barang-barang berantakan bisa juga dijadikan bisnis. Mungkin banyak yang membutuhkan jasa untuk merapikan kantor atau rumah mereka.

  • MENULIS DAN EDITING

Menjadi seorang penulis, baik non fiksi, fiksi, atau penulis lepas dapat juga dijadikan bisnis. Meskipun banyak peluang penulisan freelance secara online tapi jarang membayar banyak. Dengan melatih keterampilan menulis Andar ide-ide untuk menulis. Freelancing sering membayar lebih baik bagi penulis yang menguasai bidang hukum, kedokteran, sains, keuangan atau teknologi (penulis berbahasa Inggris). Untuk memulai bisnis ini, Anda memerlukan artikel yang dipublikasikan sehingga klien dapat melihat contoh tulisan Anda. Anda bisa melihat daftar Blog yang membayar penulis di GuestPostTracker.

  • PENGASUH HEWAN PELIHARAAN.

Kecintaan akan makhluk hebat dan kecil telah menyebabkan banyak pecinta hewan peliharaan memulai bisnis mereka sendiri, menggunakan layanan seperti Rover.com untuk menemukan klien.

  • FOTOGRAFI

Jika Anda memiliki peralatan, bakat dan keberanian, bersainglah dengan profesional dengan memotret pernikahan, wisuda dan acara lainnya. Seperti pekerja lepas lainnya, fotografer juga harus mahir dalam pemasaran, dan termasuk membuat situs web yang indah untuk memamerkan portofolio kerja Anda.

  • MENGOLEKSI

Hobi mengoleksi benda-benda juga bisa dijadikan bisnis, seperti mengoleksi komik, koleksi prangko dan lain-lain.

  • PERENCANAAN EVENT (EVENT ORGANIZER)

Bisakah Anda beralih dari merencanakan pesta ulang tahun anak-anak dengan mengorganisir acara perusahaan atau pernikahan? Tidak yakin bagaimana cara memulai? Kirimkan layanan Anda di Fiverr.com. Meskipun Fiverr gigs mungkin tidak membayar banyak, Anda dapat meminta pelanggan yang puas dengan layanan Anda untuk menulis testimonial yang dapat Anda gunakan di situs web dan pemasaran Anda.

  • MENJUAL BUKU

Menjual buku bekas mengalami revolusi karena internet. Harga telah merosot tajam bahkan untuk buku langka dan koleksi buku, itu karena pelanggan saat ini hanya perlu masuk ke toko buku dengan smartphone untuk mengecek harga yang lebih baik di tempat lain. Di sisi lain, penjual buku saat ini tidak perlu etalase. Penjual buku bisa bekerja dari rumah.

  • ARBITRAGE RETAIL

Beberapa orang menghasilkan uang dengan membeli barang dengan harga rendah dan kemudian menjualnya secara online dengan harga lebih tinggi. Untuk terjun ke bisnis ini harus mengetahui apa yang laku dengan baik dan menemukannya dengan harga rendah.

  • AGEN PENJUALAN RUMAH

Jika Anda mengetahui tentang seluk beluk tentang rumah, mungkin bisa mencoba bisnis ini

  • PERENCANA KEUANGAN

Jika hobi Anda berinvestasi dan merencanakan masa pensiun Anda, menjadi perencana keuangan bersertifikat bisa menjadi pilihan karir kedua bagi Anda.

  • JASA PENYEBERANGAN atau PENYEWAAN PERAHU

Bagi Anda yang tinggal dekat pantai dan pulau-pulau seperti di Makassar, bisa mencoba bisnis jasa penyeberangan ke pulau-pulau. Namun perlu diingat bahwa penyewaan memerlukan lebih dari sekedar keahlian – ini adalah bisnis layanan, dan Anda akan melakukan yang terbaik dalam pekerjaan ini jika Anda seseorang yang mencintai orang dan tidak keberatan menunggu mereka.

  • MANAJEMEN PROPERTI

Apakah Anda suka memperbaiki semua hal yang bisa Anda dapatkan? Menjadi manajer properti mungkin cara untuk mendapatkan bayaran untuk melakukan apa yang Anda nikmati. Pekerjaannya bervariasi, mulai dari mencari dan menyaring penyewa hingga melakukan perbaikan dan melakukan perawatan dasar. Mengelola banyak properti berarti Anda memerlukan keterampilan bisnis dan real estate.

  • PENYUNTING VIDEO
Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis - PENYUNTING VIDEO
Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis – PENYUNTING VIDEO

Mungkin Anda kreatif dalam mengkompilasi dan mengedit foto dan video teman dan saudara menjadi film pendek. Mungkin Anda berpikir Anda ingin melakukannya secara profesional dan menjadikannya sebagai bisnis.

  • DESAIN GRAFIS

Suka desain grafis? Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis, seperti desain banner, brosur, logo, dan lain-lain

Demikianlah 24 Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Gallery for 24 Hobi Yang Bisa Jadi Bisnis

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015