Tips Tepat Membuka Bisnis Agar Meraih Sukses
Tips Tepat Membuka Bisnis Agar Meraih Sukses (Gambar Ilustrasi)

12 Tips Tepat Membuka Bisnis Agar Meraih Sukses

54 views

12 Tips Tepat Membuka Bisnis Agar Meraih Sukses – Mempunyai bisnis sendiri merupakan impian banyak orang. Siapa yang tidak senang menjadi bos, hari kerja ditentukan sendiri, gajipun tergantung diri sendiri. Jika mau rajin bekerja pasti rezeki yang didapatkan lebih besar. Namun, ketika ada resiko ya kita harus mampu menanggungnya sendiri. Setiap keputusan yang kita ambil akan menemui dua kemungkinan yaitu kemajuan bagi bisnis kita dan resiko buruknya ketika mengambil keputusan tersebut.

Sebelum ke tahap selanjutnya, pertama-tama saat memulai bisnis seseorang perlu melakukan 12 tips yang terangkum di bawah ini :

12 Tips Tepat Membuka Bisnis Agar Meraih Sukses

Tips Tepat Membuka Bisnis Agar Meraih Sukses
Tips Tepat Membuka Bisnis Agar Meraih Sukses (Gambar Ilustrasi)

Kukuhkan mental

Yang pertama kali wajib dipersiapkan adalah mental sebagai seorang pebisnis. Sebab, mental pebisnis sangat berbeda dengan mental karyawan. Mental karyawan cenderung memikirkan segala sesuatu dalam jangka sebulan saja. Tapi bagi pebisnis mesti mampu berpikir jauh ke depan yaitu dengan berusaha menyisihkan sebagian penghasilan untuk diinvestasikan supaya membawa keuntungan lebih besar. Mental itu sebagai penggerak pebisnis dalam menentukan langkah apa yang harus diambil supaya bisnis menjadi besar. Jika seorang pebisnis mempunyai mental tangguh, tentu bisnis yang dibangun dapat berkembang dan sebaliknya.

Siapkan modal dengan sebaiknya

Ketika memulai bisnis apapun pasti membutuhkan modal. Sebelum memulai bisnis anda sudah mempunyai modal yang cukup untuk membangunnya. Modal tersebut bisa anda dapatkan dari tabungan selama bekerja, hutang atau gabungan dari beberapa orang terdekat anda. Namun, alangkah baiknya modal dari tabungan pribadi anda sendiri sehingga nantinya saat terjadi kerugian, anda tidak bingung mengembalikan uangnya.
Apalagi jika uang tersebut hasil hutang bank atau rentenir dengan jaminan pula, pasti anda bertambah stres. Untuk awalnya anda memakai uang sendiri, lalu saat sudah berkembang cobalah ajukan proposal pinjaman ke bank atau orang yang anda ajak berbisnis. Kalau bisnis telah berkembang dengan baik berarti anda sudah memiliki investasi. Perkiraan ketika terjadi keterpurukan masalah keuangan lebih mampu anda atasi daripada jika awal memulai usaha sudah pinjam uang.

Jenis bisnis yang anda jalani

Setelah mental dan modal, langkah selanjutnya tentukan jenis bisnis yang akan anda buka nantinya. Pastikan kalau anda senang, mengerti, nyaman serta minat di bidang tersebut, jangan sampai setengah hati saja. Sebab, bisnis yang dijalani setengah hati jarang membuahkan hasil, justru malah tidak berkembang atau bangkrut.
Apapun jenis bisnis yang anda pilih seperti air minum isi ulang, toko pakaian, toko alat tulis dan lain-lain.

Buatlah produkmu memiliki ciri khusus yang mampu menarik minat masyarakat untuk membelinya. Walaupun anda mengikuti orang lain, banyak juga bisnis itu di kota anda, tapi kalau kualitas dan pelayanan anda bagus, tentu masyarakat lebih memilih menggunakan produk anda. Misalnya, menjual air isi ulang, setiap pembelian anda beri kupon lalu berikan hadiah untuk penukaran kupon dalam jumlah tertentu. Selain itu, anda juga melayani jasa pesan antar. Kemungkinan besar konsumen lebih memilih air isi ulang anda.

Tentukan lokasi yang strategis

Carilah lokasi yang dekat dengan jalan rasa dan sasaran bisnismu. Jika sasaranmu pihak sekolah, maka kantormu mesti berada di dekatnya. Jika sasaranmu khalayak umum, tempatkan usaha di tempat yang terbiasa dilewati banyak orang, dengan parkir dan jalan baik pula. Lokasi juga penting menentukan maju atau tidaknya bisnis yang anda bangun.

Fokus

Pusatkan pikiranmu pada satu bidang bisnis terlebih dahulu. Sebab, apabila anda kurang fokus, pikiran terbagi-bagi, bisnis awal yang anda bangun akan terbengkalai. Anda menjadi lalai terhadap apa yang perlu dilakukan pada bisnis tersebut. Contohnya, hari ini jadwalnya mengirim barang pesanan ke Bandung, tapi karena anda sibuk mengurus bisnis baru jadwalnyapun tertunda. Lama-kelamaan rekan bisnis anda kecewa lalu meninggalkan anda. kalau begitu seterusnya kegagalan mendekat, bukan kesuksesan. Sebaiknya bersabarlah, kembangkan dulu bisnis pertama setelah pesat, baru memikirkan bisnis lain untuk menambah penghasilan.

Cari pelanggan terbaik

Dalam mencari pelanggan, anda perlu memiliki pelayanan terbaik pula. Fakta menunjukkan pelayanan mampu memikat konsumen agar membeli produk. Setelah anda siap mulai cari pelanggan dengan cara mengenalkan produk atau jasa yang anda kelola ke masyarakat umum. Buatlah brosur, iklan radio, melalui media online maupun dari mulut ke mulut orang terdekat. Pokoknya bagaimana masyarakat tahu tempat, kualitas produk atau jasa anda, serta pelayanan maksimal yang anda berikan jika konsumen datang.

Pahamilah cara berbisnis dan pengelolaan bisnis

Ketika kamu mulai berbisnis wajib paham caranya supaya tidak keteteran akhirnya. Misalnya kamu tengkulak dengan harga Rp 2.000, kamu mesti menjual dengan harga di atasnya dan jangan juga mengambil keuntungan terlalu banyak, bisa lari konsumen anda. Ketika ada barang lama displai di depan harganyapun harus murah supaya konsumen berminat membeli, barangnyapun tak rusak sia-sia.

Awal mengelola bisnis anda hindari merekrut karyawan banyak-banyak, agar pengeluaran tak terlalu banyak pula. Libatkan saja anak, istri, saudara, orang tua anda dalam mengurusnya. Sehingga mereka merasa ikut memiliki bisnis itu dan ikut berusaha mengembangkannya. Bukankah lebih baik uang bayar karyawan untuk dinikmati bersama keluarga dulu. Setelah bisnis anda berkembang barulah tambah karyawan lagi.

Kelola keuangan secara tertib

Kunci pelaku bisnis yang sukses adalah bisa mengelola keuangan secara tertib. Uang digunakan dengan semestinya untuk membayar karyawan, tagilan listrik, PDAM, telkom, dan lain-lain, investasi masa depan, maupun untuk kebutuhan pribadi. Hindari kebutuhan pribadi lebih besar kuotanya daripada keperluan lainnya. Pisahkan uang bisnis dan pribadi, sebaiknya ambil sebagian keuntungan bisnis anda sebagai gaji anda sebulannya.

Risiko dan antisipasi kegagalan

Untuk menjadi pengusaha sukses harus berani mengambil resiko yang dihadapi demi kemajuan bisnis yang dibangun. Keberanian dalam melangkah juga perlu dibarengi dengan sikap waspada. Pikirkan juga seberapa besar resiko yang dihadapi serta bisakah kita menemukan cara terbaik mengatasi resiko tersebut jika terjadi? Pebisnis memang diharuskan untuk selalu cermat, ulet, hemat, berpikir positif, mampu melihat peluang di masa depan dan lain sebagainya.

Pikirkan kemungkinan apa saja yang datang dan jalan keluar yang akan anda lalui ketika nanti gagal. Sehingga saat masalah datang kamu dapat menghadapinya dengan cepat serta tidak terlalu mengganggu perkembangan bisnis yang baru dibuka.

Demikianlah 12 Tips Tepat Membuka Bisnis Agar Meraih Sukses, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Seorang blogger, dan internet marketer. Pernah bergelut di bisnis konvensional selama 9 tahun, dan resign menjadi pebisnis online sejak November 2015