Pekerjaan yang digantikan oleh teknologi
Pekerjaan yang digantikan oleh teknologi

20 pekerjaan yang digantikan oleh teknologi

20 views

Pekerjaan ini pernah mengalami masa kejayaan di jamannya sebelum datangnya teknologi baru yang menggantikan mereka. Pekerjaan apa sajakah itu? Inilah 20 pekerjaan yang digantikan oleh teknologi.

20 pekerjaan yang digantikan oleh teknologi

  • PEGAWAI TIKET KERETA BAWAH TANAH.

Pernah ada waktu ketika pegawai kereta bawah tanah menekan tombol tiket untuk penumpang. Tapi mesin punching mekanik, diikuti oleh kartu metro, telah mengambil alih pekerjaan mereka. Meskipun para pegawai ini telah meratapi kehilangan pekerjaan mereka, tapi mereka pasti senang jika ingin naik kereta bawah tanah dengan cepat.

  • OPERATOR LIFT.

Di Indonesia, operator lift ini mungkin masih ada. Di banyak negara, operator lift telah lenyap. Operator ini tugasnya memastikan pintu lift dibuka dan ditutup dengan benar. Mereka bertugas menekan tombol untuk menuju ke berbagai lantai. Teknologi telah menjadi lebih aman dan membuat pekerjaan ini tak lagi diperlukan.

  • PEMBACA PABRIK.

Di pabrik-pabrik cerutu di Kuba, Amerika Serikat, Meksiko, dan Republik Dominika, ada orang yang membaca Surat Kabar dan buku keras-keras. Tradisi ini dilanjutkan sampai abad ke-20, sebelum secara bertahap memudar. Radio mengambil tempat mereka di pabrik-pabrik.

  • LOG DRIVER (Pengangkut kayu melalui sungai)
Pengangkut kayu melalui sungai - pekerjaan yang digantikan oleh teknologi
Pengangkut kayu melalui sungai – pekerjaan yang digantikan oleh teknologi

Sebelum kedatangan truk, log driver menaiki batang pohon di sungai untuk menuju tujuan mereka- log driver sering membahayakan mereka sendiri, karena banyak dari mereka jatuh di bawah batang kayu dan kehilangan kehidupan mereka. Kini truk telah menggantikan mode transportasi yang sangat berbahaya ini. Meskipun di Indonesia mungkin masih ada yang menggunakan cara tradisional ini.

  • PINSETTER

Sebelum kedatangan mesin yang bisa mereset ulang PIN bowling, karyawan di arena boling melakukan pekerjaan ini.

  • PENGETUK PINTU KARYAWAN PABRIK.
Pengetuk pintu karyawan pabrik - pekerjaan yang digantikan oleh teknologi
Pengetuk pintu karyawan pabrik – pekerjaan yang digantikan oleh teknologi

Bagaimana orang bangun sebelum adanya jam alarm? Seorang pengetuk pintu digunakan oleh pekerja pabrik sehingga mereka bisa bekerja tepat waktu. Mereka akan mengetuk pintu atau jendela dengan tongkat sampai Anda bangun. Apakah tip diperlukan?

  • TUKANG PEMASANG LENTERA
Tukang pemasang lentera - pekerjaan yang digantikan oleh teknologi
Tukang pemasang lentera – pekerjaan yang digantikan oleh teknologi

Sebelum penemuan lampu jalan, ada lamplighters atau orang yang tugasnya memberikan pencahayaan dan memadamkan lampu jalan setiap hari. Ahli Penerangan Umum ini melihat pekerjaan mereka telah digantikan oleh akses listrik.

  • TUKANG SUSU

Sebelum ada kulkas, si tukang susu datang setiap pagi untuk memberikan susu botol ke pintu Anda. Pekerjaan ini menghilang dengan kedatangan kulkas dan pengembangan teknik-teknik pelestarian yang memungkinkan orang untuk menjaga susu untuk lebih lama.

  • ES CUTTER

Kedatangan kulkas juga membuat pekerjaan lain tak lagi diperlukan — cutter es. Orang-orang ini mengumpulkan es dari sungai dan diangkut ke rumah orang sehingga mereka bisa menjaga makanan mereka tetap dingin selama minggu. Kalau di Makassar, masih ada, ini sama dengan penjual es balok.

  • OPERATOR TELEPON
Pekerjaan yang digantikan oleh teknologi
Pekerjaan yang digantikan oleh teknologi

Saat ini hampir semua orang telah mempunyai smartphone dan dapat dihubungi secara otomatis. Tetapi ketika telepon pertama kali tiba, Anda harus memanggil nomor pusat — dengan telepon engkol — yang akan menghubungkan Anda dengan orang yang Anda ingin hubungi. Pekerjaan ini telah menghilang dengan ketersediaan luas telepon dan kemajuan teknologi.

  • OPERATOR TELEGRAPH

Mereka mengetuk telegraf mereka untuk mengirimkan pesan ke negara lain — ketika telepon tiba, menggantikan tempat telegraf, yang kemudian tidak lama setelah itu muncul teknologi internet.

  • PEDAGANG KELILING

Kalau ini masih banyak di Indonesia. Pedagang keliling ini mengangkut barang-barang berjalan kaki. Di pedesaan, mereka satu-satunya orang untuk memberikan akses rakyat pedesaan untuk produk tertentu yang langka saat itu, seperti kain dan pisau. Antara waktu Penjual dan belanja online, banyak faktor yang menyebabkan hilangnya pekerjaan ini.

  • FLINTKNAPPER atau pemotong batu untuk detonator senapan.

Sebelum pabrik senjata yang otomatis, karyawan yang bertanggung jawab untuk memotong batu batu, yang kemudiannya ditempatkan di Palu senapan untuk menghasilkan detonasi. Setelah Perang Dunia I, teknik produksi senjata telah maju dan menyebabkan pekerjaan ini menghilang.

  • PENGASAH BATU.

Ketika kincir angin menjadi mesin yang paling canggih, pekerjaan meruncingkan batu sangat penting. Ahli ini bertanggung jawab untuk memeriksa kondisi penggilingan roda pabrik. Hal ini memungkinkan kincir angin untuk menjadi lebih efisien dan menghindari gesekan yang dapat menyebabkan kebakaran.

  • TUKANG CUCI.

Pekerjaan ini masih banyak di Indonesia. Munculnya mesin cuci menyebabkan hilangnya secara perlahan tukang cuci. Mereka biasanya mencuci pakaian klien mereka di binatu di sekitar rumah atau di sungai. Kondisi kerja mereka yang sulit, terutama di negara-negara yang mempunyai musim dingin.

  • PENJAGA MERCUSUAR

Sekarang mercusuar listrik dan otomatis, tidak perlu penjaga untuk memperingatkan kapal yang lewat. Tetapi pada waktu itu, api tidak bisa tetap menyala tanpa penjaga, dan mercusuar akan menjadi gelap, membahayakan kapal-kapal yang mendekati garis pantai.

  • LOCATOR PESAWAT

Sebelum radar diciptakan, bagaimana Anda bisa tahu jika pesawat musuh datang? Spesialis dengan pendengaran sangat sensitif dan dilengkapi dengan perangkat mendengarkan yang besar, mendengarkan pesawat mesin dari jauh. Perdagangan mereka mencapai puncaknya selama Perang Dunia I, sebelum digantikan oleh teknologi radar.

  • MASINIS

Ketika kereta itu didorong oleh Uap, insinyur mereka harus menyediakan boiler dengan batubara. Mereka juga perlu memastikan bahwa tingkat airnya cukup. Elektrifikasi kereta dan penggunaan mesin diesel telah mengirim pekerjaan ini ke museum.

  • AKTOR RADIO

Sebelum kedatangan televisi, keluarga menghabiskan malam mereka mendengarkan sinetron di radio. Saya masih teringat dengan sandiwara radio, seperti Saur Sepuh, Misteri Gunung Merapi, dan Brama Kumbara. Kemudian datanglah televisi, menggantikan radio di rumah, dan aktor radio harus beradaptasi dengan film dan televisi.

  • TYPESETTER atau penyusun huruf atau tukang set.

Profesi typesetter lahir dengan percetakan dan menghilang dengan kedatangan komputer. Pekerjaan yang terlibat mengatur teks sebelum dicetak. Typesetters memilih font dan menyusun teks, yang sekarang bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki perangkat lunak pengolah kata.

Demikianlah 20 pekerjaan yang digantikan oleh teknologi, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Gallery for 20 pekerjaan yang digantikan oleh teknologi

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015