Bisnis alat tulis kantor
Bisnis alat tulis kantor (Ilustrasi/pixabay)

12 Langkah Berbisnis alat tulis kantor door to door

612 views

Jika kita melihat sekeliling kita banyak terdapat perkantoran maupun segala macam usaha di sekitarnya. Dapat kita ketahui rata-rata perkantoran dan usaha-usaha yang berada di ruko-ruko menggunakan alat tulis dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari. Jika kita dapat memanfaatkan kesempatan ini maka ide bisnis sampingan yang mungkin muncul adalah menjual alat-alat tulis kantor secara door to door. Banyak para personil kantor disibukkan oleh pekerjaan-pekerjaan kantor yang membuat para personil tidak memiliki waktu hanya untuk membeli alat tulis yang diperlukan. Berikut yang pernah saya lakukan ketika berjualan alat tulis kantor:

12 Langkah Berbisnis alat tulis kantor

Bisnis alat tulis kantor
Bisnis alat tulis kantor (Ilustrasi/pixabay)
  1. Survei harga-harga peralatan tulis kantor di tempat yang banyak menjualnya.
  2. Catat masing-masing tipe peralatan kantor yang telah disurvei berikut harga dari masing-masing toko yang berbeda.
  3. Untuk survei biasanya diperlukan hanya uang transportasi..
  4. Kemudian ketiklah di komputer seluruh daftar peralatan tulis kantor dan print out yang kemudian hasil print-out dibundel. Berikan beberapa fotokopi dari daftar itu untuk persediaan secukupnya.
  5. Untuk biaya promosi ini yang berupa daftar diperlukan sedikit biaya untuk print-out, bundle dan fotokopi.
  6. Kemudian baru kita datangi kantor-kantor yang ada di seliling kita dengan hanya menunjukkan daftar alat tulis kantor (ATK) kepada pihak yang berwenang untuk dapat memutuskan pembelian ATK di sebuah kantor.
  7. Jika sudah memperoleh pesanan, pergilah membeli di tempat Anda survei harga, berikan harga minimal ditambah dengan transport dan uang minum/makan Anda dan jika mungkin tambahkan sedikit keuntungan untuk hasil jerih payah anda untuk mencari barang, karena biasanya peralatan ATK setelah dibungkus di kardus akan terasa berat membawanya dan Anda merasa lelah mengangkut barang itu.
  8. Janganlah mengambil keuntungan terlalu banyak dan berlebihan.
  9. Langsung kirimkan barang-barang yang dipesan ke tempatnya dan usahakan selalu dalam keadaan tepat waktu sesuai permintaan sehingga kantor itu dapat menjadi pelanggan tetap.
  10. Dengan menjadi pelanggan tetap keuntungan Andapun dapat meningkat dan berkelanjutan.
  11. Jika pesanan tidak ada di tempat survei Anda maka carilah barang alat tulis itu di tempat lain dan tidak perlu menaikkan harga jika ternyata harga di tempat lain melebihi harga yang telah Anda berikan pada kantor itu.
  12. Kepercayaan kualitas barang harus dapat dijaga

Hanya dengan modal 1 juta hingga 2 juta namun Anda memperoleh BEP ketika konsumen membayar tagihannya. Biasanya menjual ATK ini langsung balik modal dan keuntungan pada saat pesanan diantar.

Usaha bisnis sampingan ini sangat bermanfaat bagi tambahan keuangan. Harus ada sedikit ekstra usaha untuk menjalankannya karena kebanyakan orang memiliki rasa malu jika harus berjualan door to door terlebih ketika mendapat penolakan dari kantor untuk membeli ATK. Apapun usaha yang dijalankan selama halal tidaklah akan membebani dan pasti akan memberikan hasil yang terus menerus. Tak dapat dipungkiri kelelahan hanya pada saat mencari barang yang dipesan namun jika Anda menikmati mencari barang seperti suatu rekreasi dan bukan beban untuk mencari tambahan uang maka Anda akan menjalankannya dengan senang hati.

Demikianlah 12 Langkah Berbisnis alat tulis kantor door to door, semoga bermanfaat. Selamat Mencoba.

data-ad-format="link">

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- bisnis apa yang bisa dor to dor - bisnis dor to - cara jualan door to door - contoh peluang usaha door to door