Tips belajar membuka usaha
Tips belajar membuka usaha (Ilustrasi/pixabay)

11 Tips Belajar Membuka Usaha

47 views

Anda sedang merasa bosan? Ingin belajar mandiri? Khususnya dalam hal finansial. Ada salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu berwirausaha. Untuk membuka usaha memang tidak mudah. Banyak sekali tantangannya, seperti munculnya rasa keraguan untuk memulai usaha, takut mengalami kerugian, takut usahanya mogok di tengah jalan, khawatir tidak ada konsumen yang minat dengan produk yang dijual, dan subagainya. Ketika hendak membuka usaha kita harus sedikit mengenyampingkan rasa khawatir tersebut. Apabila rasa khawatir terus disimpan di dalam hati maka kita akan sulit untuk memulai berwirausaha, karena terbentengi oleh rasa khawatir itu.

Dalam tulisan ini akan dijelaskan beberapa tips untuk melakukan sebuah usaha yang sangat sederhana tetapi dapat menambah pundi-pundi uang di dalam dompet kita. Dari usaha yang tanpa modal sampai usaha yang memang membutuhkan modal. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda untuk membuka usaha:

1. Ada Niat

Segala kegiatan harus diawali dengan niat, karena kalau sudah niat bagaimanapun tantangan yang menghadang, Insya Allah akan mudah untuk dihadapi.

Tips belajar membuka usaha
Tips belajar membuka usaha (Ilustrasi/pixabay)

Baca juga:

* 6 Cara sukses membuka usaha laundry

* Sebelum membuka usaha waralaba Sebaiknya perhatikan 5 hal penting ini

* 12 Tips tepat Membuka Bisnis agar meraih sukses

* 6 Tips memulai bisnis batu akik

2. Ikut-ikutan

Kalau memiliki saudara yang membuka sebuah usaha, coba anda ikut-ikutan menjadi seorang reseller di toko saudara anda. Karena ada hubungan persaudaraan bisa jadi anda tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Atau anda bisa cari informasi bagaimana awalnya saudara anda membuka usaha atau toko tersebut.

3. Usaha dengan hobi

Sebagaimana menurut Pak Ridwan Kamil bahwa “Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar” Pernyataan tersebut sangatlah memotivasi bagi siapapun yang sedang ingin membuka usaha. Usaha tersebut akan lebih ringan dijalankan apabila dirancang berdasarkan pada hobi yang anda miliki. Misalnya anda memiliki hobi yang berhubungan dengan fashion, anda bisa membuka usaha yang berhubungan dengan fashion. Atau misalnya anda memiliki hobi menulis, anda bisa menjadi seorang penulis lepas.

4. Gunakan media sosial

Di zaman sekarang media sosial tidak hanya digunakan untuk membuat status, berkomunikasi dengan saudara jauh. Akan tetapi sekarang banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai media untuk berwirausaha. Seiring berjalannya waktu, membuka toko tidak harus berupa sebuah bangunan. Akan tetapi sekarang masyarakat yang ingin membuka usaha sudah dimudahkan dengan adanya internet. Hingga sampai sekarang muncullah istilah online shop yang banyak digandrungi oleh para wirausahawan.

5. Perhatikan selera masyarakat

Memerhatikan selera masyarakat sangat penting. Khususnya bagi anda yang berwirausaha di bidang fashion. Jadi singkirkan dahulu selera anda. Karena belum tentu selera fashion anda, sama dengan selera fashion masyarakat sebagai konsumen.

6. Jangan malu, harus optimis dan percaya diri

Orang yang pertama kali membuka usaha yang sederhana, terkadang suka merasa malu, minder, tidak percaya diri, ketika hendak menawarkan produk yang dijualnya. Hal tersebut sebisa mungkin harus dihindari. Karena tidak mungkin kita berwirausaha dan pemasarannya hanya mengandalkan media sosial. Terkecuali akun online shop anda di media sosial sudah dikenal oleh masyarakat. Kita harus semangat, optimis, dan percaya diri untuk menawarkan produk yang kita jual.

7. Mengenal produk anda

Sebagai penjual yang baik, kita harus mengenal produk. Misalnya kita membuka usaha fashion maka kita harus mengetahui jenis bahan, ukuran, dan sebagainya.

8. Ramah terhadap konsumen

Sikap ramah penjual akan membuat pembeli merasa nyaman ketika hendak memilih produk yang akan dia beli. Calon konsumen tidak ragu menanyakan apapun yang berhubungan dengan produk yang dijual. Dan dengan bersikap ramah dapat membuat kesan yang baik di mata konsumen atau pembeli.

9. Perhatikan harga

Harga yang ditawarkan harus sesuai dengan kualitas produk yang dijual. Jangan sampai harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan produk yang dijual.

10. Memerhatikan modal

Bab modal memang paling rumit, tapi sebenarnya tidak rumit bagi yang memiliki cukup modal. Hanya saja banyak orang yang ketakutan bahwa akan terjadinya kerugian apabila terlalu mengeluarkan banyak modal. Oleh karena itu kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Tetapi bagaimanapun kita tidak boleh memaksakan apabila tidak memiliki cukup modal. Tetapi jika memang niat sudah kuat, kita bisa berinisiatif untuk membuka usaha yang modalnya sesuai dengan yang kita miliki.

11. Harus inovatif

Sebagai wirausahawan kita harus berinovasi dalam usaha, agar produk yang kita jual berbeda dengan yang lain. Sehingga lebih mampu menarik konsumen.

data-ad-format="link">